PCR gratis mungkin bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang terkendala dengan biaya tes ini yang mungkin lebih tinggi dibandingkan dengan tes lainnya.

Selain itu tes ini dapat mengetahui terinfeksi tidaknya dengan Covid 19. Bisa juga dengan tes swab antigen yang hasilnya lebih cepat diketahui, namun tingkat akurasinya lebih rendah daripada tes ini.

Tes polymerase chain reaction ini merupakan salah satu strategi yang dapat membantu menekan angka kasus positif Covid 19 atau untuk membantu menekan tingkat kematian.

Mengurangi penyebaran merupakan strategi paling realistis untuk menekan tingkat kematian akibat infeksi Covid 19.

Itu sebabnya, strategi mengurangi penyebaran virus corona perlu terus penerapan cara tertentu agar bisa memutus rantai penularan Covid-19.

Terdapat beberapa langkah untuk membantu mengurangi atau menekan penyebaran mulai dari melakukan tes swab (antigen, PCR), isolasi mandiri, karantina, pembatasan fisik, penelusuran kontak, identifikasi kontak, hingga pencarian pola penyebaran.

Langkah-langkah tersebut juga perlu berbarengan dengan pemantauan secara kontinu, baik terhadap orang tanpa gejala (OTG), orang dalam pemantauan (ODP), maupun pasien dalam pengawasan (PDP).

PCR Gratis

Puskesmas juga memberikan tes ini tanpa biaya. Ketentuannya adalah untuk mereka yang memiliki atau pernah kontak erat dengan pasien positif Covid 19.

Reagen untuk pemeriksaan yang memiliki keakuratan yang lebih baik dari swab antigen ini pada puskesmas berasal dari Kementerian Kesehatan. Itu sebabnya tes ini bisa tanpa biaya.

Mungkin ini menjadi upaya pemerintah sebagai salah satu langkah untuk memutus rantai penularan penyakit ini.

Biaya tes PCR kini mungkin sudah banyak yang terjangkau di berbagai fasilitas laboratorium. Salah satunya adalah GSI Lab yang lokasinya dekat dengan stasiun MRT Fatmawati.

Selain itu, tes tanpa biaya ini juga ada pada tempat perkantoran, lingkungan rumah, dengan lembaga atau kelompok tertentu yang melakukan koordinasi.

Jika merasa mengalami gejala-gejala Covid 19, upayakan untuk melakukan isolasi mandiri dan berkoordinasi dengan posko atau pelayanan kesehatan setempat, khususnya puskesmas guna mendapatkan tes PCR gratis dan penanganan yang Anda butuhkan.

Program #SwabAndSaveIndonesia

Melalui program berupa solidarity fund ini, GSI Lab ingin mengajak atau menawarkan kesempatan baik kepada perusahaan atau individu untuk mendonasikan tes PCR gratis bagi mereka yang kurang beruntung.

Program bernama #SwabAndSaveIndonesia (2+1 PCR Test) ini juga dalam rangka program surveillance.

Penyaluran donasi kepada pemerintah ini melalui Satuan Tugas Penanganan Covid 19 (BNPB) untuk memastikan pendistribusian tes ini berjalan dengan baik.

GSI Lab telah menyalurkannya ke beberapa titik:

  • 500 tes untuk puskesmas-puskesmas di DKI Jakarta
  • 978 tes PCR gratis untuk tenaga kesehatan di RSCM karena nakes menjadi lini terdepan dalam menangani pasien Covid 19
  • 069 tes PCR gratis untuk TNI & Polri yang masih aktif bertugas di lapangan
  • 138 tes PCR gratis untuk atlet disabilitas yang masih aktif berlatih
  • 171 tes PCR gratis untuk panti asuhan dan wilayah padat penduduk di Petukangan (Jakarta Selatan)

Bentuk kontribusi GSI Lab dalam program #SwabAndSaveIndonesia adalah dengan menambah 1 tes PCR gratis tambahan untuk setiap 2 tes PCR gratis yang telah GSI donasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *