Pernah mengalami cedera spesifik umumnya memahami apa itu fisioterapi. Merupakan sebuah prosedur latihan untuk mengembalikan atau memulihkan kondisi pasca terjadi masalah gerak fisik atau kecelakaan.

Umumnya orang-orang seperti atlet dan penari, atau mereka yang produktif dengan gerakan juga memerlukan fisioterapi. Fisio berarti fisik dan terapi adalah latihan atau usaha pemulihan kondisi dari cedera atau masalah lainnya. Beberapa hasil bisa pulih seperti sedia kala, sedangkan untuk yang tidak benar-benar pulih, setidaknya bisa mengurangi efek dari cedera atau penyakit.

Hal ini umumnya kita lihat dari pasien stroke atau mereka yang sempat mengalami gangguan saraf dan otak. Atau orang-orang yang baru saja mengalami kecelakaan dan berdampak pada fisik mereka. Yuk, kenali lebih jauh salah satu metode yang solutif mengembalikan kemampuan bergerak ini.

Apa itu fisioterapi?

ilustrasi potret fisioterapi
Sumber gambar

Merupakan usaha pemulihan fisik seperti berjalan, menggerakkan tangan, menekuk persendian atau lainnya. Tujuan upaya rehabilitasi ini adalah mencegah ketidakmampuan atau keterbatasan yang mungkin terjadi pasca kejadian kecelakaan atau cedera.

Tak hanya itu, fisioterapi juga bisa menjadi upaya persiapan pada beberapa golongan, seperti ibu hamil jelang melahirkan, atlet jelang pertandingan dan lainnya. Ada kemungkinan fisioterapi memberikan kesembuhan hingga 100%, namun bisa juga terapi ini memperbaiki kondisi dari terbatas, menjadi lebih baik meski tidak seperti semula.

Mereka yang membutuhkan prosedur ini

Sebenarnya siapapun bisa melakukan fisioterapi, meski dalam kondisi sehat dan segar bugar. Namun, umumnya yang sangat membutuhkan latihan ini memang mereka yang memiliki gangguan kesehatan atau cedera fisik. Di antaranya adalah:

  • Orang dengan gangguan sistem saraf, seperti mengalami stroke, parkinson atau multiple sklerosis. Bisa juga gangguan yang muncul karena adanya cedera akibat kecelakaan, benturan, jatuh, sehingga ada gangguan pada kemampuan fisik tertentu.
  • Mereka yang memiliki permasalahan pada otot dan kerangka tubuh. Seperti sedang sakit punggung karena cedera, mengalami arthritis atau kondisi pasca operasi.
  • Pasien pasca mengalami gangguan kardiovaskular. Biasanya karena bawaan, gaya hidup atau obesitas.
  • Mereka yang memiliki permasalahan pada sistem pernapasan untuk mendapatkan latihan fisik yang menunjang cara bernafas lebih baik.

Manfaat melakukan pemulihan fisik

ilustrasi pemulihan fisik
Sumber gambar

Ada beberapa fungsi utama secara kemampuan dan juga secara moril bagi pasien yang melakukan fisioterapi. Di antaranya adalah:

  • Mencegah terjadinya cacat atau keterbatasan gerak akibat penyakit maupun cedera kecelakaan.
  • Mengurangi rasa sakit, sebab beberapa kondisi menurun akibat kurangnya latihan pada anggota tubuh yang tugasnya bergerak.
  • Mempersiapkan momen seperti kelahiran dan pertandingan, di mana keduanya membutuhkan gerakan spesifik.
  • Memberikan lingkungan yang menyembuhkan secara lahir dan batin. Di mana kita selain mendapat terapis profesional, juga dukungan moril untuk lekas pulih.
  • Meningkatkan harapan dan kualitas hidup.

Untuk mendapatkan hasil fisioterapi yang maksimal, sebaiknya melalui rekomendasi dokter lebih dulu. Umumnya, ada prosedur standar sebelum melakukan fisioterapi, sejak mulai pemeriksaan, diagnosa hingga pelaksanaannya.

Prosedur apa itu fisioterapi?

Fisioterapi adalah prosedur pemulihan yang bisa menggunakan alat maupun secara manual. Tergantung dari hasil observasi dan diagnosa yang muncul, serta kondisi riil pasien. Ada beberapa prosedur dalam fisioterapi, yaitu:

Melalui program latihan

Latihan adalah gerakan untuk membiasakan diri. DI antaranya melalui gerakan yang berulang yang intensitasnya bisa meningkat secara bertahap, seiring progres pemulihan. Misalnya dengan menggunakan senam, latihan perbaikan postur, pemanasan dan peregangan otot.

Elektroterapi

Terapi listrik atau elektroterapi termasuk jenis terapi yang menggunakan alat. Tentunya arus listrik yang digunakan adalah yang aman untuk pemulihan.

Manual fisioterapi

Jenis terapi yang biasanya bisa membantu mengurangi keluhan, meningkatkan fleksibilitas dan memberikan efek relaksasi. Tanpa menggunakan alat khusus dan mudah untuk melakukannya, namun tetap membutuhkan bantuan terapis. Yang paling sering adalah prosedur pijat, manipulasi sendi dan stretching atau peregangan.

Terapi okupasi

Adalah metode terapi yang bertujuan untuk membantu pasien dengan kondisi yang masih dalam pemulihan atau memiliki keterbatasan fisik maupun kognitif dan sensorik. Terapi ini membantu memudahkan pasien untuk melakukan aktivitas sehari hari atau menggunakan alat bantunya.

Masih ada beberapa prosedur lain karena pada dasarnya fisioterapi cukup luas cakupannya. Untuk menentukan langkah yang tepat, tentunya perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Latihan pemulihan yang mengandung edukasi

Selain terapi yang sifatnya latihan, fisioterapi juga bisa membawa perubahan yang baik bagi orang yang di-treatment dan pendampingnya. Sebab untuk bisa memaksimalkan hasil, umumnya ada edukasi terkait cara-cara yang benar atau perbaikan dari yang sebelumnya keliru (misalnya posisi tidur, cara berjalan, cara duduk dan sebagainya).

Dokter dan fisioterapis bisa merupakan orang yang berbeda. Di fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, biasanya ada divisi khusus untuk fisioterapi. Sama seperti proses pemeriksaan dan pemulihan lainnya, kita perlu menyampaikan kondisi dengan terbuka dan jujur.

Misalnya saat pemeriksaan awal, gejala yang ada, keluhan saat terapi dan sebagainya. Hal ini untuk meminimalisir adanya efek samping atau beban pada area yang sakit maupun lainnya.

Fisioterapi dengan dukungan moril

ilustrasi proses fisioterapi
Sumber gambar

Bagi pendamping pasien, upayakan untuk tetap membantu menguatkan pasien dengan memberikan support, semangat dan afirmasi positif. Namun demikian, juga jangan mengabaikan ketika pasien butuh meluapkan rasa sakit dan lelah. Sebab terapi ini bisa saja tidak menunjukkan progres sesuai harapan.

Untuk itu, berkoordinasi dengan dokter dan terapis menjadi salah satu upaya bersinergi. Sehingga bisa membangun suasana dan lingkungan yang suportif bagi pasien. Karena bagaimanapun penurunan kemampuan dan kesehatan bisa menyebabkan rasa down atau cemas.

BACA JUGA: Mengenal Terapi Wicara, Cegah Anak Stres karena Speech Delay

Fisioterapi bisa menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas dan harapan hidup. Sebaiknya lakukan pada tempat yang terpercaya dan mendapat rujukan dari dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *