Pakai masker menjadi bagian hidup kita saat ini. Masker kain 3 lapis standar Who yang dianjurkan untuk saat ini. Sudah hampir sama dengan menggunakan helm untuk berkendara. Pun begitu, masih ada yang melanggarnya atau salah penerapannya. Oleh karena itu, ada kalanya digelar razia masker untuk mendisiplinkan dan mengedukasi masyarakat demi keselamatan bersama. 

Belakangan WHO mengevaluasi penggunaan masker dan memberikan anjuran pemakaian yang baru. Hal ini karena masih tingginya angka penularan dan kasus Covid-19 di berbagai belahan dunia. Salah satunya adalah penggunaan hand sanitizer setiap sebelum menyentuh masker kembali.

Tangan memang menjadi sarana penyalur virus dan bakteri, sebab kita gunakan untuk melakukan berbagai hal, selain menggunakan dan mencopot masker. Nah, kondisi yang paling sering terjadi adalah dengan tangan yang kotor itu, kita memperbaiki masker. Oleh karena itu, dianjurkan untuk:

Menggunakan hand sanitizer sebelum menggunakan Masker kain 3 lapis standar Who

Sebelum mengaplikasikan masker, sebaiknya menggunakan hand sanitizer, atau lebih disarankan mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir. Hal ini dilakukan untuk menjaga masker tetap steril ketika kita gunakan.

Menggunakan kembali hand sanitizer sebelum membetulkan masker

Bukan hanya saat akan menyentuh wajah, kita perlu cuci tangan atau pakai hand sanitizer, tapi juga saat membetulkan. Tujuannya adalah menjaga masker tetap bersih. Karena, bisa saja kita tidak sengaja menyentuh sumber virus yang berpotensi menempel ke tali dan permukaan masker.

Saat melepaskan Masker kain 3 lapis standar Who dianjurkan untuk menggunakan hand sanitizer

Begitupula ketika sudah selesai menggunakan masker, gunakan hand sanitizer atau cuci tangan pakai sabun di bawah air mengalir. Bila sudah dipastikan bersih, lepaskan masker dan baru kita boleh menyentuh area wajah bila diperlukan.

Mencegah tangan kering, gatal dan iritasi akibat penggunaan sabun atau hand sanitizer

Tidak semua orang memiliki kekebalan kulit karena kebiasaan baru mencuci tangan atau memakian hand sanitizer belakangan ini. Oleh karena itu ada beberapa cara di mana kita bisa mencegah tangan kering, bahkan alergi akibat sabun.

Petakan kegiatan kita, sehingga tidak harus terlalu mencuci tangan berulang-ulang. Misalnya ketika menerima paket/makanan yang dipesan secara online. Bila sudah menuntaskan atau mengkondisikan barang yang diterima, baru kita mencuci tangan.

Gunakan lotion/skin conditioner setelah mencuci tangan. Karena sabun bisa mengikis kelembaban kulit. Gunakan lotion yang melembabkan atau skin conditioner. Saat ini sudah ada cairan kondisioner kulit yang tidak berwarna atau berbau, namun memiliki kandungan pelembab yang bisa menjaga tangan tidak dehidrasi.

Memilih sabun cuci tangan yang cocok, agar tidak membuat tangan kering. Beberapa kasus yang sering terjadi di lapangan adalah dishidrosis atau tangan menjadi alergi karena tangan kita dicuci menggunakan sabun yang tak semestinya. Misalnya sabun cuci piring. Gunakan sabun yang lembut di tangan. Hindari menggunakan sabun jenis lain secara terus menerus untuk menghindari efek sampingnya.

BACA JUGA: Bukan untuk Cegah Corona, Ini Alasan Mengapa Dianjurkan Kurangi Gula di Masa Pandemi

Kita masih memerangi pandemi dan beragam situasi sulit lainnya. Tapi, dengan satu tindakan kecil yang dilakukan secara bersama-sama, bisa menekan penularan Covid-19 di sekitar kita, untuk masker sebaiknya menggunakan masker kain 3 lapis standar who. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *