Salah satu contoh ambeien ringan adalah ketika gejala keluhannya tidak menyebabkan kita merasa sakit atau pendarahan yang parah. Umumnya kondisi ini bisa teratasi lebih cepat daripada kondisi yang lebih berat. Meski demikian, jangan remehkan jenis penyakit dengan level seperti ini.

Beberapa orang bisa mengalami lebih dari 1-3 kali ambeien dalam hidupnya. Hal tersebut bisa terjadi karena faktor bawaan dalam riwayat kesehatan atau gaya hidup yang kurang sehat. Kondisi berulang ini bisa mengindikasikan ada yang kurang baik dengan sistem pencernaan kita.

Kali ini kita akan mengupas lebih dalam mengenai ambeien ringan,cara mengatasi dan kenapa kita tidak boleh mengabaikan atau meremehkan gejalanya.

Ambeien ringan sering terjadi pada wanita

ilustrasi ambeien terjadi pada wanita
Sumber gambar

Perlu kita ketahui bahwa mayoritas ambeien terjadi ketika pembuluh darah balik mengalami tekanan yang kuat dan lama. Hal ini biasanya terjadi saat kita terlalu lama duduk atau bahkan berbaring. Kondisi ini bisa menyebabkan pembengkakan pembuluh darah, kemudian muncul ambeien atau wasir ini.

Ambeien seringkali identik dengan wasir berdarah, sakit saat duduk bahkan bisa menyebabkan penderitanya mengalami anemia atau penurunan kondisi tubuh. Namun, tidak semua kondisi wasir ini seperti itu. Penyakit yang memang lebih sering terjadi pada perempuan ini bisa muncul dengan skala yang relatif ringan.

Wanita mengalami pelebaran pembuluh darah cukup sering. Salah satunya adalah ketika aktivitas sehari-hari banyak duduk atau sedang mengalami datang bulan. Hal ini juga bisa terjadi pada masa hamil dan pasca melahirkan. Oleh karena itu, dengan risiko tersebut biasanya perempuan mendapat anjuran untuk menjaga pola makan dan aktivitasnya.

Jenis wasir yang perlu kita ketahui

Wasir atau ambeien ini pada dasarnya ada 2 jenis, yakni ambeien dalam dan juga ambeien luar. Pada kasus ambeien luar, gejala yang kita rasakan bisa lebih spesifik dan menyakitkan. Di samping munculnya pendarahan, benjolan yang timbul terjadi pada jalur luar anus, sehingga cukup terasa bila kita sedang buang air, duduk dan mengalami goncangan, bahkan saat tidur.

Sedangkan pada ambeien dalam, posisinya berada di dalam sehingga tidak terlalu terasa keluhan-keluhannya. Yang paling mungkin terasa adalah gatal dan sedikit nyeri (bila ada). Pada beberapa jenis wasir ini, ada juga yang tidak mengandung rasa sakit meski saat BAB mengeluarkan darah. Bila masih tergolong ringan, maka benjolan akan bisa hilang dengan sendirinya. Sedangkan bila mulai terasa sakit dan ada indikasi membesar, artinya ada peningkatan kondisi ambeien yang perlu kita waspadai.

Contoh ambeien ringan yang bisa teratasi dengan kompresan

ilustrasi ambeien
Sumber gambar

Salah satu keluhan yang kurang menyenangkan dari wasir atau ambeien ini adalah ketika kita jadi sering merasa panas, gatal atau tidak nyaman saat duduk. Melebarnya pembuluh darah bisa menjadi penyebab hal tersebut. Karena itu kita bisa mengompres area pantat atau merendamnya dengan air yang sejuk.

Sebab dengan cara ini membantu pembuluh darah balik untuk mengecil. Di samping itu, sebaiknya tidak duduk terlalu lama. Batasi waktu duduk dan berdiri sambil bergerak setiap 30 menit sekali. Cara ini bisa membantu wasir untuk pulih dengan cepat serta mencegah adanya risiko wasir untuk membesar. Setiap dudukan kita mulai terasa panas, segeralah bangkit dan berjalan sejenak.

Cukupi kebutuhan cairan

Cara berikutnya cukup mudah, cukupi kebutuhan minum air putih dalam sehari. Lakukan secara rutin dan sementara kurang konsumsi minuman tinggi gula. Hal ini bisa membantu kita dalam memberi asupan hidrasi bagi tubuh. Di samping itu, kandungan gula sering menghambat regenerasi sel dan penyembuhan. Oleh karena itu, batasi asupan gula dalam sehari.

Kita bisa gantikan keinginan konsumsi makanan dan minuman manis dengan konsumsi jus buah atau buah potong. Kabar baiknya, buah selain mengandung gula yang lebih baik dari gula pasir juga ada beberapa jenisnya yang membantu pemulihan ambeien. Di antaranya adalah nanas dan pepaya yang keduanya mengandung enzim pencernaan, sehingga bisa membantu mengatasi permasalahan seperti susah buang air besar, sembelit, wasir dan sejenisnya.

Menggunakan obat sesuai arahan dokter

ilustrasi obat-obatan
Sumber gambar

Ambeien ringan mungkin bisa hilang dengan sendirinya. Namun bagi mereka yang merasa kurang nyaman dan membutuhkan kepastian, bisa juga dengan berkonsultasi dengan dokter. Dengan demikian akan mendapatkan saran medis dan juga resep obat-obatan yang lebih valid seperti obat oles atau obat telan.

Salah satu obat ambeien yang cukup banyak digunakan adalah salep borraginol. Penggunaannya dengan mengoleskan salep pada area benjolan. Bila tergolong ringan, maka pemberian salep ini bisa cepat memulihkan kondisi wasir. Untuk menunjang penyembuhan, sebaiknya hindari makanan pedas, berminyak dan berlemak tinggi.

Konsumsi makanan dan minuman probiotik

Makanan dan minuman probiotik seperti yoghurt dan madu adalah booster nutrisi yang baik bagi pencernaan. Minimalisir makanan instan dan rutin menambahkan probiotik dalam makanan atau minuman kita, bisa membantu memperlancar pencernaan. Cara ini baik untuk mencegah dan memulihkan kondisi pencernaan yang sedang mengalami gangguan seperti wasir atau ambeien.

Probiotik memiliki sifat untuk menangkal radikal bebas dan infeksi seperti bakteri, virus, atau jamur. Serta kandungan enzim di dalamnya membantu mengatasi permasalahan pencernaan sehingga bisa memperbaiki kondisi tubuh yang rusak.

Menggunakan alas duduk

Tambahkan bantalan duduk pada kursi. Cara ini bisa membantu agar dudukan kita lebih nyaman saat sedang mengalami ambeien. Di samping itu, juga bisa mencegah permasalahan seperti pembuluh darah yang tersumbat, rasa tidak nyaman saat duduk atau saraf terjepit. Meski demikian, kita tetap perlu menjaga durasi duduk agar tidak terlalu lama.

Bantalan duduk bagi kesehatan memang ada untuk menambah ergonomis. Namun secara teknis, kita tetap perlu mengkondisikan sendiri kebiasaan duduk kita. Pada orang yang bekerja dengan duduk untuk waktu lama atau sedang hamil, durasi duduk dan berdiri perlu kita perhatikan. Variasikan dengan stretching agar tidak mudah mengalami kondisi seperti saraf terjepit atau ambeien.

Contoh ambeien ringan yang perlu kita waspadai

Ambeien ringan tidak menimbulkan keluhan yang berat. Namun demikian tetap bisa menyebabkan perkembangan kondisi ke yang lebih serius bila ada beberapa kondisi tertentu. Di antaranya kondisi bawaan yang memang membuat ambeien sering terjadi, atau perkembangan pada rasa nyeri dan benjolan yang membesar, hingga anemia akibat pendarahan.

Bila hal ini terjadi, sebaiknya kontrol dan periksakan diri ke dokter. Seiring dengan hal tersebut, perbaiki pola hidup, kelola stres dan bangun kebiasaan sehat agar bisa meminimalisir risiko gangguan yang lebih berat.

BACA JUGA: 6 Obat Ambeien agar Duduk Nyaman dan Hati Tenang

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi permasalahan ambeien ringan. Tetap jaga kesehatan, pola makan, dan latihan mengelola stres sehingga bisa jauh dari beragam gangguan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *