Genome sequencing Covid 19 adalah salah satu prosedur laboratorium untuk menentukan urutan basa yang terdapat pada organisme.

Jadi genome sequencing Covid 19 adalah upaya melihat urutan kode genetik. Metode ini bermanfaat sebagai salah satu kunci penanganan infeksi Covid-19 akibat virus corona yang tengah melanda berbagai negara termasuk Indonesia.

Selain itu, metode ini juga memiliki nilai penting untuk melihat karakterisasi dari virus corona yang tengah bersirkulasi di Indonesia.

Genome sequencing dapat memahami pola distribusi virus sehingga bermanfaat untuk penanggulangan dan pencegahan infeksi ini ke depannya.

Tahapan Genome Sequencing Covid 19 Adalah

Arti kata genome atau genom sendiri adalah informasi genetik yang ada dalam sel.

Pada umumnya, metode identifikasi virus Covid-19 ada empat tahap yaitu:

Pertama, pemotongan DNA (sharing) pada bagian molekuler DNA virus menjadi bagian lebih kecil agar mesin pengurut DNA dapat membacanya.

Kedua, pengodean DNA (barcoding) memberikan kode atau sejenis barcode untuk mempermudah proses identifikasi.

Ketiga, whole genome sequencing, memasukkan DNA beberapa sampel virus ke dalam sebuah alat (whole genome squencer) untuk melacak barcode agar terdeteksi asal kepemilikan DNA.

Keempat, analisis data dengan membandingkan urutan DNA virus dan mengidentifikasi perbedaannya. Proses inilah yang memberikan informasi bagaimana tingkat kedekatan dan kekuatan jenis virus tertentu untuk menimbulkan gejala yang sama pada manusia.

Adakah Varian Baru Virus Corona?

Beberapa waktu lalu varian baru virus Corona penyebab Covid-19 teridentifikasi di Inggris sudah ditemukan di Indonesia.

Dua kasus mutasi virus Corona tersebut terdeteksi setelah memeriksa sekitar 462 virus SARS-CoV-2 yang beredar di Indonesia dalam beberapa bulan terakhir.

Varian baru ini adalah B117 dan B1351. B117 dari Inggris dan yang lainnya dari Afrika Selatan. Sedangkan satu varian virus Corona lainnya adalah yang pertama kali teridentifikasi di Brazil atau P1.

Kementerian Kesehatan mengatakan WHO telah meminta untuk mewaspadai setidaknya tiga virus Corona tersebut yang bermutasi.

Mutasi kemungkinan sudah banyak sekali terjadi, namun khusus yang tiga ini harus dimonitor secara terus menerus.

Genome Sequencing Covid 19 Adalah

Apabila semakin banyak orang yang terinfeksi oleh virus SARS-CoV-2, apalagi oleh varian-varian baru yang muncul, maka semakin tinggi kemungkinan virus bereplikasi dalam sel tubuh manusia yang berpotensi meningkatkan kemungkinan munculnya varian baru lainnya.

Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, data dari sampel pasien Indonesia, memiliki banyak manfaat pada penelitian epidemiologi nantinya yang misalnya terkait dengan bagaimana evolusi dan penyebaran virus. Bahkan juga bermanfaat terhadap pengembangan vaksin dan obat antivirus.

Genome sequencing Covid 19 adalah sebagai bagian riset yang salah satunya dapat melacak rute transmisi virus atau mengetahui asal virus yang ada di Indonesia.

Rute transmisi tersebut nantinya juga bisa terdeteksi yang sekaligus juga menentukan cepatnya virus beradaptasi ketika menyebar di Indonesia.

Bila melakukan genome sequencing maka kemungkinan Indonesia dapat memperoleh gambaran dan sebaran virus pada tiap propinsi begitu pula dapat mencakup kemungkinan adanya varian baru akibat adanya proses mutasi.

Indonesia terus melakukan penelitian genome sequencing sebagai respons akibat munculnya varian baru dari Inggris yang telah beredar pada banyak negara.

Pada tahun 2021 ini Eijkman menargetkan sequencing terhadap 5.000 virus yang nantinya akan membantu memberikan informasi secara molekuler tentang peredaran virus di Indonesia.

Lembaga ini tidak hanya membatasi studinya pada virusnya saja. Namun juga latar belakang virus-virus yang akan dikaitkan dengan genetik orang Indonesia.

GSI Lab dengan Fasilitas Lengkap

Metode genome sequencing Covid 19 adalah metode yang dapat berguna untuk mendeteksi ada tidaknya varian baru virus Corona penyebab Covid-19.

Jadi, jika seseorang terdeteksi positif Covid-19, GSI Lab dapat melakukan genome sequencing untuk melihat apa varian virus Corona yang telah menyebabkan Anda menderita Covid-19.

Jangan tunda untuk melakukan tes-tes tertentu saat Anda kontak dengan penderita covid 19, misalnya tes swab antigen.

GSI Lab ini juga bisa melakukan tes PCR covid dengan tingkat keakuratan yang sangat baik dan lebih hemat biaya yakni Rp. 699.000. Daftar saja via online. Praktis dan Hemat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *