Mengetahui cara memutihkan wajah menjadi topik menarik bagi kebanyakan wanita Asia. Kendati saat ini makin banyak wanita yang bangga dengan warna kulit mereka, memiliki kulit yang cerah masih menjadi idaman.

Hal ini membuat banyak produk kecantikan berlomba memberikan janji untuk bisa membuat warna kulit lebih putih dalam beberapa minggu. Bahkan ada yang hasilnya memang bisa terlihat sangat signifikan. Meski demikian, kemungkinan efek samping dan kandungan di dalamnya tidak terjamin.

Di antaranya adalah kemandulan. Tentunya hal ini kurang baik bila kita berencana memiliki anak atau sedang mengandung dan menjalani NIPT test. Karenanya, ibu hamil biasanya memiliki prosedur perawatan kulit yang sangat ketat.

Bagi Anda yang ingin memiliki kulit lebih putih, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Sekaligus di bawah ini, kita akan membahas beberapa cara alami yang aman dan tanpa efek samping untuk mencerahkan kulit.

Ketahui warna asli kulit sebelum cari cara memutihkan wajah

Merasa wajah tampak gelap atau kusam? Coba perhatikan bagian bawah lengan kita yang warnanya paling terang. Itulah warna asli kulit yang sebenarnya. Nantinya bila kita ingin mencerahkan kulit, maka level tercerah warna kulit kita adalah warna tersebut. Hal ini perlu kita ketahui agar tidak berekspektasi terlalu tinggi terhadap produk atau usaha memutihkan wajah yang akan kita lakukan.

Bila ada produk pemutih yang bisa menunjukkan hasil sangat drastis, maka perlu kita waspada akan kandungan di dalamnya. Semakin cepat kemampuannya mengubah warna kulit, maka bisa jadi bahan yang digunakan bersifat keras. Sebaiknya hindari mempertaruhkan kesehatan kulit, apalagi wajah yang sangat sensitif, daripada nantinya menanggung efek samping yang parah.

Efek samping pemutih wajah abal-abal

ilustrasi akibat pakai pemutih abal-abal
Sumber gambar

Kulit merupakan organ terluar dan terbesar dari tubuh. Meski memiliki ketahanan pada panas matahari, suhu dingin dan beragam radikal bebas, namun kulit juga bisa bereaksi pada bahan-bahan berbahaya. Bahkan pada produk terdaftar pun, kadang kita bisa merasakan efek sensitif.

Apalagi dengan produk yang kita tidak benar-benar memahami kandungannya. Apakah mengandung merkuri atau bahan keras lain, sehingga bisa memberikan efek samping dari kerusakan kulit hingga menyebabkan kemandulan. Berikut ini beberapa ancaman kesehatan bila kita sembarangan menggunakan produk pencerah wajah:

  • Kulit terasa panas, perih dan kemerahan. Selanjutnya dapat terjadi reaksi mengelupas. Hal ini mungkin proses pergantian sel kulit mati menjadi baru, namun juga dapat berkembang menjadi kondisi yang lebih serius.
  • Jerawat dan bruntusan, beserta rasa gatal.
  • Kerusakan tekstur kulit wajah
  • Perubahan warna kulit wajah yang kadang bisa seperti agak kemerahan cenderung gelap.
  • Terjadi keracunan merkuri
  • Mengancam potensi untuk bisa hamil dan sejumlah gangguan kesehatan lainnya.

Cara memutihkan wajah dengan menggunakan masker kopi

Kafein dalam kopi merupakan salah satu peluruh sel kulit mati yang baik. Selain itu, bagi beberapa orang, aroma kopi membuat lebih rileks. Masker dengan bahan ini akan membantu mencerahkan kulit. Namun, bila ingin membuatnya sendiri, pastikan untuk tidak menggosok kulit terlalu keras. Selain itu, hindari juga area mata dan jerawat.

Wajah termasuk sebagai area kulit yang sensitif, sehingga kita perlu hati-hati dalam merawatnya. Campur bubuk kopi dengan air atau air mawar. Kemudian mulai aplikasikan seperti scrub wajah. Scrub ini juga bisa kita gunakan untuk seluruh badan.

Masker putih telur

ilustrasi memakai masker putih telur
Sumber gambar

Membayangkannya mungkin amis, ya? Namun dalam resep kecantikan tradisional, putih telur biasanya berfungsi mengatasi beberapa permasalahan kulit. Seperti jerawat bruntusan misalnya. Penggunaan masker ini dengan menggunakan kertas tisu atau kertas masker, yang kita celupkan pada larutan putih telur dan perasan lemon.

Mekanismenya, masker ini akan membantu kita dalam meregenerasi sel kulit baru secara alami. Sehingga permasalahan seperti kulit kusam, kulit berjerawat dan bruntusan bisa teratasi. Namun, penggunaan bahan asli seperti ini kemudian dipertanyakan keamananannya.

Sebab telur mentah bisa saja mengandung bakteri seperti salmonella. Saat ini, sudah ada beberapa produk kecantikan yang mengadaptasi tradisi masker putih telur ini. Sehingga kita bisa menggunakannya dengan lebih praktis dan aman.

Produk kecantikan yang menggunakan niacinamide

Niacinamide adalah salah satu terobosan dalam perawatan kulit yang saat ini banyak terkandung dalam produk skin care. Selain kadarnya terkontrol, penggunaannya pun praktis, karena pemanfaatannya dalam serum, toner atau pelembab yang bisa kita gunakan sehari-hari.

Manfaat niacinamide sangat luas. Di samping menyamarkan flek hitam dan meratakan warna kulit, juga bisa mencegah penuaan dan menjaga kekencangan, melembabkan kulit, menyamarkan garis halus dan perbaikan untuk tekstur kulit wajah. Gunakan produk sesuai saran pemakaian agar mendapatkan hasil yang optimal.

Menggunakan chemical exfoliator

Chemical exfoliator biasanya berbentuk toner atau pads yang memiliki tekstur dan mengandung liquid konsentrat untuk eksfoliasi. Rutinitas ini bisa kita lakukan 1-2 kali seminggu dengan tujuan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Namun setelah melakukan eksfoliasi ini, pastikan kita menggunakan SPF sebagai proteksi.

Hal ini karena setelah pengelupasan atau eksfoliasi, kulit akan jadi lebih sensitif terhadap paparan matahari atau radikal bebas lainnya. Karena itu, memakai sunscreen minimal SPF 30 ke atas akan sangat bermanfaat.

Menggunakan SPF atau sunscreen

ilustrasi memakai sunscreen
Sumber gambar

Setelah kita singgung pada bagian sebelumnya, ketahui lebih lanjut manfaat penggunaan SPF. Kulit menjadi gelap bukan hanya karena paparan sinar matahari, tapi bisa terjadi karena reaksi panas saat memasak, menggunakan ponsel atau bekerja dengan laptop. Paparan radiasi blue light ini juga bisa membuat kulit kusam dan gelap.

Penggunaan SPF kapanpun dan di manapun, bahkan setelah pengaplikasian skincare sebelum tidur, dapat membantu mencerahkan kulit dan membuatnya terlindungi. Selain itu, krim SPF biasanya juga merawat kondisi kulit.

Konsumsi buah dan sayur

Kita perlu mendapatkan asupan vitamin lengkap untuk bisa menunjang regenerasi sel kulit mati. Oleh karena itu, konsumsi buah dan sayur asli akan membantu memperbaiki kulit dari dalam. Buah dan sayur memiliki kandungan vitamin C, vitamin E serta enzim dan mineral lain sehingga bisa menjadi agen anti oksidan melawan tanda kulit kusam, flek hitam dan penuaan.

Berolahraga

Mungkin cara ini terkesan klise, namun justru sebenarnya olahraga banyak membantu menyehatkan kita dari dalam hingga ke luar. Termasuk di antaranya dalam vitalitas kulit. Olahraga membantu mengaktifkan metabolisme, sehingga penyerapan nutrisi maksimal Selain itu bisa melancarkan sirkulasi darah, sehingga membuat regenerasi sel kulit wajah dan tampak segar.

BACA JUGA: Punya Kulit Sensitif, Wajib Tahu 5 Hal Ini

Kulit yang sehat sebenarnya jauh lebih penting dari sekedar memutihkan kulit. Namun dengan beberapa metode di atas, kita bisa mendapatkan kulit yang lebih cerah dan bercahaya. Jangan lupa imbangi dengan istirahat yang cukup, sebab tidur juga menjadi kunci dari kesehatan luar dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *