Tidak sulit menemukan obat herbal asam urat, karena pada dasarnya bila masih dalam kategori ringan, kadarnya bisa kita turunkan tanpa obat. Tentunya dengan menata kembali pola hidup yang kita jalani.

Asam urat terkenal sebagai gangguan gout, yakni peradangan pada area persendian seperti jari kaki, lutut, mata kaki, karena adanya penumpukan kristal dari kadar asam urat yang berlebih. Penumpukan ini terjadi karena tubuh tidak bisa lagi mengelolanya, sehingga disimpan pada bagian-bagian tubuh tertentu, seperti pada persendian.

Penyakit asam urat bisa menyulitkan kita untuk bergerak, berjalan, menekuk kaki dan sejenisnya. Bahkan pada kondisi yang lebih berat, kita perlu berhati-hati. Pasalnya asam urat yang tidak tertangani dengan baik juga bisa menyebabkan gangguan ginjal, seperti batu ginjal.

Penyakit batu ginjal merupakan salah satu kondisi yang bisa menimbulkan nyeri luar biasa. Tentunya kita tidak ingin mengalami hal tersebut. Oleh sebab itu, bila sudah merasakan gejala asam urat, segera lakukan pengaturan pola makan, istirahat, olahraga dan periksakan ke dokter bila perlu.

Bila memungkinkan, kita juga bisa mencoba konsumsi obat herbal asam urat seperti berikut ini.

Jahe, obat herbal asam urat dan beragam penyakit

ilustrasi jahe
Sumber gambar

Rimpang yang satu ini semakin populer ketika pandemi Covid-19 melanda. Namun sebenarnya jahe memang sudah lama menjadi salah satu bahan herbal terbaik dalam menyembuhkan gangguan kesehatan apapun. Meski demikian, tidak mengklaim bahwa jahe adalah obat dari segala penyakit.

Jahe mengandung anti inflamasi sehingga bisa membantu mengurangi rasa sakit pada nyeri asam urat. Kita bisa menggunakan kombinasi jahe dan timun atau jahe dengan nanas. Sebab ketiga bahan ini mampu mengurangi inflamasi dan meluruhkan penumpukan asam urat melalui kencing.

Menggunakan seledri

Bahan kedua yang bisa membantu tubuh dalam mengatasi asam urat adalah seledri. Aromatik herbal untuk sup dan masakan lainnya ini memang bukan hanya penambah aroma atau hiasan saja, tapi bisa memberikan khasiat yang baik bagi kesehatan. Salah satunya adalah mengontrol produksi asam urat dan menekan kemungkinan terjadinya peradangan.

Seledri bisa kita konsumsi bersamaan dengan masakan. Seperti pada sup atau beragam masakan berkuah. Dengan demikian tidak menyebabkan rasa langu, karena tanaman ini memang memiliki aroma khas dan sedikit tajam.

Produk apel dan turunannya

ilustrasi apel
Sumber gambar

Apel merupakan jenis buah yang banyak manfaat. Baik daging buah, kulit, biji hingga sarinya bisa menjadi cuka apel yang bermanfaat bagi kesehatan. Apel dan cuka apel bisa kita konsumsi secara rutin bila tidak menimbulkan alergi atau efek samping.

Apel memiliki purin rendah, tapi mengandung asam malat. Nah, kandungan inilah yang bisa membantu menurunkan asam urat. Selain itu, banyak vitamin dan anti oksidan dari apel yang bisa menunjang pemulihan, terutama bila kita sambil melakukan pengaturan pola makan.

Obat herbal asam urat dengan kunyit

ilustrasi kunyit
Sumber gambar

Kunyit masih sebangsa dengan jahe dan sama-sama memiliki kemampuan anti peradangan. Oleh karena itu bahan ini banyak yang memanfaatkan sebagai pengobatan di Asia, seperti India dan Tiongkok. Namun dalam kondisi asam urat, perhatikan juga penggunaan kunyit dalam pengobatan.

Kebanyakan kunyit diolah menjadi jamu yang kemungkinan menimbulkan ampas. Hal ini bisa agak memberatkan kondisi ginjal. Pilih kunyit yang telah menjadi ekstrak atau rebusan sarinya saja, sehingga mudah untuk kita konsumsi tanpa efek penumpukan di dalam tubuh.

Rebusan daun sirsak

Daun sirsak adalah salah satu tanaman pencegah penyakit berat seperti tumor dan kanker. Selain buahnya yang nikmat, daunnya juga bermanfaat. Merebus daun sirsak yang sudah kita cuci bersih, kemudian konsumsi sarinya dalam kondisi hangat kuku.

Minuman ini mengandung folat, saponin, alkaloid, tanin, flavonoid, vitamin A, B dan C, mineral, zat besi dan masih banyak lagi. Namun karena jenisnya yang herbal, jangan lupa memantau efek samping yang mungkin timbul. Salah satunya adalah diare bila salah mengolah atau berlebihan.

Brotowali

Sudah bukan hal yang asing bila jamu brotowali menjadi herbal andalan untuk pengobatan. Terkenal dengan rasa yang pahit, namun memberikan manfaat untuk beragam penyembuhan. Utamanya bagi mereka yang memiliki kadar gula darah tinggi. Namun selain itu, ternyata bahan yang satu ini juga bisa kita gunakan untuk membantu pemulihan dari kondisi asam urat yang sedang tinggi.

Selain beberapa cara di atas, kita juga perlu mengonsumsi cukup air putih. Cara ini bisa membantu menghidrasi tubuh sambil mengeluarkan asam urat berlebih lewat air kencing. Sementara, kurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung purin tinggi.

Bila perlu, lakukan puasa untuk mengatur kembali pola makan kita. Berpuasa bisa memberikan manfaat pengaturan metabolisme yang holistik pada tubuh.

Tips di atas kebanyakan menggunakan bahan herbal atau alami. Tentu saja meski dari bahan natural, masih bisa menimbulkan efek samping pada kondisi tubuh tertentu. Sebaiknya sebelum menerapkan pengobatan herbal atau alternatif, konsultasikan dulu dengan dokter.

BACA Juga: Jauhi Pantangan Asam Urat agar Terhindar dari Kondisi Gawat

Begitupula jika gejala tak kunjung mereda, jangan ragu segera memeriksakan diri. Sebab obat asam urat yang tersedia pada resep dokter juga telah memenuhi standar keamanan dan kesehatan, sehingga bisa lebih efektif pada kondisi yang lebih kronis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *