Gejala Covid setelah vaksin pertama ternyata hampir mirip dengan flu biasa.

Secara dramatis pemberian vaksin virus corona dapat membantu menurunkan atau mengurangi potensi risiko tertular Covid 19.

Namun memang hal itu mungkin saja terjadi, terutama pada jeda waktu antara dua vaksinasi.

Gejala Covid Setelah Vaksin Pertama, Hasil Studi

Studi baru yang dilakukan oleh para periset di King’s College (London) yang memantau gejala-gejala Covid 19 yang muncul setelah vaksinasi.

Timnya memeriksa data sekitar 1,1 juta orang yang telah divaksinasi antara Desember 2020 hingga pertengahan Mei 2021 untuk menilai atau melihat frekuensi dan sifat infeksi tersebut.

Hasilnya ditemukan, setelah vaksinasi sekitar 2.278 orang dewasa memiliki hasil tes positifd (0,2%). Untuk mereka yang sudah vaksinasi lengkap dengan dua dosis, ada sekitar 187 orang (0,03%) yang masih tertular penyakit ini.

Para peneliti King’s College tersebut melihat secara detail gejala-gejalanya dengan menggunakan ZOE Covid Symptom Study.

Mereka juga berhasil mengidentifikasi sejumlah gejala yang perlu diwaspadai setelah Anda divaksinasi, yang kadang gejala tersebut tidak mungkin muncul bila dikaitkan dengan gejala Covid 19 pada umumnya.

Ini Dia Gejala Covid Setelah Vaksinasi, Menurut Studi

Bersin

Dari hasil laporan studi tersebut, bersin merupakan gejala yang paling sering muncul pada orang-orang yang telah divaksinasi dibandingkan dengan orang yang belum divaksinasi. Sekitar 24% (< 60 tahun) yang mengalami bersin setelah vaksinasi.

Temuan lainnya, yang telah divaksin kemungkinan tidak mengalami gejala awal Covid pada umumnya (seperti batuk) saat terinfeksi. Kondisi ini berbeda dengan mereka yang terinfeksi Covid sebelum divaksinasi.

Sesak napas

Gejala yang satu ini memang dapat disebabkan oleh penyakit lainnya. Salah satunya adalah Covid 19. Jika Anda mengalami sesak napas atau terasa terengah-engah, sebaiknya lakukan tes swab untuk memastikan terinfeksi atau tidak.

Orang-orang yang telah menerima vaksin yang tertular Covid 19, juga mengalami sesak napas.

Namun yang paling penting adalah peran vaksinasi. Bila Anda sudah menerima vaksin dan terinfeksi Covid 19, gejalanya akan lebih ringan dibandingkan yang belum menerima vaksin.

Telinga berdenging

Gejala ini bisa juga muncul pada penderita Covid 19 yang belum menerima vaksin. Telinga berdenging terus menerus (tinitus) dan memengaruhi pendengaran.

Tinitus bisa muncul pada Anda yang telah divaksin baru-baru saja dan mungkin vaksinnya belum bekerja secara efektif.

Kelenjar bengkak

Kelenjar yang dimaksud disini adalah kelenjar getah bening yang ada pada ketiak atau leher. Gejala ini biasanya akan mereda dalam beberapa hari namun juga bisa menjadi kemungkinan tanda adanya infeksi.

Mewaspadai Gejala

Dari studi yang sama, orang-orang yang sudah menerima vaksin dan belum vaksin, memiliki gejala yang mirip. Namun, yang sudah divaksin merasakan gejala yang lebih singkat dan ringan.

Gejala Covid 19 pada Anda yang telah menerima vaksin lengkap, biasanya lebih ringan dan proses pemulihannya lebih cepat.

Dari studi yang sama, gejala Covid 19 setelah mendapat satu dosis vaksinasi, antara lain sakit kepala, pilek, sakit tenggorokan, bersin dan batuk terus menerus.

Munculnya varian Delta yang lebih mudah menular membuat lonjakan kasus Covid-19 yang bahkan dapat mengenai kalangan anak muda yang sudah menerima vaksin dan belum divaksin. Kondisi ini melanda beberapa negara seperti Eropa, Inggris dan Amerika Serikat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *