Tak semua orang mau konsumsi obat kolesterol karena takut ketergantungan atau berdampak pada kesehatan organ. Tapi, dari sisi mengusahakan untuk menurunkan level kolesterol dalam tubuh, kadang masih angin-anginan.

Obat sebenarnya hanya membantu agar tubuh bisa lebih cepat menurunkan kolesterol, sehingga tidak terjadi penumpukan yang membahayakan. Yang paling menentukan sebenarnya adalah bagaimana orang tersebut mengendalikan gaya hidup mereka. Inilah hal yang paling bisa mengobati kecenderungan kolesterol tinggi.

Nah, ada beberapa langkah sederhana yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari Berikut ini di antaranya.

Bawang putih menjadi obat kolesterol

ilustrasi bawang putih
Sumber gambar

Kita mulai dari yang paling mudah, yaitu bawang putih. Bahan yang satu ini memang terkenal sebagai bumbu masak, sekaligus tanaman obat. Kandungan alicin dalam bawang putih merupakan zat yang bisa memelihara ketahanan tubuh, dengan kemampuannya mematikan bakteri penyebab penyakit.

Jika mampu, konsumsi bawang putih mentah bisa memberikan khasiat yang baik. Seperti menurunkan risiko kolesterol dan hipertensi. Namun, bila tidak kuat dengan rasa yang tajam, kita bisa menjadikannya elemen dalam masakan, seperti menumis atau merebusnya,

Membatasi konsumsi kuning telur

Telur seringkali tersaji bersamaan antara putih dan kuningnya. Bila memungkinkan, lebih banyak sisihkan kuning telurnya sebelum kita konsumsi. Hal ini akan membantu tubuh mengurangi asupan kolesterol.

Sebenarnya, tubuh tetap membutuhkan kolesterol, selama jumlahnya tertakar dan dari sumber yang baik. Namun, tetap kita batasi dan selektif untuk memilih asupan zat gizi tersebut. Putih telur merupakan salah satu sumber protein yang baik dan tetap nikmat bila kita bisa mengolahnya.

Mengurangi gorengan dan minyak

ilustrasi gorengan
Sumber gambar

Gorengan dan mengolah makanan dengan minyak atau lemak seperti lemak susu, sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun bila terlalu sering, kebiasaan ini bisa membuat penumpukan level kolesterol dalam tubuh.

Saat ini, teknik menggoreng sudah mengalami kemajuan dengan menggunakan air fryer. Cara ini memungkinkan kita menggoreng dengan tidak menggunakan minyak atau lemak terlalu banyak Cara lain yang bisa kita lakukan adalah menerapkan metode masak dengan mengukus, merebus atau menumis.

Apakah gorengan tidak boleh? Bisa saja, asal dalam jumlah yang terkendali dan dalam kondisi level kolesterol yang normal.

Membaca tabel nutrisi

Dalam kondisi sehat maupun punya kecenderungan seperti hipertensi, diabetes dan kolesterol. kita perlu membaca tabel nutris. Hal ini dapat membantu kita mengendalikan asupan garam dan lemak, atau elemen tertentu seperti gula yang dapat memicu kondisi kesehatan mengalami gangguan.

Dengan demikian, kita tetap bisa mengonsumsi makanan yang diinginkan, namun dengan lebih terkontrol. Sebab tabel nutrisi biasanya mencantumkan anjuran takaran saji.

Lakukan gaya hidup seimbang, obat kolesterol mujarab

ilustrasi hidup sehat
Sumber gambar

Bila kita perhatikan, beberapa penyakit seperti diabetes, asam urat dan kolesterol tinggi, bermula dari gaya hidup yang berantakan. Entah itu pola makan yang sembarangan, kurang gerak dan olahraga, hingga jam tidur yang berlebih atau malah kurang. Maka, mengapa tidak mulai dari membenahi ketiga hal tersebut.

Mulai dari melakukan istirahat sesuai porsi dan jamnya. Orang dewasa setidaknya beristirahat 6-8 jam dalam sehari. Jam tidur penting membantu tubuh membakar kalori dan menjaga keseimbangan metabolisme.

Selain itu, kita perlu melakukan gerak aktif dan olahraga rutin. Keduanya adalah dua hal berbeda, namun dapat mendorong pengelolaan energi dan memelihara metabolisme tetap aktif. Sedangkan bila malas-malasan, metabolisme tubuh ikut melambat. Mendapat cukup sinar matahari juga bisa membantu pengelolaan kolesterol dalam tubuh. Maka, olahraga di ruang terbuka termasuk kombinasi yang baik.

Berikutnya adalah menjaga keseimbangan pola makan. Makanlah dengan teratur, konsumsi buah dan sayur, cukup air putih. Hindari pantangan bila level kolesterol tubuh memang sudah di ambang batas, atau bahkan berlebih. Sebaiknya mulai kita maintain atau perbaiki agar kembali ke kondisi normal.

Dengan mencoba beberapa hal di atas, bisa membantu kita untuk tidak tergantung, bahkan terbebas dari keharusan konsumsi obat kolesterol. Selain itu, bangun mindset yang baik, sebab dari pikiran yang sehat, juga menunjang tubuh yang kuat.

Kolesterol tinggi bisa memicu beberapa komplikasi yang tidak akan kita inginkan. Di antaranya adalah penyakit jantung, batu empedu hingga batu ginjal. Ketiganya merupakan gangguan kesehatan dengan risiko tinggi dan rasa nyeri yang hebat.

BACA JUGA: Inilah Ciri-ciri Kolesterol Tinggi yang Bisa Terjadi pada Siapapun

Mumpung belum terlambat, tak ada salahnya melakukan pencegahan dengan menerapkan beberapa tips di atas. Sebab, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *