Mungkin makanan mewah ini banyak digemari karena rasa dan teksturnya yang unik. Makanan bernama foie gras, ini cukup populer di berbagai belahan dunia. Dilafalkan ‘fwah-grah’ ini terbuat dari hati bebek dan angsa. Meskipun hati angsa atau foie gras ini memiliki nutrisi baik. Namun, ketika dikonsumsi secara sembarangan memiliki efek samping yang buruk pada kesehatan.

Foie gras makanan yang cukup terkenal untuk daerah Eropa khususnya Prancis. Makanan ini termasuk makanan yang cukup ekstrim karena proses pembuatannya. Karena dibuat dari hati angsa yang secara sengaja digemukan dengan pakan khusus.

Meski terasa lezat dan memiliki tekstur lembut, hati angsa sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Dalam artikel ini kita mengulas berbagai efek yang ditimbulkan dari konsumsi foie gras secara berlebihan. Apa saja hal tersebut? mari simak ulasannya!

Kandungan nutrisi dalam Foie Gras

[sumber gambar]
Menurut dr. Devia Irene Putri, foie gras memiliki kandungan vitamin A, zat besi, dan sumber lemak. Setiap mengkonsumsi makanan ini memiliki kandungan sembilan asam amino, yang baik bagi fungsi otot. Selain itu hidangan dari hati angsa ini memiliki beragam mineral di dalamnya sehingga sangat bermanfaat untuk mengaktifkan ratusan reaksi enzim dalam tubuh.

Efek samping dari konsumsi hati angsa

Meskipun kandungan nutrisi yang dimiliki hati angsa luar biasa dan bermanfaat bagi tubuh. Nyatanya ada beberapa dampak buruk bagi kesehatan ketika mengkonsumsi foie gras secara berlebihan. Menurut dr. Devia, ketika konsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti begah dan mual. Ini dikarenakan makanan ini memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga membutuhkan waktu untuk dapat dicerna oleh tubuh.

[sumer gambar]
Selain itu kalori tinggi dalam foie gras yang dikonsumsi secara sering dapat meningkatkan masalah berat badan. Masalah ini juga dapat menjadikan risiko obesitas semakin tinggi. Untuk wanita hamil atau orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah seperti masalah imun, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan ini.

Karena orang-orang tersebut rentan terhadap infeksi, sebab pada umumnya foie gras diolah dengan memasak dalam suhu rendah. Bahkan beberapa foie gras disajikan dalam keadaan mentah (raw). Ini dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko gejala kreacunan makanan bagi sebagian orang.

Maka dari itu ketika mengkonsumsi foie gras dianjurkan untuk mengetahui batasan yang tepat. Makanan ini juga lebih baik dihindari jika memiliki beberapa kondisi medis tertentu atau yang memiliki aturan pola makan yang ketat. Atau anda bisa konsultasikan diri ke dokter jika merasa ragu apakah cocok untuk mengkonsumsi jenis makanan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *