Ikan menjadi menu favorit bagi sebagian besar orang. Jenis makanan ini banyak diolah menjadi berbagai hidangan yang enak disantap. Selain itu ikan menjadi sumber protein yang sangat baik bagi tubuh terutama dalam masa pertumbuhan atau diet seseorang.

Namun, ada juga yang enggan atau trauma mengonsumsi ikan setelah mengalami duri atau tulangnya tersangkut di tenggorokan. Selain membuat cemas, akan terasa sesuatu mengganjal dan tidak nyaman pada tenggorokan bahkan sampai membuat sakit.

Ada beberapa tips untuk kamu jika hal ini terjadi saat  mengonsumsi ikan di antaranya, berikut.

Membatukkan diri

[sumber gambar]
Cara ini adalah yang paling mudah ketika tulang ikan tersangkut pada tenggorokan. Pada beberapa kasus, batuk yang kencang dapat mengeluarkan tulang ikan pada tenggorokan. Lakukan ini beberapa kali, jangan terlalu keras. Dan bila tidak kunjung keluar, kita bisa mencoba cara berikutnya.

Meminum air garam

[sumber gambar]
Jika dirasa batuk tidak membuahkan hasil. Cara berikutnya adalah dengan cara meminum segelas air garam. Cobalah segelas air hangat yang dicampur garam. Apabila ukuran duri ikan cukup kecil, akan mudah luruh terbawa air garam dan masuk ke saluran pencernaan.

Menelan segumpal nasi

[sumber gambar]
Cara ini merupakan salah satu yang paling banyak menjadi andalan apabila kedua cara di atas belum membuahkan hasil. Segumpal nasi yang cukup masuk tenggorokan, kunyah sedikit, kemudian kita telan. Tujuannya adalah lumatan nasi tersebut bisa membawa turun duri atau tulang yang tersangkut tadi.

Makan buah pisang

Selain nasi, kamu dapat memakan potongan buah pisang dan menelannya langsung. Perlu kita kunyah sebentar tentunya, karena bongkahan pisang cukup besar dan bisa menyangkut atau tersedak bila ditelan bulat-bulat.

[sumber gambar]
Sama seperti menggunakan nasi sedikit kunyah lalu telan membantu tenggorokan mendorong tulang ikan yang menyangkut tersebut. Kita juga bisa menggunakan segumpal roti, marshmallow, atau minyak zaitun untuk membantu mendorong tulang ikan yang tersangkut pada tenggorokan.

Pergi ke dokter

Jika upaya yang kamu lakukan tidak ada yang berhasil, segera mencari pertolongan medis. Pasalnya tulang ikan yang berada pada tenggorokan dalam waktu yang lama, tentunya bisa membuat kita cemas atau memberikan dampak tertentu.

[sumber gambar]
Kemungkinan seperti risiko komplikasi, atau merobek kerongkongan. Dalam beberapa kasus, ada gejala yang menunjukkan kondisi yang lebih serius. Jika mengalami gejala seperti demam, tidak dapat makan dan minum, memar atau pembengkakan pada tenggorokan, air liur berlebihan, nyeri dan keluhan lain segera mendatangi fasilitas kesehatan terdekat.

BACA JUGA: Protokol Pengukuran Suhu Tubuh Banyak yang Salah dan Sering Dilakukan, Ini Faktanya

Tetap tenang dan konsultasikan diri pada dokter untuk mendapatkan pertolongan dan tindakan medis yang sesuai prosedur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *