Indonesia mulai memasuki musim peralihan. Setelah kurang lebih setengah tahun lamanya mengalami hujan, yang terkadang datang dengan angin ribut dan petir, perlahan matahari dan langit biru mulai muncul di hampir sepanjang hari. Kekhawatiran akan banjir perlahan mulai surut, berganti harapan dengan siraman peluh di bawah teriknya mentari.

Menanti musim panas memang menyenangkan. Namun sepanjang pergantian musim ini, Anda wajib lebih waspada. Pasalnya, situasi seperti ini cenderung memicu penyakit flu dan batuk. Flu adalah gejala yang merupakan infeksi dari virus influenza. Meski tergolong penyakit ringan dan akan sembuh dengan sendirinya, gangguan seperti pilek, bersin, demam, dan batuk bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Supaya flu bisa segera menyingkir, jangan lupa selalu menyimpan obat flu paling ampuh. Untungnya, kini banyak apotek yang menyediakan berbagai merek obat flu yang siap sembuhkan Anda dari influenza. Jaga kesehatan mulai sekarang. Yuk, ketahui rekomendasi obat flu paling ampuh yang bisa dibeli di apotek terdekat.

8 rekomendasi obat flu paling ampuh di pasaran

  1. OBH Combi Batuk dan Pilek

Untuk yang lebih suka minum obat flu berbentuk cairan, OBH Combi Batuk dan Pilek bisa jadi pilihan untuk atasi berbagai gejala flu dan batuk. OBH Combi Batuk dan Pilek memiliki kandungan ekspektoran, dekongestan, antihistamin dan analgesik-antipiretik untuk meredakan flu dan batuk, sekaligus bisa mengurangi reaksi alergi.

Ilustrasi flu batuk pilek
[Sumber gambar]
Dosis OBH Combi Batuk dan Pilek untuk orang dewasa adalah 15 ml 3 kali sehari. Namun untuk anak-anak di bawah enam tahun serta wanita hamil dan menyusui, penggunaannya harus sesuai petunjuk dokter.

  1. OBH Combi Anak Batuk Plus Flu

Nah, karena OBH Combi Batuk dan Pilek penggunaannya khusus untuk orang dewasa, ada merek obat flu dan batuk lain yang khusus buat anak-anak, yaitu OBH Combi Anak Batuk Plus Flu. Obat yang akan sangat membantu bagi sang buah hati yang terserang influenza. Terutama karena mereka juga sangat rentan terhadap penularan penyakit ini, baik karena lingkungan, keluarga maupun teman bermain.

Dosis OBH Combi Anak Batuk Plus Flu adalah 1 sendok takar (5 ml), tiga kali sehari. OBH Combi Anak Batuk Plus Flu cocok sebagai obat flu bagi anak-anak usia dua hingga lima tahun. Dengan rasa stroberi, tidak sulit bagi mereka untuk meminum obat ini.

  1. Procold Flu & Batuk

Procold Flu & Batuk merupakan obat flu yang tergolong legendaris, telah menemani masyarakat Indonesia yang sakit flu. Tersedia dalam bentuk 6 kaplet dalam satu kemasan, Procold Flu dan & Batuk mengandung dextromethorphan HBr, paracetamol, dan pseudoefedrin HCl yang efektif meredakan pilek dan batuk. Obat ini juga mampu meredakan gejala penyerta influenza, seperti demam, sakit kepala, pilek, serta hidung tersumbat. Anjuran dosisnya, dewasa satu kaplet tiga kali sehari, sementara anak-anak usia 6 hingga 12 tahun dengan dosis ½ kaplet tiga kali sehari.

  1. Vicks Formula 44

Seperti Procold, Vicks Formula 44 juga merupakan obat flu dan batuk legendaris di Indonesia. Selain untuk orang dewasa, obat flu ini juga aman dikonsumsi bagi anak-anak usia enam tahun ke atas.

Obat flu Vicks Formula 44 memiliki kandungan dextromethorphan HBr dan doxylamine succinate yang bekerja cepat redakan batuk tidak berdahak disertai bersin-bersin dan alergi. Dosis Vicks Formula 44 untuk orang dewasa adalah dua sendok takar (10 ml), empat hingga enam kali sehari. Untuk anak-anak usia lima tahun ke atas anjuran penggunaan Vicks Formula 44 adalah ½ sendok takar (1.5 ml) empat hingga enam kali sehari.

  1. Siladex Cough & Cold Sirup

Batuk-batuk tapi susah keluar dahak? Anda perlu bantuan obat flu Siladex Cough & Cold. Tersedia dalam bentuk sirup, Siladex Cough & Cold bekerja efektif meredakan batuk tidak berdahak dan hidung tersumbat.

Ilustrasi meminum Obat Flu
[Sumber gambar]
Siladex Cough & Cold tidak mengandung gula dan alkohol sehingga aman bagi anak-anak dan penderita diabetes. Dosis untuk obat flu Siladex Cough & Cold bagi anak-anak usia 6 hingga 12 tahun adalah ½ sendok teh (2,5 ml) tiga kali sehari. Sementara untuk orang dewasa aturan pakainya dua sendok teh (10 ml) tiga kali sehari.

  1. Neozep Forte

Neozep Forte merupakan obat flu yang telah lama dipercaya masyarakat Indonesia untuk meredakan gejala flu seperti sakit kepala, bersin-bersin, hidung tersumbat, serta demam. Selain itu, dengan kandungan chlorpheniramine maleate, Neozep Forte juga efektif sebagai pereda rhinitis alergi. Dosis obat flu Neozep Forte untuk orang dewasa adalah 1 kaplet, tiga kali sehari.

  1. Decolgen Flu

Obat flu terpercaya untuk meredakan flu dan batuk berikutnya adalah Decolgen Flu. Dengan kemasan yang praktis, Decolgen Flu bisa jadi andalan di mana saja. Obat flu ini juga memiliki kandungan paracetamol sehingga ampuh untuk turunkan panas yang menyertai influenza.

Selain itu, Decolgen Flu juga punya phenylpropanolamine HCl yang mampu melegakan pernapasan sekaligus membersihkan saluran hidung yang tersumbat. Kandungan lain dalam obat flu Decolgen Flu yang tak kalah ampuh adalah chlorphenamine maleate, yang meredakan gejala alergi seperti pilek, bersin, dan mata gatal dan berair.

Decolgen Flu cocok bagi orang dewasa dengan dosis 1 kaplet, tiga kali sehari.

  1. Bodrex Flu & Batuk Berdahak

Obat flu terakhir yang ampuh redakan flu dan mudah didapatkan di apotek terdekat adalah Bodrex Flu & Batuk Berdahak. Dengan kandungan paracetamol, phenylephrine HCl, glyceryl guaiacolate dan  bromhexine HCl, Bodrex Flu & Batuk Berdahak mampu atasi gejala flu seperti demam, bersin-bersin dan hidung tersumbat serta batuk berdahak.

Ilustrasi Flu & batuk berdahak
[Sumber gambar]
Pastikan untuk selalu menyediakan salah satu dari delapan obat flu paling ampuh di atas sebagai persediaan bila keluarga terserang influenza. Minum dengan dosis yang sesuai agar tidak terjadi efek samping akibat penggunaan berlebih.

BACA JUGA: Ciri Omicron dan Flu Biasa Ternyata Beda, Awas Jangan Sampai Terkecoh!

Selain itu, bila dalam tiga hari penggunaan obat flu, influenza masih juga belum reda, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan konsultasi dan diagnosa untuk pengobatan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *