Banyak orang yang ingin tahu cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit, sebab mengetahui betapa tersiksanya gangguan kesehatan ini kalau sudah kambuh. Membuat sulit istirahat, sakit kepala hingga tak enak di seluruh badan.

Sakit gigi merupakan gangguan yang berhubungan dengan saraf. Oleh karena itu, saat nyerinya timbul bisa nyut-nyutan atau nyeri yang hilang timbul berkepanjangan. Bahkan gejala ini bisa menjalar ke area lainnya, seperti telinga, kepala, leher, dan perburukan kondisinya bisa berdampak pada jantung.

Oleh karena itu, sangat perlu menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dengan seksama. Sedangkan bila nyerinya timbul, kita bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

Cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit dengan kompres dingin

ilustrasi sakit gigi
Sumber gambar

Gunakan kompresan dingin atau es batu yang dimasukkan ke dalam alat pengompres. Kemudian letakkan di area sekitar pipi dan rahang yang mengalami keluhan. Hindari kontak langsung dengan esnya, agar tidak terjadi ngilu pada gigi.

Cara mengompres ini efektif untuk mengurangi rasa sakit yang timbul karena sedang terjadi inflamasi. Selain menghilangkan sakit, juga bisa meredakan atau mencegah terjadinya pembengkakan

Berkumur dengan air garam

Cara yang satu ini sebenarnya tidak selalu efektif di setiap orang, terutama bila kondisinya memang sudah cukup serius dan membutuhkan penanganan. Namun, tidak ada salahnya untuk dicoba, sebab memang memiliki kemampuan mengurangi rasa sakit.

Larutkan garam pada air hangat yang hampir hangat kuku, sebab dengan suhu ini akan terasa nyaman di rongga mulut yang sedang sensitif. Kumur perlahan pada area yang sakit, maka rasa nyerinya akan sedikit berkurang atau hilang. Akan tetapi, umumnya memang sakit gigi yang sedang kambuh bisa hilang timbul kembali.

Cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit menggunakan Ibuprofen

ilustrasi ibuproven
Sumber gambar

Merupakan salah satu obat dengan kandungan pereda nyeri yang setara paracetamol. Namun demikian, ibuprofen dapat menyasar nyeri gigi dengan lebih efektif. Cara kerjanya adalah dengan meredakan kondisi yang sedang mengalami inflamasi, mencegah terjadinya peradangan, dan pembengkakan.

Sebenarnya hal yang sama bisa juga kita dapatkan dari paracetamol. Akan tetapi, ibuprofen memiliki efektivitas dalam mengurangi rasa sakit selama kita tidak memiliki alergi terhadap kandungan obat ini.

Menggunakan asam mefenamat

Alternatif berikutnya adalah meredakan rasa sakit dengan obat asam mefenamat. Obat ini bekerja dengan cara mengurangi rasa sakit dan mencegah peradangan, terutama pada masalah tulang dan sendi. Termasuk di antaranya adalah keluhan saat sakit gigi, datang bulan atau nyeri otot di masa sakit flu.

Asam mefenamat termasuk obat anti inflamasi non steroid, sama seperti ibuprofen. Meski demikian, sebaiknya tidak kita konsumsi berbarengan. Di samping itu, penggunaan obat ini biasanya sebagai alternatif ketika tindakan atau obat sebelumnya tidak cukup efektif dalam mengurangi rasa sakit.

Obat pereda rasa sakit diklofenak

Ada beberapa jenis obat yang satu ini. Di antaranya potassium diclofenac maupun sodium diclofenac. Dokter gigi akan meresepkan obat ini sesuai dengan kondisi nyeri yang kita alami. Berikut dengan dosis penggunaannya pula.

Meski obat ini sebenarnya tersedia di apotek dan bisa kita beli tanpa resep, tapi sebaiknya mendapatkan saran dari dokter juga terkait penggunaannya. Hal ini mengingat nyeri pada sakit gigi biasanya hilang timbul, sehingga kita perlu beberapa kali mengonsumsinya.

Kenali karakter sakit gigi

ilustrasi seorang pria sedang sakit gigi
Sumber gambar

Keluhan sakit gigi bisa terjadi karena beragam pemicu. Misalnya akibat desakan gigi bungsu, adanya gigi berlubang atau bahkan crown gigi yang terbuka, selain itu juga bisa karena permasalahan seperti karang gigi. Kita perlu mencari tahu penyebab adanya sakit gigi tersebut.

Setiap penyebab berbeda, menimbulkan rasa sakit dan gejala yang berbeda pula. Ada yang bisa hilang dalam sekali minum obat, ada yang hilang timbul, ada pula yang menyebabkan pembengkakan atau bahkan pendarahan.

Bila rasa sakit tidak tertahankan, kita bisa mendatangi fasilitas kesehatan terdekat ataupun klinik gigi terpercaya untuk membantu mengurangi rasa sakitnya. Sebab nyeri gigi bisa mengganggu rutinitas, seperti tidur, bekerja, makan dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara yang bisa dengan cepat menghilangkan sakit gigi. Setelah rasa nyeri mereda, sebaiknya mendatangi dokter gigi untuk bisa mendapatkan penanganan yang tepat atas masalah gigi. Misalnya dengan tambal gigi, perawatan saluran akar, pembersihan karang atau pencabutan.

BACA JUGA: 6 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Maupun Impaksi

Selanjutnya, rawatlah gigi dengan membersihkan menggunakan sikat gigi dan berkumur, setidaknya 2 kali sehari. Serta kunjungan ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali untuk mencegah dan mengatasi adanya permasalahan pada gigi kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *