Selain menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun, upaya lain terus diusahakan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan melakukan vaksinasi. Ketika mendapatkan vaksin, efek yang ditimbulkan tentu saja berbeda-beda pada setiap orang.

Ini semua tergantung pada kondisi dan kesehatan tubuh seseorang. Namun, pada umumnya yang akan dirasakan adalah pegal di bagian suntikan hingga demam. Ada beberapa cara agar tubuh tetap fit setelah vaksin.

Kita dapat mengonsumsi berbagai makanan berikut agar tubuh tetap fit setelah vaksin Covid-19. Apa saja makanan tersebut? Yuk, simak ulasan berikut!

Konsumsi makanan kaya vitamin C

[sumber gambar]
Vitamin C terbukti ampuh meningkatkan sistim kekebalan tubuh. Ada beragam makanan seperti sayur dan buah yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, lemon, brokoli, dan lain-lain. Kamu juga bisa mengonsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen untuk mencukupi dosis harian pada tubuh. Usahakan untuk tetap mengonsumsi dalam batas wajar, atau bisa juga konsultasikan dahulu pada dokter untuk mendapatkan takaran yang tepat.

Kunyit

[sumber gambar]
Salah satu bahan tradisional ini dianjurkan untuk dikonsumsi setelah mendapatkan vaksin Covid-19. Hal ini dikarenakan rempah seperti kunyit memiliki sifat anti inflamasi. Sifat ini bisa membantu mengatasi masalah peradangan pada tubuh kita. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya. Rempah ini dapat diolah menjadi berbagai makanan atau minuman.

Ikan dengan kandungan omega-3

[sumber gambar]
Selain rempah, beberapa jenis lauk seperti ikan juga bisa memberi efek anti inflamasi dan peradangan. Ini dikarenakan ikan dengan omega-3 juga bisa menghasilkan sifat tersebut. beberapa contoh jenis ikan yang dapat dikonsumsi setelah mendapat vaksin, yakni salmon, sarden, mackerel, teri, dan herring.

Minum air putih

[sumber gambar]
Selain konsumsi berbagai makanan yang disebutkan tadi, kita juga dianjurkan untuk minum air putih yang cukup. Karena, setelah vaksinasi kita juga harus tetap terhidrasi dengan baik. Baik itu sebelum, ataupun setelah vaksin. Karena itu, sebaiknya membawa air minum sendiri saat berangkat ke tempat vaksin, mengingat kemungkinan akan antre.

Selain keempat makanan dan cairan di atas, upayakan untuk sarapan sebelum vaksinasi. Hal ini dapat mencegah biasnya hasil screening dan mengisi tenaga sebelum mengantre di lokasi vaksin. Ada juga beberapa hal yang perlu kita ingat bahwa vaksin bukanlah obat dari virus Corona. Namun, vaksin adalah pembentuk kekebalan tubuh agar tidak mudah terinfeksi virus Corona ataupun mengalami keadaan parah saat terpapar.

BACA JUGA: Memastikan Buah Hati Aman di Tengah Risiko Covid-19 Saat Pembelajaran Tatap Muka

Perlu diingat untuk tetap menggunakan masker setelah vaksinasi. Kemudian meski sudah mendapat vaksin jangan meninggalkan protokol kesehatan lain seperti mencuci tangan dan menjaga jarak. Usahakan juga untuk tidak berada pada kerumunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *