Cara pakai masker dobel yang benar dapat memberikan proteksi yang lebih terhadap paparan virus corona.

Namun cara pakai masker dobel yang benar ada aturannya yang perlu dilakukan agar dapat memberikan proteksi atau perlindungan yang efektif atau optimal.

Cara pakai masker dobel yang benar bukan dengan menggabungkan masker medis dengan masker medis lagi. Yang benar, cara pakai masker dobel yang benar adalah masker medis yang dilapisi lagi dengan masker kain. Jadi pertama adalah masker medis kemudian didobel dengan masker kain.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) telah merekomendasikan penggunaan masker dobel ini.

Tetapi tidak semua jenis masker dapat dirangkap atau dipakai dobel, contohnya masker KN95 dan N95.

Semenjak pandemi Covid 19 melanda negeri, masker menjadi atribut wajib yang harus dipakai guna membantu Anda terhindar dari risiko tertularnya virus corona penyebab Covid 19.

Sebelumnya hanya memakai satu masker, baik itu masker bedah, KN95, atau masker yang terbuat dari kain (masker kain) dengan ketentuan khusus. Namun, dalam gelombang kedua yang kasusnya semakin meningkat di Indonesia, maka ada himbauan khusus atau penting untuk meningkatkan proteksi diri sendiri dengan memakai dua masker sekaligus.

Masker dobel ini harus Anda kenakan jika bepergian ke tempat-tempat yang padat dan tidak memungkinkan jaga jarak.

Uji Coba Efektivitas Masker Dobel

Penggunaan masker ganda atau dobel dapat secara efektif membantu mencegah penularan. CDC telah mensimulasikan orang batuk yang dekat dengan orang yang telah memakai kombinasi masker.

Hasil uji coba CDC menunjukkan masker medis dapat memblokir partikel udara yang memiliki potensi atau risiko menularkan virus corona sebesar 84,3%. Namun, ketika dilapisi lagi dengan masker kain, maka tingkat proteksinya meningkat hingga 96,4% atau partikel yang berhasil diblokir adalah 92,5%.

 Masker dobel dapat membantu mencegah penularan Covid 19 lebih efektif ketimbang satu masker saja, meskipun masker yang Anda kenakan sudah masker bedah.

Masker bedah biasanya suka terpasang longgar sehingga tersisa celah atas hidung dan pipi. Dengan adanya celah ini kemungkinan masih ada peluang droplet masuk ke celah ini. Kadangkala masker bedah ini mudah melorot.

Untuk masker kain, biasanya lebih dapat diatur kekencangannya sehingga nyaman.

Cara Pakai Masker Dobel yang Benar

Salah satu dokter spesialis penyakit menular di Fortis Hospital (Kalyan, India) dr. Kirti Sabnis menyarankan untuk mengenakan masker ganda saat harus pergi ke tempat-tempat ramai seperti bandara, stasiun, halte bus dan saat menggunakan transportasi umum/lokal untuk bekerja atau beraktivitas di luar rumah

Saran dokter ini selanjutnya adalahs atu masker kain di atas masker bedah atau masker tiga lapis adalah kombinasi yang ideal.

kemudian face shield dapat Anda gabung dengan masker pada tempat-tempat yang sangat ramai.

Serta hindari penggunaan masker ganda atau masker dobel bila Anda mengenakan masker N95

Salah satu hal paling mendasar yang dapat dilakukan orang adalah tetap di rumah. Dokter menyarankan bahwa jika tetap diam bukanlah suatu pilihan, orang harus memakai masker setiap kali mereka keluar, karena ini tidak dapat dinegosiasikan.

Cara pakai masker dobel yang benar dapat memberikan perlindungan lebih jika ada seseorang dekat Anda bersin atau batuk. Karena virus bisa terdapat pada droplet dari bersin atau batuk.

Penggunaan masker yang benar dan konsisten menjadi salah satu langkah penting protokol kesehatan untuk membantu mencegah dan menyebarkan Covid 19. Ada beberapa pertimbangan saat Anda ingin membeli masker, yaitu jumlah lapisan dan daya saring udara.

 Cara pakai masker dobel yang benar adalah sebagai berikut:

  • Gunakan masker bedah sebagai lapisan pertama.
  • Pastikan kawat tipis ditekan agar bentuknya mengikuti bentuk hidung Anda.
  • Kemudian dobel dengan masker kain yang nyaman.
  • Coba tarik dan buang napas, bila terasa ada aliran udara dari sisi masker, atur posisinya lagi agar tetap bisa bernapas nyaman
  • Jangan lupa masker medis harus dibuang setelah sekali pakai, meski ditutupi oleh masker kain.

Memakai dua masker sekaligus ini dapat memberikan proteksi lebih agar mengurangi risiko dari paparan virus corona ketimbang satu masker. Namun, jangan lupa, memakai masker hanya satu langkah dari 3M.  Tetap lakukan menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan, dan vaksinasi.

Jangan Lupa Swab PCR dan Antibodi Kuantitatif S-RBD

Bila Anda merasa gejala-gejala yang terkait Covid 19, jangan tunda lagi untuk daftar secara online swab PCR. Salah satu tempat yang bisa Anda pilih adalah GSI Lab Kuningan atau Cilandak yang juga bisa melakukan whole genome sequencing (WGS) dan PCR kumur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *