Ngemil adalah aktivitas makan di sela-sela hari yang banyak orang sukai. Kita tidak menyadari bahwa cemilan itu juga sama saja dengan makan. Jadi, kita juga perlu atur porsinya. Jangan sampai malah menambah risiko diabetes.

Diabetes merupakan jenis penyakit yang menjadi momok nomor satu bagi masyarakat di seluruh dunia. Pakar Diabetes dan Endokrinologi, menyampaikan pemicu penyakit ini ada banyak. Di antaranya adalah pola makan orang tersebut.

Penyakit ini masuk dalam kategori penyakit yang tidak sepele. Kalau sudah punya kecenderungannya, perlu disiplin mengatur makanan apa yang masuk dan kapan kita bisa mengonsumsinya. Berikut adalah opsi cemilah yang ramah bagi penderita diabetes.

Cokelat hitam

Jika dinikmati dalam jumlah sedang, cokelat hitam bisa menjadi cara yang sehat dan lezat untuk memuaskan rasa manis di lidah. Cemilan ini kaya akan flavonoid, sejenis senyawa tanaman yang dapat membantu mencegah resistensi insulin dan melindungi terhadap masalah jantung bagi penderita diabetes tipe 2.

[sumber gambar]
Cemilan ini juga  rendah gula, karbohidrat, dan kalori daripada cokelat susu, dengan hanya 13 gram karbohidrat dalam setiap porsi 1 ons. Pastikan kandungan kakao minimal 70%, dan konsumi sekitar 1 ons (28 gram) sekali konsumsi.

Kacang-kacangan

Penderita diabetes masih dapat mengonsumsi kacang-kacangan. Beragam jenis kacang seperti kacang tanah, almond, atau walnut dapat menjadi pilihan yang sedap. Cemilan ini mengandung berbagai vitamin, mineral, dan lemak sehat yang berfungsi sebagai energi pada tubuh.

[sumber gambar]
Akan tetapi kacang memiliki karbohidrat yang terkandung di dalamnya. Pastikan anda tidak mengonsumsi secara berlebihan. Kamu bisa juga membatasi maksimal konsumsi seukuran satu genggam tangan sehari.

Buah pear dan apel

Pir adalah sumber serat yang bagus, memiliki lebih dari 4 gram serat, dengan 21,3 gram karbohidrat, dalam setiap porsi 140 gram.  Serat memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah, yang dapat menstabilkan kadar gula darah setelah mengonsuminya Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi pir segar juga bisa menjadi strategi yang efektif untuk membantu meningkatkan kontrol gula darah bagi penderita diabetes.

[sumber gambar]
Selain itu apel juga baik bagi penderita diabetes namun pastikan memilih apel hijau. Karena jenis ini mengandung vitamin B1 dan rasa yang tidak terlalu manis.

Greek yogurt

Dengan 20 gram protein dalam setiap porsi 200 gram, greek yogurt bisa menjadi pilihan cemilan yang sangat baik untuk penderita diabetes. Meningkatkan asupan protein Anda dapat membantu mendukung pengendalian nafsu makan dan mengurangi keinginan makan.

[sumber gambar]
Selain itu vitamin D dan probiotik yang terkandung dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah pada penderita diabetes tipe. Anda dapat menambahkan buah-buahan rendah gula dan karbo sebagai toping pada cemilan ini.

Popcorn

[sumber gambar]
Walaupun terkenal banyak varian rasa, popcorn ternyata masih bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. Ini dikarenakan popcorn mengandung sedikit kalori dan hampir bebas lemak. Cemilan ini mampu menyediakan sekitar 70 persen kebutuhan harian. Akan tetapi ada baiknya pilih popcorn dengan rasa tawar, atau kamu bisa menambahkan sedikit mentega dan garam. Jika ingin menambahkan pemanis pastikan menggunakan pemanis yang sehat.

Biskuit gandum

Gandum mengandung karbohidrat kompleks yang baik bagi penderita diabetes dan juga pencernaan. Lebih dari itu gandum juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama pada makanan. Sehingga bagus bagi penderita diabetes ataupun kamu yang sedang menjalani diet.

[sumber gambar]
Beberapa pilihan biscuit gandum yang terbuat dari tepung gandum utuh. Selain itu pastikan tidak ada pemanis tambahan atau gula dalam produk biscuit dengan membaca bahan dasar dari cemilan tersebut.

Alpukat

Selain buah apel dan pir, alpukat juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah satu ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan hantung dan control gula darah. Ditambah buah alpukan memiliki kadar serat yang cukup tinggi.

[sumber gambar]
Alpukat dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus atau salad. Pada 13 gram serat terkandung pada buah ini setara dengan 50 persen serat harian untuk wanita dan 34 persen untuk laki-laki.

BACA JUGA: Pencegahan Virus Corona, Anjuran Mengurangi Konsumsi Gula

Itu semua ketujuh camilan yang enak dan sehat bagi penderita penyakit diabetes. Selamat menikmati waktu senggang untuk mengonsumsi cemilan dan selalu ingat untuk tidak berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *