Selama masa pandemi, banyak kegiatan jadi terbatas. Salah satunya konsultasi dengan dokter atau mengunjungi faskes.

Di saat pasien Covid-19 meningkat di Rumah Sakit, ini menyulitkan kita untuk berkonsultasi tatap muka dengan dokter. Ada beberapa hal yang dapat kamu ikuti ketika konsul dengan dokter secara online agar lebih efektif.

ilustrasi konsultasi bersama dokter online [sumber gambar]
Saat ini konsultasi secara online merupakan pilihan yang efektif agar meminimalisir penularan Covid-19. Konsultasi online dengan dokter biasa disebut juga sebagai telemedicine ada telemedis. Ini adalah sebuah layanan dalam bentuk komunikasi jarak jauh menggunakan teknologi telepon.

Metode ini memungkinkan pasien dan dokter dapat bertemu tanpa harus bertatap muka secara langsung. Banyak dari kita merasa bahwa hal ini tidaklah efektif, namun ada beberapa cara yang dapat anda lakukan agar konsultasi bersama dokter online menjadi lebih efetif.

Pastikan jaringan internet stabil

pastikan sinyal anda stabil [sumber gambar]
Sebelum memutuskan memulai konsultasi dokter online, pastikan bahwa jaringan internet stabil. Pastikan jumlah kuota mencukupi, dan bila perlu, pastikan pulsa telepon tersedia. Jaringan, data dan pulsa memang menjadi hal yang esensial dalam metode konsultasi secara online.

Pilih aplikasi yang sudah terpercaya

Di saat pandemi seperti sekarang, sudah banyak layanan telemedis bersama dokter di dalam dan luar negeri. Aplikasi konsultasi medis yang baik tentunya akan terasa dalam user experience atau pengalaman yang nyaman oleh penggunanya.

Pertama, di mana aplikasi memudahkan konsumen untuk secara efektif mengakses ke pilihan dokter atau farmasi yang dibutuhkan. Kedua, tidak terjadi banyak hambatan dalam komunikasi. Misalnya slow respon, mudah eror dan sebagainya.

Ketiga, ada rekam medik yang terjadi, sehingga apabila kita hendak berkonsultasi terkait penyakit yang sama dan dokter yang sama, ada riwayat yang bisa ditelusuri. Pastinya, juga mengandung kode etik, di mana data dan privasi pelanggan bisa terjaga secara aman,

Sampaikan gejala dengan jelas

Saat berkonsultasi secara online, penting untuk memaparkan dengan sedetail mungkin tentang penyakit yang kita alami. Ini akan mempertajam konsultasi dengan dokter online karena dokter tidak dapat memeriksa secara fisik. Sehingga bisa terhindar dari penanganan dan pemberian resep yang tidak akurat.

Bila perlu, kalau memiliki dokumen rekam medik dari lab atau foto (biasanya untuk organ dalam atau gigi), kita bisa menyertakannya.

Pertanyaan yang umum disampaikan oleh dokter yaitu: “Kapan gejala mulai dirasakan?, “Pada Jam berapa mulai terasa kambuh?”, “Berapa lama gejala terasa pada tubuh?” “Seberapa sering anda merasakan keluhan?”, “Apa anda merasa gejala semakin buruk atau membaik?”, dan “Apakah itu mengganggu aktivitas sehari-hari?”.

Jawablah semua pertanyaan tersebut dengan baik, sampaikan dengan jelas dan ringkas. Pemeriksaan medis dan fisik memberikan informasi yang berharga, namun gejala yang kita sampaikan, mengarahkan dokter pada diagnosa yang akurat.

Tanyakan obat yang diresepkan

[sumber gambar]
Ini juga merupakan step yang penting. Lihat resep yang kita dapatkan, dan bila kita cukup mengerti jenis obat apa itu, tapi ragu untuk penggunaannya, tanyakan pada dokter. Ini juga berlaku apabila obat yang diresepkan tidak ada, apa alternatif pengganti yang bisa kita beli.

Itulah beberapa cara agar konsultasi dengan dokter bisa maksimal. Termasuk, apabila kita merasa perlu ke RS, konsultasikan bagaimana prosedur yang aman. Sehat selalu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *