Di usia produktif dan bersinggungan dengan obat ambeien? Hal ini merupakan fenomena dewasa kini, sebab makin banyak orang yang bekerja atau beraktivitas dengan duduk di kursi berlama-lama. Misalnya pekerjaan menjahit, menggunakan laptop, mengerjakan skripsi dan sebagainya.

Kegiatan yang membuat kita lupa untuk berdiri dan minum ini, bisa menyebabkan beberapa penyakit. Di antaranya adalah saraf terjepit dan wasir atau ambeien. Keduanya tidak menyenangkan bila sedang terjadi atau kambuh. Nah, kini mari kita berfokus pada ambeien.

Ambeien atau hemoroid, merupakan kondisi peradangan pada vena di sekitar anus. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, misalnya kurang minum, kurang serat, terlalu lama duduk hingga pantat terasa panas dan bisa juga muncul akibat stres. Kemunculannya bisa membuat tidak nyaman, bahkan cemas. Karena pada beberapa kasus, dapat muncul pendarahan.

Ambeien menimbulkan gejala seperti rasa gatal, kurang nyaman seperti ada yang terselip saat duduk, muncul benjolan, serta ada juga yang menyebabkan rasa sakit. Lantas, bagaimana menyembuhkannya? Ada beberapa cara untuk bisa mengatasi kondisi ini.

Obat ambeien teknikal, rendam air hangat

ilustrasi gangguan ambeien
Sumber gambar

Ambeien sejatinya termasuk kondisi inflamasi atau peradangan. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan membuat suasana area yang terdampak lebih dingin atau kalem. Cara yang bisa kita gunakan salah satunya adalah merendam dengan air hangat atau air biasa yang temperaturnya sejuk. Pastikan terkena pada area yang sedang mengalami wasir atau ambeien.

Kita juga bisa menambahkan sedikit garam pada rendaman ini, sebab garam juga memiliki khasiat mengurangi rasa sakit, melawan bakteri dan mengurangi pembengkakan. Meskipun terkesan agak rikuh, tapi cara ini bisa membantu mengurangi peradangan dan benjolan. Bila ambeien tidak parah, ia bisa hilang dalam hitungan hari atau 2 minggu.

Mengonsumsi banyak cairan dan serat

Berikutnya, minum lebih banyak air putih dari biasanya. Meski demikian, konsumsi secara bertahap, jangan sampai menyiksa perut sehingga terasa kembung air. Mengonsumsi air putih bisa membantu menghidrasi tubuh. Selain air putih, konsumsi serat dari buah-buahan dan sayur.

Cobalah smoothies buah-buahan dan konsumsi sayuran segar seperti timun dan tomat. Semakin kaya variasi sayuran yang kita konsumsi, semakin baik. Cara ini membantu tubuh melawan inflamasi dan perbaikan sel yang sedang terjadi peradangan.

Alternatif serat lain yang bisa kita coba adalah lidah buaya. Tak hanya sebagai konsumsi makanan dan minuman sampingan yang menyegarkan, bahan ini juga bisa menjadi alternatif obat topikal atau oles.

Menggunakan obat ambeien dari dokter

Salah satu cara yang sangat efektif adalah dengan menggunakan obat resep dari dokter. Salah satu jenisnya adalah obat topikal atau yang biasanya kita oleskan pada lokasi wasir. Cara ini bisa kita lakukan sesuai dengan petunjuk atau resepnya.

Aplikasikan obat tersebut hanya dalam kondisi anus dan tangan yang bersih. Obat akan lebih maksimal bekerja saat kita istirahat, jadi sangat baik penggunaannya sebelum tidur. Jenis obat ini dapat membantu mengatasi pendarahan atau peradangan pada wasir maupun ambeien.

Gunakan bantalan empuk saat duduk

ilustrasi duduk dengan bantalan
Sumber gambar

Nah, cara berikutnya adalah dengan menentukan durasi berapa lama kita duduk. Kita bisa duduk seperti biasa, namun pastikan untuk berdiri dan bergerak beberapa waktu sekali. Cara ini untuk mencegah inflamasi bertambah. Selain itu, gunakan bantalan empuk saat duduk. Hal ini karena kondisi sekitar pantat yang cukup sensitif, terutama bila ambeien terasa sakit.

Bila berada di kendaraan baik pribadi maupun umum, bila memungkinkan hindari goncangan. Seperti pada polisi tidur, jalan berlubang atau gelombang jalan sebelum menyeberang.

Kompres garam epsom dan gliserin

Metode alami lainnya yang bisa kita coba adalah larutan epsom dan gliserin. Dengan takaran yang sama, yaitu dua sendok makan. Kemudian benamkan kasa bersih dan kering, kompres pada area yang sakit. Cara ini bisa membantu mengurangi ambeien yang karakternya terasa nyeri. Kompreskan setidaknya 15 menit, kemudian bersihkan seperti biasa.

Mengurangi makanan berbahan lemak dan pedas

ilustrasi penderita ambeien
Sumber gambar

Untuk sementara, hindari makanan dengan karakter berlemak dan pedas. Makan berlemak seperti kuning telur, makanan berminyak dan gorengan, kulit ayam, lemak daging, jeroan dan sejenisnya. Termasuk juga makanan yang mengandung gula tinggi.

Makanan pedas juga bisa memicu peradangan atau menimbulkan panas dalam. Lebih baik konsumsi makanan yang bersifat menyejukkan, seperti buah pepaya, semangka, pisang, air kelapa, sari lemon, dan sejenisnya. Konsumsi madu juga bisa membantu menggantikan gula. Tak hanya itu, ada kandungan enzim dan anti oksidan tinggi di dalamnya untuk melawan peradangan.

BACA JUGA: Berbagai Jenis Penyebab Sakit Perut dan Cara Meredakannya

Beberapa cara di atas bisa kita lakukan saat ambeien atau wasir muncul. Bila dengan metode tersebut masih belum bisa meredakan gejala atau terasa ada tambahan keluhan, sebaiknya segera memeriksakan ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *