Sedang cari cara memutihkan gigi tanpa harus ke klinik atau pakai obat-obatan yang biayanya mahal? Ternyata hal itu sangat mungkin kita lakukan. 

Sebagai pencernaan mekanik yang paling dulu menerima asupan makanan dan minuman, gigi kita ini tantangannya sangat banyak. Mulai dari kena suhu panas, sangat dingin, makanan dan minuman berwarna, tekstur keras, lunak, pekat dan kerennya, gigi kita masih bisa bertahan. 

Tapi, seiring berjalannya waktu, gigi bisa rusak bila tidak kita rawat. Yang paling sederhana adalah perubahan warnanya. Yang cukup rumit adalah ketika berlubang atau mahkotanya rusak. 

Memutihkan gigi biasanya menjadi kebutuhan mereka yang mengandalkan penampilan atau ingin meningkatkan kepercayaan diri. Gigi yang berubah menjadi kekuningan atau kecoklatan tentu berdampak pada penampilan. 

Klinik gigi mungkin bisa jadi solusi bila budget memungkinkan. Tapi, kalau ingin cara yang lebih alami dan menghemat uang, kita bisa mencoba beberapa cara berikut ini. 

Cara memutihkan gigi dengan membersihkannya

Ilustrasi gigi bersih putih
[Sumber gambar]
Pertama, kita tidak perlu sangat terobsesi dengan gigi yang putih. Hal paling penting dan prioritas adalah menjaga iklim mulut dengan sebaik-baiknya. Yang pasti, rajin menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. Gunakan sikat gigi yang benar dan sesuai dengan kontur ruang mulut kita. 

Boleh juga menggunakan pasta gigi yang memiliki klaim membantu memutihkan gigi. Namun, pasta gigi tugas utamanya adalah membersihkan agar lebih sehat. Pakai juga dental floss atau benang gigi bila perlu, untuk mengatasi kotoran di sela gigi yang tak terjangkau. Kuman dan kotoran di sini menjadi sumber munculnya plak hingga lubang pada gigi yang juga bisa mengubah warnanya. 

Terakhir, jangan lupa kumur dengan mouthwash. Cara ini bisa membantu menyegarkan seluruh aspek di dalam rongga mulut. Mulai dari gigi, sela gigi, lidah, area yang sulit terjangkau, hingga gusi. Mulut lebih segar juga bisa membantu kita lebih percaya diri. 

Menggunakan charcoal atau produk dengan kandungan tersebut

Charcoal atau arang aktif, merupakan bahan yang salah satu khasiatnya dapat menyerap racun atau zat-zat kotor lainnya. Dalam dunia perawatan kulit maupun produk detoksifikasi lain, arang ini juga sudah banyak yang memanfaatkan. Misalnya sebagai masker wajah hingga sabun pembersih wajah atau badan. 

Nah, manfaat ini juga bisa kita gunakan untuk mengatasi gigi yang menguning. Meski warnanya hitam legam, arang ini cukup mudah kita bersihkan. Cara pakainya adalah mengoleskan di atas gigi menggunakan sikat. Selain itu, bisa juga kita campurkan ke dalam air untuk berkumur. 

Charcoal tidak hanya mampu membantu memutihkan gigi. Ia juga dapat menjadi bahan yang menyeimbangkan pH mulut kita, serta mencegah perkembangan karang gigi karena sifat yang membersihkan dan menyerap racun tadi. 

Cara memutihkan gigi dengan buah strawberry

Salah satu cara yang cukup populer adalah dengan menggunakan buah strawberry. Mengapa buah ini, sedangkan ada banyak buah yang juga mengandung vitamin C? Rupanya karena bukan hanya vitamin C, tapi juga ada asam malat dan kandungan astringent yang dapat membantu merevitalisasi permukaan gigi secara alami. 

Lumatkan buah strawberry hingga menjadi seperti pasta. Kita bisa menggunakannya untuk menyikat gigi. Dengan melakukannya secara rutin, minimal seminggu 1-2 kali, kita bisa menuju warna gigi yang lebih cerah. 

Menghindari minuman berkafein dan rokok

Ilustrasi minum kopi berkafein berefek dg pemutihan gigi
[Sumber gambar]
Minuman berkafein seperti kopi, teh dan coklat, bisa mempengaruhi warna gigi kita. Apalagi generasi masa kini menjadikan ketiga minuman tersebut sebagai gaya hidup yang hampir rutin konsumsinya. Setelah minum, kita juga tidak langsung berkumur atau menggosok gigi. Sehingga menyisakan stain atau bekas yang membuat warna gigi kekuningan. 

Rokok pun demikian. Bahkan bukan hanya mengubah warna. Reaksi asap dan menghisap rokok bisa berdampak destruktif atau merusak pada mahkota gigi, membuat warnanya keruh, menghitam atau bahkan berubah bentuk karena rapuh. Dalam rangka memelihara kesehatan gigi kita dan mengembalikan warnanya, sebaiknya hindari dulu minuman kafein dan rokok. 

Menggunakan minyak kelapa

Minyak kelapa alami banyak pemanfaatannya untuk membersihkan gigi. Karena mampu melawan bakteri dan kotoran secara alami. Pada beberapa hewan peliharaan yang memang tak bisa menggunakan pasta gigi, salah satu alternatifnya adalah bahan ini. Selain bisa membersihkan, juga bisa mencegah karang gigi dan plak. 

Sama seperti yang lain, cukup gosokkan minyak kelapa ke gigi kita. Diamkan dulu sekitar 10-15 menit, setelah itu kita bisa membilasnya dengan cara kumur dengan air. Lakukan secara rutin 2 kali seminggu. 

Cara memutihkan gigi dengan kunyit

Mengingat sifat kunyit yang warnanya mudah menempel, mungkin kita agak ragu dengan bahan yang satu ini. Ternyata, kunyit yang kita gunakan untuk membersihkan gigi, tidak akan membandel seperti bila mengenai kulit tangan. 

Ambil bubuk kunyit secukupnya dengan menggunakan sikat, kemudian gosokkan pada gigi. Tunggu 3-5 menit, kemudian berkumur. Lanjutkan dengan menyikat gigi seperti biasa menggunakan pasta gigi. Secara rutin, cara ini bisa membantu kita mendapatkan warna gigi yang lebih cerah. 

Mengingat metode ini menggunakan cara yang alami, pastinya akan membutuhkan waktu. Namun, kelebihannya adalah lebih hemat dan tetap sehat tanpa proses kimiawi. Namun, bila terjadi reaksi alergi atau tidak nyaman, hentikan penggunaan. 

BACA JUGA: 7 Obat Sakit Gigi untuk Redakan Nyeri yang Hilang Timbul

Pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter atau klinik gigi yang kita percaya. Tak hanya membuat gigi putih, namun juga perawatan rutin 6 bulan sekali dan membersihkan dari karang agar tampilannya semakin maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *