Biaya PCR Test Terjangkau Ini Hasilnya Cepat dan Akurat

Biaya PCR test terjangkau mungkin menjadi faktor utama Anda untuk melakukan pemeriksaan ini yang mungkin Anda rasakan mahal.

Sudah 1 tahun kita sudah berjuang bersama untuk memerangi penyakit Covid 19. Untuk itu kami dari GSI Lab memberikan apresiasi untuk seluruh masyarakat Indonesia dengan memberikan biaya PCR test terjangkau Rp 699 ribu.

Namun harapan kami tak pupus sampai disini. Mari tetap lanjutkan upaya memutus rantai penularan penyakit ini dengan selalu mengedepankan berbagai prokes yang sudah ditetapkan pemerintah. Semoga penyakit Covid 19 cepat berlalu.

 

harga pcr test murah
Harga baru PCR Test Terjangkau di GSI Lab Rp 699 ribu

 

Biaya PCR Test Terjangkau

Memang mahal atau tidak sebenarnya sangat relatif bergantung pada kondisi keuangan Anda yang perlu melakukan PCR Test ini. Yang pastinya, asalkan sebanding dengan hasil yang akurat, harga bisa menjadi tak masalah lagi.

Namun bagi sebagian orang, biaya yang tinggi menjadi kendala untuk melakukan tes ini apalagi bila harus dilakukan secara mandiri.

Walau kini kesadaran masyarakat untuk melakukan pemeriksaan ini sudah tinggi, biaya PCR test harga terjangkau dapat menjadi salah satu faktor atau pertimbangan pada sebagian orang untuk melakukannya.

PCR (Polymerase Chain Reaction) Test

PCR merupakan salah satu bentuk pemeriksaan dalam laboratorium pendeteksi keberadaan materi genetik pada sel, bakteri, atau virus. Nah sekarang tes ini menjadi tolok ukur pendeteksi ada tidaknya virus Corona dalam tubuh yang menyebabkan infeksi Covid-19 yang kini tengah menjadi pandemik.

Dengan biaya PCR test terjangkau ini, Anda bisa terbantu untuk memastikan ada tidaknya infeksi virus Corona dalam tubuh.

PCR test ini berbeda dengan rapid rest. Rapid test merupakan jenis pemeriksaan skrining antibodi yang menggunakan sampel darah dari ujung jari tangan.

Apabila hasil rapid test menunjukkan hasil yang reaktif (bertanda dua strip), maka untuk menegakkan atau memastikannya, Anda akan dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan lanjutan dengan PCR test.

Selama menunggu hasil PCR test keluar, Anda tetap perlu melakukan isolasi mandiri bila terduga telah terpapar oleh virus Corona.

Pengambilan Sampel

Prosedur melakukan PCR test, petugas akan mengambil sampel dahak, lendir atau cairan yang bisa dilakukan pada beberapa area, misalnya:

  • antara hidung dan tenggorokan (nasofaring)
  • area antara mulut dan tenggorokan (orofaring)
  • paru-paru

Pengambilan sampel menggunakan metode swab yang berlangsung singkat sekitar 15 detik dan tidak menimbulkan nyeri.

Jadi jangan takut untuk melakukan tes penting ini. Kemudian swab tersebut (yang sudah ada sampel cairan) akan diteliti di laboratorium.

Virus Penyebab Covid-19 Merupakan Virus RNA

Dengan PCR test akan mengubah RNA menjadi DNA dengan menggunakan enzim reverse-transcriptase, sehingga istilahnya adalah Reverse-Transcriptase Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

Setelah RNA terkonversi menjadi DNA, barulah alat PCR akan mendeteksi keberadaan virus ini. Jika alat PCR mendeteksi RNA virus Corona pada sampel lendir atau cairan yang sudah ada pada alat swab, maka hasilnya dikatakan positif terinfeksi penyakit Covid 19.

Bila hasilnya negatif berarti tidak ditemukan adanya virus SARS-CoV-2 dalam sampel tersebut.

PCR untuk Memastikan Hasil Rapid Test

Tes serologi rapid test atau rapid test bukanlah tes utama untuk mendiagnosis Covid 19.

Tes ini berguna sebagai ‘alat’ skrining untuk mendeteksi antibodi IgM dan IgG yang tubuh hasilkan ketika terpapar virus Corona.

Antibodi IgM dan IgG akan terbentuk dalam kisaran waktu 2–4 minggu setelah virus masuk ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, hasil negatif pada rapid test tidak bisa menjadi penentu utama.

Hasil rapid test yang positif juga bisa menandakan kemungkinan antibodi tersebut akibat adanya infeksi virus lainnya, selain SARS-CoV-2. Hasil ini adalah hasil positif palsu (false positive).

Itu sebanya Anda perlu melakukan tes PCR untuk memastikan kembali.

GSI Lab Jakarta dengan Biaya PCR Test Terjangkau

Biaya PCR Test terjangkau kini sudah ada di GSI Lab yang termasuk ke dalam salah satu lab terbesar di Indonesia.

GSI Lab bisa menjadi salah satu pilihan Anda untuk melakukan pemeriksaan khusus ini dengan biaya PCR Test terjangkau.

Anda juga tidak perlu menunggu lama untuk melihat hasilnya.

Bahkan tes ini bisa Anda lakukan dengan 3 cara yang sangat praktis dan hemat waktu, yaitu cara:

  • walk thru,
  • drive thru, dan
  • ride thru.

Jadikan PCR test ini sebagai solusi atau rencana Anda ke depan. Misalnya hasil menunjukkan negatif, bukan berarti Anda harus melupakan masker.

Tetap patuhi 3M, memakai masker, menjauhi kerumunan dan menjaga jarak.

3M ini harus selalu Anda patuhi untuk melindungi diri sendiri maupun orang-orang terdekat Anda.

Bila hasil positif, Anda juga perlu menyusun rencana isolasi mandiri dan menganjurkan orang-orang terdekat yang pernah kontak dengan Anda untuk segera melakukan pemeriksaan.

Selain itu, Anda bisa merekomendasikan lokasi pemeriksaan dengan biaya PCR Test terjangkau ini untuk membantu memutus rantai penularan Covid 19 atau membantu pemerintah dengan mencegah penambahan kasus Covid 19 di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *