Antigen adalah suatu zat yang dipercaya dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi sebagai sebuah bentuk perlawanan tubuh secara alami. Bentuknya berupa bakteri, virus hingga molekul lain.

Sistem kekebalan tubuh manusia secara alami akan menganggap antigen sebagai zat asing yang mengancam tubuh. Antigen muncul melalui makanan, kotoran, minuman, hingga polutan. Sistem yang mampu mendeteksi keberadaan antigen dikenal dengan sebutan sistem limfatik.

Kaitan Antigen dan Antibodi Adalah

antigen adalah
antigen adalah

Saat antigen masuk ke tubuh manusia, sistem kekebalan tubuh selanjutnya menghasilkan zat atau molekul yang bertujuan menghancurkan antigen. Dalam dunia kedokteran zat ini dikenal dengan sebutan antibodi.

Antibodi sendiri merupakan sistem kekebalan tubuh yang berfungsi membentengi tubuh dari serangan benda asing baik berupa bakteri, kuman, virus dan lain-lain penyebab penyakit infeksi.

Baca juga : Drive Thru Rapid Test

Uniknya bentuk antibodi ini dibuat secara alami menyerupai bentuk antigen yang akan dilawan. Tujuannya adalah supaya antibodi dapat menempel pada antigen dan melakukan perlawanan. Sehingga antigen tidak berkembang dan menginfeksi tubuh, oleh sebab itu jumlah antibodi yang dihasilkan tubuh selalu sama dengan jumlah antigen yang masuk.

Tipe Antigen Adalah

Dalam dunia kedokteran terdapat berapa modalitas yang dapat dilakukan untuk mendeteksi keberadaan antigen. Dengan modalitas ini seorang dokter dapat mendiagnosis penyakit dan melakukan terapi yang tepat. Berikut adalah jenis test antigen yang umum dilakukan dalam dunia kedoakteran antara lain;

  1. Prostate specific antigen (PSA) – Untuk memeriksa kesehatan atau gangguan prostat pada pria, sebagai diagnosis infeksi prostat hingga kanker prostat.
  2. Hepatitis B Surface Antigen, adalah pemeriksaan yang digunakan mengukur keberadaan protein pada virus hepatitis B.
  3. Dengue virus nonstructural protein 1 antigen, merupakan test untuk pemeriksaan infeksi virus demam berdarah dengue.
  4. Antigen Covid-19, merupakan pemeriksaan yang ditujukan untuk pemeriksaan seseorang terkena infeksi corona virus atau tidak. Pemeriksaan ini banyak dilakukan saat ini baik dilakukan dengan cara swab, atau dengan menggunakan saliva.

Menghindari Virus Dan Bakteri

Salah satu yang saat ini harus kita waspadai adalah infeksi virus corona. Untuk menghindari infeksi virus ini, sebaiknya kita melakukan beberapa hal, agar kita mencegah terjangkitnya antigen ke dalam tubuh, adalah dengan;

  • Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Ini baik dilakukan setelah kita pergi dari luar atau sebelum melakukan aktivitas seperi makan, minum dan lain-lain. Dengan mencuci tangan menggunakan sabun akan menghindarkan kita dari kemungkinan menempelnya virus di tangan saat melakukan aktivitas. Hand sanitizer juga bisa digunakan sebagai penganti sabun dengan kandungan alkohol minimal 60%.
  • Vaksinasi. Merupakan langkah yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam rangka mencegah terjadinya penyebaran infeksi virus corona di masyarakat.
  • Konsumsi vitamin dan obat. Beberapa jenis vitamin dan obat-obatan tertentu juga dapat digunakan untuk mengatasi infeksi penyakit. Penggunaan obat ini sebaiknya dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan dokter Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *