Mencari obat lambung alami agar tidak selalu berteman dengan obat suspensi? Sebenarnya ada cukup banyak alternatif penyembuhan bagi mereka yang memiliki asam lambung. Akan tetapi, hal ini tak serta merta menghilangkan penyakitnya.

Gaya hidup manusia yang menyebabkan, maka manusia itulah yang bisa menentukan keberhasilan potensi sembuhnya. Seperti kita ketahui bahwa sakit lambung seperti maag hingga GERD bisa sangat mengganggu konsentrasi dan kualitas hidup sehari-hari.

Namun seringkali kebiasaan kurang baik masih dipelihara orang yang mengalaminya. Misalnya begadang, konsumsi makanan pedas atau bersifat asam, kurang konsumsi sayur dan buah. Jika ingin pulih dari kondisi asam lambung atau GERD, kita perlu menghindari beberapa pantangan dan ini adalah bacaan yang tepat untukmu.

Ada beberapa obat lambung alami yang bisa kita coba. Alami artinya tanpa penggunaan obat-obatan yang relatif aman. Tapi dengan cara ini, tentunya harus sabar dan konsisten. Berikut di antaranya:

Obat lambung alami dari jahe

ilustrasi jahe
Sumber gambar

Jahe emprit maupun jahe merah, sama-sama memiliki kemampuan untuk menghangatkan dan menenangkan perut. Terdapat kandungan yang bersifat gastroprotek sehingga bisa menekan bakteri Helicobacter pylori (H. pylori). Jenis bakteri ini berkembang ketika kondisi pencernaan kita sedang asam.

Akhirnya terjadi infeksi yang menyebabkan munculnya nyeri pada perut. Mengonsumsi jahe juga banyak caranya. Namun yang paling mudah memang dengan memarkan jahe sambil seduh dengan air panas, atau merebusnya dengan beberapa jenis rimpang dan rempah lainnya.

Temulawak dan kunyit

Selain jahe, kedua rimpang ini juga memiliki khasiat yang sudah banyak orang kenal. Seperti kita ketahui, temulawak sendiri sering menjadi andalan untuk ramuan tradisional yang berhubungan dengan pencernaan. Seperti menambah nafsu makan atau melindungi sistem cerna kita.

Temulawak dan kunyit sama-sama memiliki kemampuan anti radang. Dalam temulawak ada minyak atsiri, pati, kandungan kurkumin, selulosa, dan mineral. sedangkan kunyt memiliki kandungan polifenol. Konsumsi jamu atau rebusan rempah ini sebagai terapi sampingan, bisa membantu membangun imunitas lambung dan sistem cerna kita.

Makan mentimun segar

ilustrasi timun segar
Sumber gambar

Mentimun dapat kita konsumsi pada saat sehat maupun ada keluhan sakit lambung. Sebab makanan ini cukup versatile dan biasanya tersaji segar begitu saja. Rasanya juga cenderung tawar dan tidak langu, sehingga netral di mulut. Tapi khasiatnya jangan ragukan.

Dalam irisan timun, terdapat anti oksidan seperti saponin, karoten, isoquercitrin, cucurbaticin. Serta masih ada mineral seperti asam amino, kalsium, fosfor, dan enzim pencernaan. Selain itu, mentimun yang memiliki vitamin B dan C ini memiliki sifat alkali dengan kandungannya tersebut. Makanan dengan sifat alkali dapat membantu mengurangi risiko permasalahan pencernaan.

Obat lambung alami makan buah pepaya

Buah pepaya termasuk dalam jenis makanan yang baik bagi pencernaan. Sebab enzim dan kandungannya dapat membantu melancarkan BAB, mendinginkan kondisi perut dan berbagai permasalahan lainnya. Namun, ada tips untuk bisa mendapatkan manfaat dari buah pepaya ini.

Pertama, buah pepaya baik dikonsumsi 30 menit sampai 1 jam sebelum waktu makan atau sebelum sarapan pagi. Kedua, makan buah ini dengan mengunyah sempurna agar menyatu dengan enzim di mulut. Kombinasi kedua cara ini dapat lebih mengoptimalkan khasiat buah pepaya bagi pencernaan, terutama yang sering memiliki masalah seperti sakit lambung atau infeksi bakteri lainnya.

Bahan kayu manis

Tak banyak yang tahu bahwa harumnya kayu manis juga bisa membantu kita melawan penyakit asam lambung yang membandel. Hal ini karena di dalamnya terdapat kandungan yang bertindak menetralisir kadar asam dan pepsin di usus. Kita bisa mengolah kayu manis sebagai antasida alami, dengan merebusnya.

Namun, kayu manis sebagai pemulihan tentunya berbeda dengan kayu manis pada kue-kuean atau minuman bercampur susu. Sebab perpaduan ini membuat fungsi kayu manis tadi tidak optimal. Sebab kebanyakan makanan dan minuman dengan cinnamon menggunakan produk susu atau turunannya, yang dapat memicu asam lambung.

Konsumsi madu

ilustrasi madu
Sumber gambar

Rasa madu yang manis mungkin membuat sebagian orang dengan keluhan asam lambung ketar ketir. Sebab beberapa jenis pemanis atau bahkan madu sendiri dapat memicu nyeri atau rasa tidak nyaman pada pencernaan. Pilih madu yang cocok dengan lambung kita, hal ini memang membutuhkan trial dan error.

Madu yang cocok dengan orang pemilik gangguan lambung, bila mengonsumsi sesuai aturan dan anjuran, maka bisa menjadi terapi sampingan untuk menaklukkan dan mencegah lonjakan asam lambung. Madu yang benar, terkenal memiliki enzim, vitamin dan banyak asam amino. Hal ini bisa membantu memperbaiki sistem pencernaan, mulai dari menstabilkan asam lambung, melawan bakteri hingga melancarkan buang air besar.

Tidur di waktu dan posisi yang tepat

Selain konsumsi bahan-bahan alami, kita juga bisa menterapi secara alami lewat jam tidur. Biasakan untuk tidak langsung berbaring setelah makan, apalagi makan dan minum sambil berbaring.

Tidur sendiri merupakan sebagian dari pengobatan dan penyembuhan. Bukan sekedar rutinitas istirahat. Tidur cukup membantu tubuh kita lebih rileks dan mengistirahatkan saraf, sehingga mencegah ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan stres dan berujung sakit lambung.

Hindari pemicu asam lambung yang khas

Setiap orang yang memiliki kecenderungan asam lambung biasanya sudah mengenali apa yang menjadi pemicunya. Misalnya susu sapi, kopi, atau makanan pedas. Hindari konsumsi makanan tersebut agar tidak menimbulkan keluhan. Atau bisa juga karena stres, cemas, lembur dan telat makan.

Ketika kita adalah orang yang paling tahu kecenderungan itu, maka solusinya pun ada pada diri sendiri. Kelola stres, makan tepat waktu dan seimbangkan waktu bekerja, istirahat dan refreshing agar bisa mengendalikan pemicu asam lambung.

Obat lambung alami, makan sayur dan buah

Memang tidak semua orang suka sayur dan buah, tapi pada dasarnya kita semua membutuhkan mereka. Sayur dan buah mengandung enzim atau memiliki sifat alkali yang berfungsi mengimbangi asupan manis, gurih, lemak yang bersifat asam dari makanan sehari-hari. Sebab manusia cenderung makan apa yang mereka sukai daripada apa yang mereka butuhkan.

BACA JUGA: 5 Ciri ciri Asam Lambung Naik ke Paru Paru, Apakah Bisa Sembuh?

Namun selagi memiliki kesadaran untuk menjaga diri dari asam lambung naik yang menyiksa, kita bisa melakukan kiat di atas dan mencoba beberapa alternatif terapi pemulihannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *