Banyak manfaat senam irama bagi jiwa dan raga, karena itu jangan lewatkan bila mendapat ajakan kegiatan ini. Senam irama adalah salah satu bentuk olahraga yang terstruktur dari pemanasan, inti dan peregangannya.

Selain itu, kita bisa mendengarkan irama yang membangun semangat. Meski kita tidak selalu menyukai lagunya, namun ketika melakukannya sambil bergerak, membawa sensasi menyenangkan bagi tubuh. Hal ini karena pada dasarnya kita sedang berolahraga, namun gerakannya mirip seperti sedang menari.

Senam irama adalah salah satu media bergerak yang tak harus teknikal seperti tari profesional, tapi dengan ketepatan gerakan bisa membuat tubuh sehat. Nah, apa lagi ya manfaat senam irama? Simak pembahasannya berikut ini.

Manfaat senam irama untuk kekuatan otot

ilustrasi senam irama
Sumber gambar

Sebagai sarana bergerak aktif, senam irama bisa membantu kita melatih kekuatan dan ketahanan otot. Hal ini perlu bagi siapapun, baik usia muda maupun dewasa dan menuju lansia. Senam yang sifatnya komprehensif semacam ini pasti mengandung gerakan bertumpu, sehingga badan kita akan terlatih menahan beban.

Tentunya ini bermanfaat bagi kita melakukan kegiatan sehari-hari, misalnya mengangkat sesuatu yang berat atau berada di posisi tertentu dengan durasi yang lama. Selain itu, hal ini membantu membentuk massa otot juga.

Melatih ketangkasan dan keseimbangan

Perubahan gerak dalam senam irama, membuat kita terlatih dalam hal ketangkasan dan keseimbangan. Karenanya sejak kecil, sebenarnya senam irama sudah banyak kita pelajari dari gerakan yang sederhana. Bagi anak-anak, ini sangat baik bagi masa pertumbuhan mereka. Sedangkan bagi orang dewasa, hal ini akan sangat membantu di usia produktif.

Apalagi bagi mereka yang rata-rata aktivitasnya banyak duduk di depan komputer sepanjang hari. Secara tak langsung hal ini membuat kita minim bergerak dan memudarkan kemampuan untuk lebih lincah.

Meningkatkan kemampuan koordinasi

ilustrasi senam
Sumber gambar

Ketangkasan bergerak juga berkaitan dengan kemampuan otak menginstruksi ke seluruh tubuh. Kemampuan berkoordinasi seperti ini mungkin terkesan sepele, namun bila rutin melakukannya, kita juga sedang melatih untuk optimalisasi kapasitas koordinasi antara otak, saraf persendian hingga nafas yang digunakan.

Sejak kecil hingga tua nanti, kita akan sangat memerlukan kemampuan ini. Karenanya akan sangat baik bila kita memelihara kemampuan tersebut sejak masih dini. Latihan koordinasi bisa membuat kita berpikir taktis, meningkatkan memori dan mengurangi kelambatan saat berpikir.

Manfaat senam irama memelihara mood

Dalam tubuh yang sehat, bisa menciptakan mood yang baik pula. Namun ada kalanya kita kehilangan suasana hati tersebut karena satu dan lain hal. Memasukkan aktivitas senam irama dalam rutinitas bisa membantu mengembalikan hal tersebut.

Dalam senam irama, membantu kita mengekspresikan diri lewat gerakan dan menyalurkan energi. Secara tidak langsung, membantu menurunkan level stres, mencegah rasa cemas dan meningkatkan rasa optimis. Peredaran darah lebih lancar sehingga tubuh tidak mudah lelah dan senantiasa bersemangat.

Menjaga kekuatan jantung dan paru-paru

Senam irama hampir sama dengan kardio, di mana gerakannya membantu kita melatih irama jantung serta nafas. Tentunya, lakukan dengan gerakan yang tidak berlebihan, tapi juga tetap bertenaga, sehingga kita bisa merasakan kalori terbakar, berkeringat dan degup jantung sedikit lebih cepat.

Hal ini menunjukkan bahwa tubuh kita sedang latihan kardio. Bila bosan dengan jogging, bersepeda atau berenang, opsi senam irama ini bisa menjadi alternatif. Paru-paru dan jantung kita memiliki ritme yang harmonis dan dapat mengalami gangguan irama ataupun kondisi lainnya. Salah satu cara memeliharanya adalah dengan berolahraga.

Menurunkan potensi insomnia

ilustrasi insomnia
Sumber gambar

Istirahat adalah hal yang penting, namun di masa sekarang ini cukup banyak orang yang mengalami permasalahan sulit tidur. Istilah lainnya adalah insomnia. Senam irama bisa membantu menurunkan kecenderungan kondisi ini bila kita memilikinya.

Efek dari senam irama adalah mengolah energi yang ada di dalam tubuh, sehingga metabolisme dan ritme sirkadian tubuh bisa kembali ke kondisi awalnya. Dengan ritme sirkadian yang sesuai, bisa membuat tubuh mengenali jam istirahatnya dan mudah untuk tidur.

Tak hanya itu, bila kita sering mudah mengantuk, senam irama ini bisa membantu menjaga ritme jantung, metabolisme dan sistem peredaran darah. Tentunya ini akan membawa oksigen dengan lebih baik ke seluruh tubuh, sehingga tidak mudah mengantuk atau kehilangan semangat

Manfaat senam irama untuk menjaga bentuk tubuh

Membentuk massa otot memang lebih banyak bisa kita lakukan dengan latihan beban. Namun senam irama juga membantu kita untuk membakar kalori, sehingga tidak terjadi penumpukan lemak dalam tubuh. Hal ini baik bagi mereka yang sedang ingin menuju berat badan ideal dan menjaga bentuk tubuh.

Bisa dilakukan di mana saja, kapan saja

Senam irama sama halnya dengan kebanyakan olahraga seperti aerobik, jogging atau yoga. Kita bisa melakukannya secara individu maupun berkelompok, di studio senam, lapangan, halaman rumah atau bahkan di dalam rumah bila memungkinkan. Tidak hanya menyehatkan jasmani, namun juga membangun suasana hati dan pikiran yang lebih optimis.

BACA JUGA: 7 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Secara Alami

Ada banyak sekali alternatif olahraga yang hemat dan menyenangkan, tapi tetap bisa menyehatkan. Dengan mengetahui benefit di atas, semoga bisa menjadi motivasi untuk melakukan senam irama dengan konsisten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *