Agak bingung memilih buah untuk asam lambung yang sedang naik. Sebab pada kondisi ini, pencernaan sedang sangat sensitif. Sehingga perlu selektif memilih konsumsi buah, agar tidak membuat feses cair.

Asam lambung ada dalam tubuh kita untuk fungsi yang baik, seperti menghancurkan kuman dan bakteri atau partikel asing yang masuk dalam tubuh. Namun ada kalanya ia mengalami peningkatan dan membuat rasa tidak nyaman, bahkan tidak enak makan.

Buah sejatinya adalah sumber makanan yang baik bagi pencernaan, karena ia membawa enzim yang baik dan memperbaiki iklim di perut kita. Akan tetapi, dalam kondisi yang sensitif seperti maag, GERD, tukak lambung atau sejenisnya, pilihlah jenis buah di bawah ini:

Pisang, buah untuk asam lambung

ilustrasi pisang
Sumber gambar

Salah satu buah yang paling mudah kita temukan, mudah pula kita cerna, adalah pisang. Buah warna kuning ini mengandung pektin, yaitu serat larut yang berguna bagi sistem cerna. Konsumsi beberapa waktu setelah atau sebelum makan, sebab serat larutnya ini bisa mendorong pergerakan pencernaan kita.

Dengan demikian, membantu mengurangi potensi penumpukan asam lambung oleh makanan atau kondisi perut sebelum masuk asupan. Sebab peningkatan asam lambung bisa menyebabkan rasa perih saat kita mulai mengonsumsi makanan. Selain itu, kelebihan makan buah pisang adalah karena ia memiliki tekstur yang lembut untuk pencernaan, sehingga tidak memberatkan saat lambung sedang sensitif atau kambuh.

Buah pepaya

Merupakan buah yang sangat baik bagi sistem pencernaan karena kandungan enzimnya, yaitu papain. Tapi, untuk mendapatkan manfaat optimal, pilih buah pepaya yang matangnya pas, tidak terlalu muda atau terlalu matang. Kemudian, konsumsi buah ini dengan cara mengunyahnya.

Enzim ptialin dari liur dan enzim papain, dapat membantu pencernaan untuk mengelola makanan dengan baik. Sehingga selain lebih lancar, buah ini juga mendinginkan perut dan meredakan asam lambung.

Melon sebagai buah untuk asam lambung

ilustrasi melon
Sumber gambar

Jenis buah ini termasuk yang memiliki sifat basa tinggi. Selain rasanya yang enak dan segar, juga kaya akan magnesium. Kabar baiknya, kandungan ini juga yang ada dalam obat antasida bagi para pengidap penyakit lambung. Jadi buah melon seperti antasida alami.

Melon yang terkadang memiliki rasa gurih ini juga mengandung banyak air dan nutrisi lain untuk tubuh. Kita bisa mengonsumsinya dalam bentuk potongan atau dalam bentuk jus yang menyegarkan.

Sari kelapa

Buah kelapa memiliki manfaat hampir pada semua elemen tumbuhannya. Bagi penderita asam lambung, daging kelapa muda dan air kelapa bisa menjadi alternatif yang menyegarkan, menggantikan ion tubuh, serta membantu meredakan masalah pencernaan. Salah satunya adalah mencegah lambung mengalami radang, utamanya ketika sedang terjadi maag atau tukak lambung. Tentunya, konsumsi sari kelapa murni tanpa perlu menggunakan gula akan lebih tinggi manfaatnya.

Buah apel termasuk antasida alami

ilustrasi apel
Sumber gambar

Buah yang satu ini memiliki hampir seluruh manfaat baik buah-buahan. Ia mengandung kalium sekaligus magnesium. Selain itu, ada banyak vitamin dan serat di dalamnya. Dengan segala kebaikan tersebut, membuat apel memiliki fungsi sebagai antasida alami pula.

Apel termasuk buah yang mudah ditemui. Bila malas memotong, menggigit dan mengunyah, kita bisa menjadikannya jus. Pilih apel yang berwarna merah, sebab lebih aman bagi mereka yang memiliki kecenderungan asam lambung dengan rasanya yang netral atau cenderung manis. Sedangkan cuka apel atau apel dengan warna hijau yang cenderung asam, sebaiknya kita hindari sementara ketika asam lambung sedang tinggi.

Selain kelima buah di atas, masih ada buah pir dan semangka yang memiliki kandungan air tinggi. Selain itu, buah-buahan ini juga bersifat netral dan tidak asam, sehingga aman kita konsumsi ketika mengalami kondisi asam lambung.

Nah, di samping itu, kita perlu membatasi beberapa jenis buah-buahan yang dapat memicu asam lambung. Yakni buah yang memiliki rasa tajam dan asam. Di antaranya seperti jeruk-jerukan, tomat, alpukat, durian atau nangka. Kita bisa mengonsumsi buah-buahan ini hanya ketika kondisi sangat sehat dan tidak memiliki sensitivitas tersendiri dengan jenis tersebut.

Asam lambung adalah jenis gangguan kesehatan yang membutuhkan terapi dalam pemulihannya. Di samping itu, bila kita memiliki kecenderungan akan penyakit tersebut, misalnya memiliki maag atau GERD, maka ada potensi untuk kambuh.

Buah-buahan apapun pada dasarnya baik bagi kesehatan. Akan tetapi, ada kalanya kita perlu menghindari faktor pemicu yang bisa menyebabkan gangguan alergi, lambung, kolesterol dan lain sebagainya.

Bila gejala tidak membaik atau ragu-ragu dengan apa yang kita bisa konsumsi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter pada saat pemeriksaan. Tanyakan sejelas mungkin agar kita tidak merasa tertekan atau bingung saat perlu mendapat asupan makanan, sehingga malah menyebabkan stres.

BACA JUGA: 5 Ciri ciri Asam Lambung Naik ke Paru Paru, Apakah Bisa Sembuh?

Penuhi kebutuhan asupan harian yang sehat, cukup istirahat dan olahraga sehingga kesehatan kita bisa terpelihara dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *