Penularan covid-19 saat ini terjadi secara global dan bersaling silang antar kota hingga negara. Bisa jadi virus ini telah ada di sekitar kita tanpa diketahui. Belum lagi penularan varian baru yang tergolong cukup cepat dan tinggi membuat khawatir.

Banyak di antara kita merasa bingung dan ragu kapan waktu yang tepat untuk melakukan swab test Swab atau PCR test kita perlukan untuk memastikan apakah kita sudah terpapar virus tersebut. Meski bikin gentar bagi sebagian orang, hal ini perlu dilakukan untuk mencegah penularan lebih luas atau gejala yang lebih parah.

Agar tidak bingung dan galau, ini beberapa waktu dan situasi di mana kita perlu melakukan swab test.

Saat merasa muncul gejala

ketika terasa gejala flu [sumber gambar]
Kita harus mampu mengenali terlebih dahulu gejala yang ditunjukan jika terinfeksi covid-19. Gejala yang ditimbulkan hampir serupa flu, atau bisa jadi lebih berat. Seperti sesak nafas, hilangnya indra penciuman dan pengecap, merasa mudah lelah, sampai diare. Jika kita merasa gejala tersebut dan ingin memastikan, maka segerakan melakukan swab test.

Melakukan perjalanan

berpergian menggunakan pesawat [sumber gambar]
Saat ini PCR test menjadi hal yang wajib kita lakukan ketika hendak berpergian. Pemerintah sendiri telah memberikan surat edaran Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman  terhadap covid-19. Setiap orang yang hendak menggunakan transportasi darat maupun udara, wajib membawa surat pernyataan negatif covid-19. Kalau merasa perlu keluar kota atau memiliki intensitas keluar rumah yang cukup tinggi, maka alokasikan waktu untuk swab test.

Ketika setelah berada atau menghadiri kerumunan

kerumunan di pasar [sumber gambar]
Tak terhindarkan buat sebagian orang untuk berada di kerumunan. Misalnya harus bekerja di pusat keramaian, menghadiri rapat, pernikahan, melakukan pelayanan masyarakat dan lain sebagainya. Semakin tinggi pula kemungkinan untuk terpapar covid-19. Penggunaan masker dan jaga jarak memang menjadi aspek penting dalam pencegahan diri kita terinfeksi covid-19. Setelah anda berada dalam situasi tersebut anda tetap disarankan melakukan swab test karna bisa jadi diri anda telah terpapar covid-19 tanpa anda ketehui.

Riwayat kontak dengan rekan yang positif

pertemuan kantor di saat pandemi [sumber gambar]
Bisa jadi kita sudah berusaha sebisa mungkin untuk protokol kesehatan, tapi ternyata sempat kontak dengan orang yang terdiagnosa positif Covid-19. Jika kita membutuhkan kepastian agar tidak resah, bisa melakukan swab test. Ada juga yang memilih untuk isolasi mandiri terlebih dahulu tanpa swab, semua kembali kepada pertimbangan kita.

Swab test saat ini menjadi salah satu kebutuhan penting dalam konteks pandemi. Sebagian masyarakat masih ragu untuk melakukannya, karena beragam isu yang hilir mudik di beragam WAG dan jejaring sosial. Tapi, perlu diingat bahwa tracing ini juga bisa mencegah penularan dan risiko kematian yang lebih luas. Jadi, mari membangun kesadaran untuk tes swab atau PCR test demi keselamatan dan kesehatan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *