Pandemi makin tidak terkendali. Apalagi dengan bermutasinya virus-virus menjadi lebih menular dan menambah berat risiko gejala. Oleh karena itu, kini disarankan menggunakan masker ganda.

Double masking atau masker ganda memberikan proteksi untuk melindungi paparan melalui hidung dan mulut. Kuncinya adalah pada kerapatan, bukan sekedar ketebalan. Karena jika masih ada celah meski sudah menggunakan 2 masker, maka terhitung masih berisiko.

Alasan perlu menggunakan masker ganda

Penularan yang lebih cepat, bahkan hanya saat berpapasan, merupakan salah satu penyebabnya. Jika kemarin semboyannya adalah ‘jangan turunkan masker ke dagu’, maka kini menjadi ‘gandakan masker yang kamu pakai’. Penularan varian baru corona saat berpapasan, sebagian besar menurut laporan di lapangan adalah karena tidak menggunakan masker atau tidak mengenakan dengan baik.

Penyaringan virus juga akan lebih baik dengan double masker. Efektivitasnya hingga 81%. Dibanding masker kain saja atau masker medis saja. Jika engap, kita bisa menggunakan penyangga masker atau masker KF94.

Virus yang terus bermutasi, membuat kita memerlukan proteksi ganda. Dr. Faheem Younus dalam edukasinya menyebutkan bahwa kita tidak perlu membuang uang untuk membeli vitamin dan booster. Lebih baik berinvestasi dengan membeli masker. Masker seperti KF94 atau KF 95 memang lebih mahal, tapi proteksinya memang lebih baik untuk mencegah masuknya virus, karena fit di wajah dan rapat.

Cara menggunakan masker ganda

Cara pertama bisa menggunakan masker kain di luar dan masker medis di dalam. Jika ingin lebih leluasa, kita bisa membeli mask holder sehingga membangun ruang nafas di dalam masker. Tapi, pastikan hal ini tidak membuat masker kita kehilangan kerapatannya.

Kedua, kita bisa menggunakan masker jenis KF94 atau 95 saja. Karena masker ini lebih fit, 4 lapis dan rapat di wajah. Namun, jika memang merasa perlu, kita bisa melapisi dengan masker medis anak di dalamnya.

Lalu, bagaimana dengan menggunakan dua masker sejenis bersamaan? Misalnya masker kain 2 lapis atau masker medis 2 lapis. Hal ini menurut beberapa sumber, agak kurang efektif. Dua jenis masker yang sama ini, memiliki potensi celah yang sama, sehingga fungsinya sama saja seperti menggunakan 1 masker.

Penggunaan masker yang tepat mungkin adalah hal yang terdengar sederhana. Tapi percayalah, hal ini bisa menyelamatkan kita dan lebih banyak orang dari paparan corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *