Banyak mengenal manfaat kacang hijau membuat kita jadi senang mengonsumsi bahan makanan yang satu ini. Namun demikian, tetap ketahui juga dampak negatif lainnya bagi beberapa kondisi tertentu.

Ya, mengonsumsi bahan alami atau makanan-makanan berjenis super food memang tidak selalu berdampak sehat. Lagi-lagi kita perlu mengenali tubuh sendiri dan bagaimana kemungkinannya bagi kondisi kesehatan. Sebagai contoh adalah kacang hijau yang ternyata bisa bereaksi tertentu di tubuh saat mengonsumsi obat atau bila terlalu banyak jumlah yang kita makan.

Pada kesempatan ini kita akan membahas manfaat kacang hijau, tetapi juga sekalian dengan efek sampingnya. Bila ingin mendapatkan manfaat yang maksimal, mari simak ulasan berikut ini.

Manfaat kacang hijau untuk cegah anemia

ilustrasi anemia
Sumber gambar

Anemia atau kekurangan sel darah merah bisa menyebabkan berbagai gejala. Di antaranya adalah pusing kunang-kunang, seperti berada di dalam lift, mudah merasa lelah, bangun tidur kepala seperti berputar dan masih banyak lagi. Kemungkinannya adalah anemia atau tekanan darah rendah. Kondisi ini bisa terjadi saat asupan nutrisi tidak seimbang atau karena menjelang menstruasi, sedang menstruasi, baru melahirkan, pendarahan atau operasi.

Kacang hijau bisa menjadi salah satu makanan mudah untuk kita konsumsi. Sebab bahan ini memiliki kandungan zat besi alami dan mudah kita buat menjadi makanan, minuman atau ambil saripatinya saja. Selain memberi nutrisi, juga cukup mengenyangkan bagi mereka yang pada saat anemia kurang bisa mengonsumsi banyak asupan.

Baik bagi ibu hamil dan wanita keseluruhan

Kacang hijau merupakan bahan pangan yang perlu perempuan konsumsi secara rutin. Kandungan folat dalam biji-bijian ini bisa membantu mereka yang sedang promil, menyusui atau sekedar memenuhi asupan gizi. Folat memiliki banyak manfaat bagi ibu dan janin atau busui. Sebab bisa membantu perkembangan janin dan mencegah permasalahan cacat saraf pada pertumbuhan si kecil.

Sedangkan bagi ibu atau perempuan pada umumnya, folat baik bagi kualitas reproduksi. Sebab dapat membantu menguatkan sel telur, menjaga kesuburan dan kekuatan kandungan. Karenanya, meski sedang tidak dalam program hamil atau menyusui, tetap perlu mengonsumsi kacang hijau.

Membantu diet dan perbaikan gizi

ilustrasi diet
Sumber gambar

Kacang hijau banyak mengandung vitamin dan mineral penting. Selain itu, terdapat serat baik yang bagus untuk pencernaan. Manfaat ini sangat kita perlukan bila sedang melakukan program perbaikan pola makan atau diet. Pengaturan pola makan biasanya perlu bagi mereka yang sedang pemulihan atau menurunkan berat badan.

Kacang hijau bisa kita olah menjadi bubur, cemilan, minuman atau ambil sarinya sehingga mendapatkan khasiat terbaik. Selain membuat lebih mudah kenyang sehingga nafsu makan terkontrol, juga melancarkan buang air besar dan memenuhi asupan gizi yang tubuh perlukan.

Manfaat kacang hijau sebagai menu sarapan cepat

Sering bingung mau sarapan apa? Kacang hijau ternyata bisa menjadi alternatif sarapan yang ideal. Bisa menjadi bubur, campur dengan oatmeal, minuman setup dan banyak lagi variasi lainnya. Kandungan gizinya cukup lengkap, tidak kalah dengan telur. Selain itu lengkap dengan serat, mengenyangkan dan penyajiannya sangat mudah.

Bila kita termasuk yang sangat memperhatikan kalori makanan saat sarapan dan mindful eating, cobalah untuk mengonsumsi kacang hijau sebagai variasi menu pagi hari.

Mencegah lonjakan kolesterol

Kacang hijau merupakan jenis biji-bijian dengan serat yang baik sebagai menu diet. Namun juga menjadi makanan yang memiliki kemampuan mengendalikan kolesterol karena serat tersebut. Ada juga kalium dan potasium dalam jumlah terbatas yang bisa menjaga kesehatan kinerja jantung serta pembuluh darah.

Meski demikian, bukan berarti kita bisa tetap makan dengan sembarangan dan mengatasi kelebihan lemak serta kolesterol dengan konsumsi kacang hijau. Tubuh menyukai pola yang rutin dan teratur, sehingga sebaiknya kita tetap menjaga asupan sebagaimana mestinya. Kacang hijau hanya merupakan salah satu variasi bahan makanan yang perlu kombinasi dengan makanan lain agar bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Menjaga fungsi penglihatan

ilustrasi masalah penglihatan
Sumber gambar

Kacang hijau memiliki kandungan karotenoid yang bisa membantu menurunkan risiko degenerasi makula. Yakni menurunnya kualitas penglihatan yang menyebabkannya kabur. Umumnya degenerasi makula terjadi pada mereka yang sudah berusia di atas 50 tahun atau memasuki lanjut usia.

Meski demikian, tidak ada salahnya bagi yang masih muda untuk mengonsumsi kacang hijau sebagai rutinitas atau variasi penunjang gizi. Sebab kini banyak generasi anak-anak, remaja hingga dewasa awal yang sudah berkutat dengan gadget seharian. Tentunya dengan konsumsi kacang hijau bisa membantu menjaga kekuatan mata dalam menghadapi paparan blue light atau sinar dari smartphone maupun layar komputer.

Manfaat kacang hijau untuk mencegah kanker

Biji penghasil kecambah ini memiliki kandungan klorofil yang juga baik untuk kesehatan. Sebab, zat ini bila kita gunakan dalam dosis yang tepat, bisa membantu menjadi anti oksidan yang melawan sel-sel pembentuk kanker.

Dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung pengawet atau hal-hal yang memicu efek karsinogenik ke dalam tubuh (merokok, alkohol, konsumsi makanan instan atau yang dibakar, radikal bebas dan sebagainya), serta mengimbangi dengan konsumsi makanan jenis ini, bisa membantu mencegah pembentukan sel kanker.

Kenali efek sampingnya

Selain mengetahui beragam manfaatnya, tak lupa kita perlu mengetahui efek samping dari konsumsi kacang hijau. Normalnya bila kita konsumsi dengan wajar, zat makanan ini tidak akan menimbulkan dampak buruk. Namun, bila sedang mengonsumsi obat dengan kandungan tertentu, mungkin dapat menyebabkan perut terasa mulas atau mengalami diare.

Sedangkan bila terlalu banyak konsumsi kacang hijau, juga bisa menyebabkan penumpukan gas di dalam perut. Oleh sebab itu, tetap seimbangkan asupan kita dengan variasi makanan sehat lainnya, olahraga dan cukup air putih. Dengan demikian akan terhindari dari efek buruk makanan serta mendapat efek baiknya secara maksimal.

Mengenal manfaat baik kacang hijau, semoga bisa membuat kita semakin variatif dalam mendapatkan asupan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Selain manfaat di atas, sebenarnya masih banyak lagi khasiat yang bisa kita rasakan.

BACA JUGA: 6 Manfaat Beras Merah yang Lebih Baik dari Nasi Putih

Di antaranya mengendalikan diabetes, memperlancar pencernaan, membuat regenerasi sel kulit lebih baik dan masih banyak lagi. Semua juga tergantung dari bagaimana kondisi tubuh individu. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *