Biaya tes swab memiliki cukup banyak disparitas, sehingga ada ketetapan harga sebesar Rp900.000.

Kebijakan ini berlaku untuk semua rumah sakit dan laboratorium klinik yang menyediakan layanan pemeriksaan tes swab Covid 19.

Pemeriksaan Covid 19 dengan tes swab menjadi standar pengujian penyakit dan WHO sudah mengakui hal ini. Jenis tes ini menggunakan metode PCR, yaitu dengan teknik usap yang dapat dilakukan melalui hidung, atau tenggorokan.

Biaya tes swab memang menjadi salah satu faktor pertimbangan saat Anda ingin atau harus melakukannya. Faktor lain mungkin Anda akan mencari klinik rapid test terdekat sehingga dapat menghemat waktu. Namun ada faktor penting lainnya yaitu keakuratan hasilnya.

Salah satu tesnya adalah swab PCR. Hasil tes ini perlu beberapa waktu. Ada yang bisa muncul pada hari yang sama (same day) saat Anda melakukannya dengan biaya tes swab ini sebesar harga Rp699.000. Sedangkan hasil yang muncul 1 hari sesudahnya (H+1) biayanya adalah Rp669.000. Harga ini hanya ada pada GSI Lab.

GSI Lab kini juga memiliki inovasi dengan memiliki promo swab antigen dan swab PCR bagi pengguna OVO. Lebih praktis dan yang pasti, Anda tidak perlu repot.

Siapa Yang Harus Melakukan Pemeriksaan Ini?

Sebenarnya, siapa saja sih yang perlu melakukan tes swab? Nah, ternyata ada 4 kategori orang yang perlu melakukan tes swab, seperti:

  • kontak erat dengan pasien COVID-19
  • memiliki hasil reaktif setelah melakukan rapid tes
  • setelah bepergian keluar kota atau luar negeri 14 hari terakhir
  • memiliki gejala sesak napas, sakit tenggorokan, batuk dan demam 38°C

 Centers for Disease Control and Prevention (CDC) telah menjabarkan beberapa gejala-gejala infeksi Covid 19 yang dapat muncul 2-14 hari setelah terpapar virus, antara lain demam atau menggigil, batuk, sesak napas, kelelahan, nyeri otot atau pegal, sakit kepala, terganggunya atau hilangnya indera perasa atau penciuman, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, mual atau muntah, dan diare.

Bila Anda merasakan gejala-gejala tersebut, segera hubungi fasilitas layanan kesehatan terdekat, atau melakukan tes swab PCR untuk memastikannya.

PCR memiliki tingkat akurasi mendekati 100 persen, namun ada beberapa hal yang dapat memengaruhi keakuratan hasil tes, yang bisa saja berupa jenis sampel, ketepatan teknik swab, penanganan atau penyimpanan sampel, transportasi sampel ke laboratorium, tenaga medis yang melakukan analisis, kualitas alat dan ketepatan standar prosedur operasional.

Itu sebabnya Anda perlu memilih tempat dilakukannya tes swab ini yang memiliki keakuratan tinggi beserta tenaga medis berpengalaman, dan harga tes swab yang terjangkau.
Jangan lupa tetap ikuti juga protokol kesehatan agar Anda bisa membantu menghambat penyebaran virus corona.

Prosedur Tes Swab

Dalam prosedurnya, tenaga medis akan mengambil sampel lendir dari hidung atau tenggorokan. Pemeriksaan sampel ini pada laboratorium dengan menggunakan alat polymerase chain reaction (PCR) guna mendeteksi materi genetik virus penyebab Covid 19.

Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan tes swab adalah golden standard untuk pemeriksaan Covid 19 karena memiliki tingkat reliabilitas dan validitas yang lebih tinggi daripada pemeriksaan lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *