Selama pandemi tak jarang kita mudah merasa cemas, stress, khawatir, bahkan merasa depresi atau terkena gangguan mental. Pada kasus perasaan cemas, ini adalah perasaan yang umum muncul bagi banyak orang.

Untuk mengatasi perasaan cemas tersebut kita dapat mengonsumsi berbagai macam makanan sehat dalam ulasan berikut.

Perasaan cemas atau anxiety adalah kondisi yang umum terjadi secara global dan meningkat setelah pandemi Covid-19 mewabah. Sebagian besar orang mengalami dengan gejala yang bervariasi. Akan tetapi jika ada yang mengalami kecemasan selama 6 bulan bahkan lebih, bisa jadi itu merupakan gangguan kecemasan umum atau GAD (generalized anxiety disorder).

ilustrasi saat merasa cemas [sumber gambar]
Gejala yang muncul saat terkena GAD meliputi mental hingga fisik. Seperti rasa takut dan ketegangan berlebihan. Cemas secara terus menerus bahkan mudah marah terhadap kejadian atau masalah sehari-hari.

Saat bekerja atau beraktivitas akan sulit untuk berkonsentrasi, bahkan akan berpengaruh pada masalah personal sampai sosial. Berbagai masalah fisik juga dapat timbul pada orang yang mengalami kecemasan seperti jantung berdebar, ketegangan otot, hingga perasan sesak. Cara mengatasi kecemasan sendiri bisa dilakukan dengan konsultasi pada ahli atau profesional. Tapi bila masih bisa kita atasi sendiri, beberapa makanan ini bisa membantu.

Dark Chocolate

Cokelat hitam sebagai penghilang kecemasan [sumber gambar]
Banyak ahli mengatakan bahwa dark chocolate atau cokelat hitam dapat membantu mengurangi kecemasan hingga stres. Pada sebuah penelitian pada tahun 2014 menemukan dalam 40 gram cokelat hitam ternyata menunjukkan support positif pada kondisi siswi perempuan.

Bahan utama pada cokelat hitam yaitu kakao disebut dapat meningkatkan suasana hati. Walaupun studi ini masih bersifat observasional yang hasilnya perlu ditafsirkan dengan hati-hati, cokelat hitam banyak dan terbukti memperbaiki mood seseorang secara umum. Kerap kali cokelat diolah menjadi minuman hangat, dingin atau dessert sebagai comfort food.

Kandungan flavonoid pada cokelat hitam meningkatkan aliran darah, dan tripofan yang disebut meningkatkan suasana hati sehingga terhindar dari kecemasan.

Teh hijau

Teh hijau mampu redakan kecemasan [sumber gambar]
Minuman yang nikmat diminum sewaktu bersantai ini juga mampu menghilangkan kecemasan. Teh hijau memiliki kandungan asam amino yang tinggi. Pada teh hijau memiliki asam amino jenis L-theanine ini memiliki efek menenangkan tubuh.

Agar lebih optimal, sadari kondisi saat minum teh. Hempaskan pikiran lainnya, nikmati suasana saat itu dan teh hijau yang kita miliki. Fokus dengan pikiran dan kesadaran penuh bahwa kita sedang minum teh, tanpa memikirkan hal lain. Ini membantu kita menjadi lebih tenang dan sementara lepas dari tekanan atau stres yang melanda.

Ketika tubuh kita merasakan rileks, maka dapat terhindar dari perasaan cemas atau stress. Penelitian membuktikan teh hijau sebanyak 200 mg yang diberikan sebelum ujian meringankan kecemasan pada murid-murid.

Telur

Telur baik untuk kinerja otak agar terhindar dari kecemasan [sumber gambar]
Siapa yang menyangka jenis makanan yang murah dan mudah ditemui ini ternyata juga dapat menghilangkan kecemasan. Telur memiliki vitamin B yang dibutuhkan otak agar kinerjanya dapat maksimal.

Banyak orang menjadikan telur mata sapi, nasi dan kecap sebagai comfort food mereka saat sedang demotivasi, kurang enak badan atau ingin bersantai. Meski sederhana, nyatanya menu ini juga cukup membantu mengembalikan energi dan kesadaran yang sempat turbulensi.

Vitamin B kompleks memang dapat membantu improvement pada saraf, sehingga mencegah merasa kebingungan, dan kecemasan. Sebab itu ada baiknya kita konsumsi telur secara rutin, namun tidak terlalu berlebihan.

Ikan

ikan dapat mencegah kecemasan [sumber gambar]
ikan selain membantu menjaga fungsi kognitif pada otak, ikan yang mengandung omega-3 tinggi adalah salah satu cara meredakan kecemasan.

Terbukti pada sebuah studi di Ohio State University mengungkapkan bahwa pada murid-murid yang diberikan suplemen omega-3, terjadi penurunan kecemasan sebesar 20 persen. Bila kita adalah pekerja yang rentan mengalami tekanan atau banyak berpikir, konsumsi ikan secara rutin dapat membantu mengimbangi kondisi harian kita.

Beberapa contoh ikan yang memiliki omega-3 tinggi adalah ikan berlemak, seperti mackarel, sarden, salmon, dan lain-lain. Agar tidak bosan, ikan bisa diolah dengan cara digoreng, grill, atau menjadi isian nasi kepal dan side dish makanan lain.

Jeruk

jeruk dapat meredakan kecemasan [sumber gambar]
Buah yang kaya akan vitamin C ini ternyata juga baik dalam menghilangkan rasa cemas. Selain meningkatkan daya tahan tubuh kandungan vitamin C pada jeruk juga dapat mengurangi kecemasan.

Selain kandungannya, buah jeruk, lemon, dan sejenis citrus lainnya, memiliki aromatik yang memantik energi dan semangat. Memberikan efek semangat yang segar dan bersih. Jika kita sedang jenuh, coba konsumsi minuman jeruk, buah atau salad yang mengandung jeruk.

Buah yang mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau ini dapat dijadikan olahan jus, kue, atau tambahan pada berbagai olahan makanan. Selain itu, juga bisa menjaga imunitas. Namun, bagi yang memiliki maslaah lambung, jeruk bisa digantikan dengan alternatif lainnya, seperti pepaya atau pisang.

Pikiran tetap kita yang mengendalikan. Makanan di atas hanya bersifat booster. Perlu diketahui bahwa seringkali, yang kita cemaskan belum tentu terjadi dan apa yang sedang terjadi, nantinya akan tetap bisa kita lalui.

Yang penting, jangan biarkan cemas menguasai. Lakukan self control, relaksasi, latihan nafas, meditasi atau bahkan olahraga, untuk melepaskan ketegangan. Jika perlu, hubungi ahlinya untuk melakukan konsultasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *