Batuk pasca Covid seringkali menjadi keluhan pada Anda yang telah sembuh dari penyakit ini.

Bahkan keluhan ini masih bisa berlangsung setelah hasil PCR sudah negatif atau sudah dinyatakan sembuh.

Secara global, batuk merupakan gejala tersering yang muncul akibat infeksi akut Covid 19. Sekitar 50-80% mengalami batuk kering.

Batuk Pasca Covid

Jenis batuknya juga tak sama. Ada yang mengalami batuk kering. Ada lagi yang lainnya mengalami batuk berdahak atau batuk produktif.

Tetapi ada juga batuk akibat adanya infeksi virus yang merusak saraf tertentu di saluran pernapasan. Kerusakan itulah yang menyebabkan penyintas masih batuk terus.

Tubuh memiliki mekanisme batuk untuk membersihkan atau mengeluarkan debu, dahak, atau sumber iritasi lain dari paru-paru dan tenggorokan. Jadi batuk merupakan respons alami tubuh atau sistem pertahanan tubuh yang berfungsi untuk mencegah masuknya kuman dan bakteri  atau benda asing lainnya ke dalam paru-paru.

Studi tahun 2020 di UK, pasien pasca rawat inap akibat Covid, gejala yang masih dirasakan penyintas adalah sesak napas (39%), kelelahan (39%), insomnia (24%) dan batuk (11,6%).

Waktu pemulihan pasca Covid umumnya berlangsung sealama 14-21 hari, bila seseorang secara kontinu mengalami gejala selama 4-5 minggu. Inilah yang dikenal dengan long covid.

Namun biasanya long covid ini lebih sering terjadi pada penyintas dengan gejala sedang hingga berat.

Selain itu, ada beberapa faktor risiko lainnya yang dapat membuat Anda berisiko mengalami long Covid antara lain perempuan, memiliki indeks massa tubuh yang tinggi atau obesitas (kegemukan), dan usia atas 50 tahun.

Begini Cara Mengatasinya

Memang batuk dengan dahak terasa mengganggu. Padahal mekanisme ini dapat membantu tubuh untuk membersihkan paru-paru.

Agar batuk tak lagi mengganggu, coba beberapa tips sehat berikut ini:

  • Menghirup uap dari air panas untuk membantu menjaga kelembaban saluran napas, bisa dengan meneteskan peppermint oil atau minyak kayu putih
  • Air putih hangat yang bisa dicampur dengan madu, atau lemon
  • Minum obat batuk yang telah diresepkan dokter
  • Minum obat untuk membantu mengatasi peradangan
  • Melakukan latihan pernapasan, dengan menghirup udara via hidung dan keluarkan via mulut
  • Saat berbaring, sebaiknya miring ke sisi kiri atau kanan
  • Tetap aktif bergerak misalnya berjalan di dalam rumah

Gejala akibat long Covid dapat memberikan dampak terhadap tubuh dengan cara yang berbeda. Untuk membantu memulihkannya, Anda perlu istirahat cukup, mengonsumsi makanan bergizi plus vitamin untuk membantu memperbaiki daya tahan tubuh. Jangan lupa selalu menerapkan 5 M.

Bila ada gejala lainnya yang mungkin Anda terinfeksi ulang penyakit ini, lakukan swab PCR terdekat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *