PCR murah tentu dapat mempermudah untuk solusi pengeluaran keuangan Anda.

Namun harga sebaiknya tidak menjadi patokan utamanya. Walau Anda memang perlu menyediakan dananya. Hal yang paling penting adalah manfaat dari PCR.

Pertimbangan lain untuk melakukan PCR adalah tingkat keakuratannya dan tenaga kesehatan yang terampil dan handal dalam melakukannya.

Tak bisa dipungkiri tuntutan pekerjaan kadang mengharuskan banyak orang bepergian. Meski pemerintah sudah memberikan himbauan dan juga larangan untuk hal jika memungkinkan.

Namun sebagian orang masih harus atau wajib melakukan mobilitas seperti harus bepergian ke luar kota.

Calon penumpang pesawat wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes PCR atau non-reaktif dari tes antigen. Kurun waktunya juga terbatas. Maksimal 3×24 jam untuk PCR. Sedangkan untuk tes rapid antigen 2×24 jam.

PCR Murah

Polymerase Chain Reaction atau PCR merupakan salah satu metode tes yang paling banyak digunakan secara global oleh tenaga kesehatan dalam upaya mendeteksi Covid 19. Tes ini dianggap lebih akurat ketimbang tes lainnya.

Dengan mendeteksi RNA virus yang ada dalam tubuh sebelum gejala penyakit muncul, maka dapat mengetahui apakah seseorang tersebut memiliki virus.

Semenjak bulan Oktober 2020 lalu, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dan Badan Pengawasan Keuangan telah menerapkan biaya maksimal Rp 900 ribu untuk tes PCR di Indonesia.

Tenaga kesehatan akan melakukan PCR ini dengan cara swab test. Cara swab test menjadi metode skrining yang lebih akurat daripada rapid test.

Swab PCR akan melalui proses seperti namanya dengan menggunakan metode PCR. Metode ini juga menjadi rekomendasi WHO untuk mendeteksi Covid-19.

Keakuratan tes ini memang lebih baik mengingat prosesnya cukup rumit dan memerlukan harga alat yang bisa dibilang tidak murah. Hasilnya juga lebih lama ketimbang rapid test.

PCR Murah Tak Mengurangi Keakuratannya

PCR untuk mendeteksi keberadaan untaian DNA virus Corona. Hasil swab test akan muncul dalam waktu waktu 1-2 hari.

Jadi PCR murah ini akan melalui tiga proses. Pertama pengambilan sampel, kemudian yang kedua adalah ekstraksi materi genetik dari sampel. Proses ketiga adalah amplifikasi atau penggandaan materi genetik. Kemudian Anda tinggal tunggu hasilnya.

Tes dengan cara swab hasilnya berupa positif atau negatif. Jika positif berarti terinfeksi Covid-19. Sebaliknya, bila Anda tidak terinfeksi Covid-19 berarti hasilnya negatif.

Pemeriksaan swab PCR ini membuat Anda merasakan rasa yang sedikit tidak nyaman saat proses pengambilan sampel atau saat alat swab masuk ke dalam hidung.

Namun jangan khawatir, tenaga kesehatan yang terampil, seperti GSI Lab, akan melakukannya sebaik mungkin agar tidak timbul rasa tidak nyaman tersebut.

Siapa yang Harus Tes?

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan yang harus menjalani tes antara lain:

  • Orang yang memiliki gejala Covid 19
  • Pernah terpapar oleh orang lain yang positif Covid 19
  • Orang yang melakukan kegiatan besar tanpa dapat melakukan jarak sosial yang sesuai, misalnya pertemuan besar, perjalanan

Jika Anda sendiri tahu atau khawatir telah terpapar seseorang yang positif Covid 19, berarti Anda harus menjalani tes dan jangan tunda-tunda lagi.

Saat Ingin Melakukan PCR Murah

Jangan lupakan protocol kesehatan sebelum dan setelah pemeriksaan, yakni menggunakan masker, jaga jarak dan rutin mencuci tangan.

Untuk melakukan PCR murah pada GSI Lab, tidak perlu antre dan membuang waktu lama dengan mengisi formulir atau sejenisnya.

Pendaftaran PCR GSI Lab hanya dengan online dan nantinya Anda tinggal datang ke GSI Lab sesuai dengan informasi yang tertera, seperti jam dan tanggal. Cukup mudah. Tak perlu antre.

GSI Lab juga mewajibkan tenaga kesehatannya untuk memakai alat pelindung diri atau APD saat melakukan PCR.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *