Warganet sempat ramai dengan kicauan seorang dokter pakar penyakit menular asal Amerika Serikat, bernama Dr. Faheem Younus, MD. Dokter yang belakanagan kerap  mengedukasi melalui akun sosial media Twitter pribadi miliknya membahas soal pandemic Covid-19.

Dirinya menarik perhatian banyak orang Indonesia karna menulis cuitannya dalam Bahasa Indonesia. Berbagai informasi soal pandemi disampaikan dengan sangat sederhana sehingga mudah dipahami banyak orang.

Dia juga mematahkan berbagai isu yang ramai beredar melaui Whatsapp Group (WAG) yang dianggap keliru dan menjadi salah paham oleh masyarakat Indonesia mengenai pandemi Covid-19. Apa saja cuitan yang dilemparkan Dr. Faheem Younus tentang salah kaprah mengenai Covid-19 yang beredar di WAG? Mari kita simak ulasan berikut.

Mitos tentang rempah menyembuhkan Covid-19

Dr. Faheem Younus - LIVING WIHT CODID-19 | by Sue Worrall | LinkedIn

Rempah dan obat-obatan herbal memang sudah menjadi pengobatan turun temurun bangsa kita. Namun, ada beberapa pandangan yang salah tentang beberapa rempah dianggap bisa mengobati Covid-19.

Dalam twitnya, Faheem menyatakan bahwa tumbuhan dan rempah bisa jadi bagus untuk tubuh namun bukan sebagai pengganti vaksin. Menurutnya, virus Corona membutuhkan tameng khusus seperti vaksinasi.

Hal ini juga dibenarkan oleh WHO (organisasi kesehatan dunia) yang menyatakan sampai saat ini belum ada secara resmi obat untuk virus Corona. Arahan Faheem menyebutkan agar warga segera mendapatkan vaksin, karena ini salah satu cara penguatan imun tubuh saat menghadapi wabah seperti saat ini.

Minyak kayu putih sebagai pengobat Covid-19

Ramai beredar melalui WAG bahwa dengan meminum minyak kayu putih atau eucalyptus dapat mengatasi gejala Covid-19. Hal ini juga menjadi heboh lantaran banyak influencer tanah air mempraktikan melaui insta-story milik mereka. Lantas apakah benar dengan meminum minyak kayu putih dapat mencegah bahkan mengobati Covid-19.

Dr. Faheem Younus menyampaikan bahwa hal tersebut tidak benar. Ia menulis “Manakah dari berikut ini yang mencegah atau mengobati Covid?”. Dalam pilihannya dia menulis beberapa rempah yang cukup terkenal mampu mengobati berbagai penyakit bagi masyarakat Indonesia temasuk kayu putih di dalamnya.

Dr. Faheem menyatakan bahwa semua rempah tersebut tidak ada yang bisa mencegah atau mengobati Covid-19. Tidak adanya penelitian seacara ilmiah menjadi dasar akan hal tersebut.

Kunci pencegahan Covid-19 terbaik ternyata ada di sini

Dalam cuitannya pula DR. Faheem younus menambahkan bahwa kunci dalam penanganan pandemi yang saat ini mewabah. Ternyata hal tersebut sejalan dengan apa yang disampaikan oleh pemerintah dan tenaga kesehatan selama ini.

Dia menuliskan bahwa kunci penanganan pandemi yaitu memakai masker, menghindari keramaian dan vaksinasi adalah cara terbaik melawan virus ini. Alih-alih menghabiskan banyak uang untuk membeli ini dan itu atau melakukan hal-hal yang secara ilmiah tidak benar-benar bisa menangkal Covid-19. Kedisiplinan diri kita menjadi kunci bersama melawan virus Corona yang sedang mewabah.

Selama kita disiplin dengan protokol kesehatan yang ada dan bersama melakukan vaksinasi, menjadi kekuatan utama kita dalam menghadapi virus Corona. Kita juga diharapkan tidak mudah termakan oleh isu-isu yang belum tentu benar kepastiannya melalui WAG yang penyebarannya massive. Banyak-banyak mengolah dan mencari kepastian atas informasi yang kita terima saat ini, sebelum menerimanya atau menyebarkan pada orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *