Perlu jaga kesehatan, berarti harus tahu juga manfaat vitamin B Complex bagi tubuh. Apa saja, ya?

Manfaat vitamin B Complex bagi tubuh manusia itu sangat penting karena menjaga kesehatan dari dalam. Vitamin B Complex merupakan jenis vitamin yang larut dalam air sehingga waijb jadi perhatian. Kemantapan zat gizi bahan pangan vitamin ini mudah rusak dan mudah hilang dalam proses pengolahan, padahal salah satu fungsi yang paling penting dari vitamin B Complex adalah penggunaannya dalam proses metabolisme tubuh.

Sebenarnya, vitamin B Complex adalah satu vitamin yang terbentuk dari beberapa nutrisi yang berbeda. Kumpulan vitamin ini memiliki manfaat vitamin B Complex yang memiliki guna tertentu dalam tubuh kita.

Beragam manfaat vitamin B Complex bagi manusia

ilustrasi wanita mendapatkan manfaat vitamin b complex
Sumber gambar

Tak kenal maka tak sayang. Kalau ingin jaga kesehatan, kenali manfaat vitamin B Complex mulai sekarang. Kira-kira apa saja, ya?

Vitamin B1 atau yang disebut dengan Thiamin

Vitamin B1 merupakan vitamin yang diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi. Makanan yang merupakan sumber vitamin B1 adalah serealia, seperti beras dan gandum, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, daging unggas, ikan dan kuning telur.

Kekurangan vitamin B1 bisa mengakibatkan kondisi polyneuritis yang disebabkan oleh terganggunya transmisi saraf akibat kekurangan energi. Gejala kekurangan vitamin B1 adalah hilangnya nafsu makan, terjadi gangguan pencernaan sampai menurunnya berat badan secara drastis. Selain itu, kekurangan vitamin B1 juga dapat menyebabkan penyakit beri-beri hingga gagal jantung.

Anjuran rekomendasi harian vitamin B1 adalah 1,1 mg untuk wanita dengan usia lebih dari 18 tahun. Sedangkan untuk ibu hamil dan sedang menyusui, jumlah vitamin B1 yang dibutuhkan adalah sejumlah 1, 5 mg dan 1,2 mg untuk laki-laki usia di atas 14 tahun.

Vitamin B2 disebut juga dengan Riboflavin

Vitamin B2 atau Riboflavin berfungsi sebagai komponen koenzim Flavin Adenin Dinukleotida (FAD) dan Flavin Mononukleotida (FMN) yang berperan untuk mencegah penyumbatan darah, pembentukan energi dan memecah makanan menjadi zat gizi. Selain itu, Vitamin B2 juga untuk meningkatkan imunitas tubuh, mengatasi jerawat, nyeri otot dan sindrom terowongan karpal.

Riboflavin sendiri terdapat dalam berbagai sumber bahan makanan baik hewani maupun nabati, misalnya saja di dalam susu, keju, daging dan sayuran berwarna hijau. Kekurangan riboflavin bisa mengakibatkan anemia, bibir pecah-pecah dan kulit kering.

Anjuran asupan vitamin B2 harian adalah 1,3 mg untuk laki-laki dan 1,1 mg untuk perempuan. Sedangkan untuk perempuan dalam kondisi hamil, membutuhkan asupan vitamin B2 sebanyak 1,4 mg per hari dan 1,6 mg per hari bagi ibu menyusui.

Vitamin B3 atau juga bernama Niasin (Asam Nikotinat)

Vitamin B3 berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin ini bisa Anda dapatkan dari konsumsi daging ayam, ikan, hati dan kacang tanah. Kekurangan vitamin B3 bisa mengakibatkan sakit tenggorokan, lidah juga mulut, serta terjadi dermatitis yang sangat khas yaitu simetrik terutama pada bagian badan yang tidak tertutup seperti tangan, kaki dan leher.

Gejala umum yang terjadi apabila kekurangan vitamin B3 ini adalah diare, peradangan membran mukosa serta gangguan fisik dan mental. Anjuran asupan vitamin B3 untuk perempuan adalah sebanyak 14 mg, sementara untuk laki-laki membutuhkan asupan vitamin B3 sejumlah 16 mg.

Manfaat vitamin B Complex lainnya bagi tubuh

ilustrasi vitamin b
Sumber gambar

Manfaat vitamin B Complex lainnya bagi tubuh adalah vitamin B5 atau Asam Pantotenat. Zat ini berperan sebagai koenzim A yang merupakan salah satu elemen utama dalam berbagai reaksi metabolisme sel.

Asam pantotenat sendiri terdapat di dalam hati, kuning telur, khamir, daging, ikan, unggas, serealia utuh dan kacang-kacangan. Kekurangan asam pantotenat menyebabkan rasa tidak enak pada saluran cerna, kesemutan dan rasa panas pada kaki, muntah dan diare.

Manfaat vitamin B5 dalam tubuh adalah untuk memecahkan karbohidrat dan lemak menjadi energi selain itu juga berperan penting dalam pembentukan hormon pertumbuhan. Sementara untuk anjuran asupan harian vitamin B5 yang direkomendasikan untuk usia 14 tahun ke atas adalah 5 mg.

Vitamin B6

Vitamin B6 juga merupakan salah satu dari sekian banyak manfaat vitamin B Complex bagi tubuh. Vitamin B6 terdapat dalam tiga bentuk, yaitu Piridoksin, Piridoksal dan Piridoksamin yang berperan untuk membantu proses metabolisme asam amino dan asam lemak, serta membantu pertumbuhan dan membantu pembentukan sel darah merah.

Sumber vitamin B6 adalah kecambah, gandum, hati, kacang-kacangan, kentang dan juga pisang. Kekurangan vitamin B6 bisa menimbulkan gejala-gejala yang berkaitan dengan gangguan metabolisme protein, seperti mudah lelah, badan lemas dan gangguan tidur. Anjuran asupan vitamin B6 sehari-hari adalah 1,3 mg tetapi jika sedang dalam kondisi hamil dan menyusui, maka dibutuhkan vitamin B6 yang lebih banyak sekitar 2 mg.

Vitamin B9

Vitamin B9 atau juga asam folat merupakan unsur penting bagi perkembangan sel-sel darah merah. Folat terdapat dalam sayuran hijau, hati, daging tanpa lemak, biji-bijian, kacang-kacangan dan jeruk.

Kekurangan asam folat bisa menyebabkan anemia, menghambat pertumbuhan dan gangguan saluran cerna. Asupan harian asam folat yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 400 mcg, ibu hamil 600 mcg dan ibu menyusui 500 mcg.

Vitamin B12

Sebagai salah satu manfaat vitamin B Complex, Vitamin B12 juga merupakan unsur penting untuk metabolisme tubuh. Tugasnya adalah memudahkan perkembangan sel-sel darah merah yang normal dan menjadi faktor anti anemia. Manfaat dari vitamin ini bagi tubuh adalah untuk menjaga kesehatan sel saraf dan pembentukan sel darah.

Sumber vitamin B12 bisa kita dapatkan dari hati, daging, ikan, unggas, kerang, susu dan juga telur. Salah satu gejala kekurangan vitamin B12 adalah anemia. Anjuran asupan vitamin B12 per hari adalah sebanyak 2,4 mcg sedangkan untuk ibu hamil dan menyusui adalah sebanyak 2,6 – 2,8 mcg per hari.

Manfaat vitamin B Complex itu baik bagi proses metabolisme tubuh manusia

ilustrasi metabolisme yang baik
Sumber gambar

Secara umum, manfaat vitamin B Complex dalam tubuh adalah untuk melancarkan proses metabolisme yang menggunakan energi dari makanan, serta memproduksi sel darah merah.

Selain itu, manfaat vitamin B Complex dalam tubuh juga sangat dibutuhkan untuk menjaga sistem saraf pusat, meningkatkan kesehatan kulit dan saraf serta memproduksi DNA dan membantu pertumbuhan tubuh.

Manusia juga sangat membutuhkan manfaat vitamin B Complex untuk mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Dalam mengkonsumsi vitamin B Complex perlu menyeimbangkan dengan cara mengkonsumsi vitamin dan nutrisi lainnya.

BACA JUGA: Waktu Terbaik Minum Vitamin Agar Khasiatnya Tidak Sia-sia

Satu lagi yang harus Anda perhatikan, meski vitamin memiliki efek yang baik bagi tubuh, namun konsumsi yang berlebihan tentu bisa memunculkan dampak negatif bagi tubuh kita. Untuk mendapatkan manfaat vitamin B Complex yang maksimal, minum atau makanlah dengan dosis yang tepat, sesuai kebutuhan harianmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *