Lakukan tes PCR pasca mudik itu penting, lho. Anda yang baru pulang kampung wajib tahu!

Idul Fitri tahun ini terasa penuh berkah. Aktivitas masyarakat yang semakin meningkat berkat imunitas yang semakin kuat sehingga ‘tradisi’ Ramadan yang sempat hilang mulai kembali lagi. Ada yang ngabuburit, berburu takjil, hingga buka bersama keluarga dan teman-teman.

Lebih dari itu, Presiden RI Joko Widodo pun memberi kesempatan masyarakat Indonesia untuk bisa kembali berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. Ya, dua tahun penuh dengan rasa ketakutan karena pandemi Covid-19. Sebagian memutuskan untuk berlebaran via mobile, walaupun agak mengurangi esensi Idul Fitri. Sebagian lagi nekat mudik meski harus menghadapi berlapis peraturan demi meminimalisir penularan virus Corona.

Tahun ini, asalkan sudah booster, cukup aman bagi Anda untuk kembali ke kampung halaman. Tanpa syarat, tanpa aturan. Cukup disiplin dan jalankan protokol kesehatan.

Sudah cukup? Padahal pandemi masih mengintai di depan mata. Kemungkinan terjadi ledakan kasus Covid-19 bisa saja terjadi bila tidak waspada. Itulah mengapa Anda sebaiknya lakukan PCR pasca mudik Lebaran meskipun sebelumnya sudah jalankan protokol kesehatan. Menggunakan masker, hindari kerumunan, hingga rajin cuci tangan dan menggunakan hand-sanitizer setiap kali bersalaman.

PCR setelah mudik itu penting karena kita tidak tahu apakah ada virus Covid-19 yang menempel di tubuh atau tidak. Andai pun berlalu tanpa gejala, bagaimana dengan orang-orang terdekat yang nantinya juga tertular penyakit yang sudah merenggut jutaan nyawa manusia di seluruh dunia ini?

Penting lakukan PCR pasca mudik

Ilustrasi mudik
Sumber gambar

Berdasarkan opini di atas, rasanya wajib bagi Anda dan semua masyarakat Indonesia untuk melakukan tes PCR pasca mudik lebaran tahun ini. Beragam manfaat bisa didapatkan bila melakukan langkah kewaspadaan ini sedini mungkin. Apa saja?

Anda sehat, semua selamat

Mulailah kesadaran untuk lakukan PCR pasca mudik dari diri Anda sendiri. Meski tak lagi menjadi kewajiban, sebagai warga negara yang baik pasti tahu bahwa negeri ini sedang berjuang untuk lepas dari pandemi Covid-19.

Melakukan PCR pasca mudik berarti berperan serta dalam menekan angka penularan virus Corona. Dengan perkiraan bahwa 85 juta masyarakat mudik Lebaran ada peluang bagi Covid-19 untuk kembali menyebarkan penyakit, menebar teror ketakutan, dan memunculkan ledakan kasus Covid-19.

Kita tidak ingin hal ini merusak kebahagiaan berlebaran yang terasa sangat sempurna. Inilah pentingnya lakukan PCR setelah mudik. Tak hanya bagi diri sendiri, Anda juga berkontribusi menjaga kesehatan rakyat Indonesia. Mari berdoa semoga hasilnya negatif sehingga bisa secepatnya kembali beraktivitas bersama teman dan rekan kerja.

Terkadang kurang, bagaimana rekomendasi PCR pasca mudik yang maksimal?

ilustrasi pcr pasca mudik
Sumber gambar

Berdasarkan penelitian dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), tes PCR sekali bisa saja tidak cukup untuk mengungkapkan hasil yang sebenarnya. Jadi bila Anda melakukan tes di kampung halaman, hasilnya belum tentu sama dengan ketika PCR pasca mudik Lebaran.

Tak hanya soal jumlah, laboratorium pun juga harus berkualitas untuk mendukung hasil pemeriksaan yang cepat dan akurat. Ingat juga bahwa sekarang ada Stealth Omicron, varian ‘siluman’ dari virus Corona yang sangat sulit terdeteksi. Inilah alasan mengapa perlu lakukan PCR pasca mudik di laboratorium terpercaya untuk mengetahui bagaimana kondisi tubuh yang sebenarnya. Apakah ada ‘pembonceng’ yang siap menular ke orang lain, atau negatif.

Berdasarkan rekomendasi CDC, tes swab itu sebaiknya dilakukan tiga kali, yaitu satu hingga tiga hari sebelum bepergian, kemudian dua sampai tiga hari sebelum kembali ke daerah asal, dan terakhir adalah PCR pasca mudik yang bisa Anda lakukan sekitar lima hari setelah tiba di rumah.

Saat Lebaran Anda bertemu banyak orang, kan?

Selain melakukan inti dari Lebaran, yaitu bersilaturahmi dan bersalam-salaman dengan keluarga, teman, dan tetangga, banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan untuk menikmati libur Idul Fitri 2022 ini. Apalagi kalau kampung halaman merupakan salah satu destinasi pariwisata favorit sehingga Anda memutuskan untuk menikmati indahnya panorama di kota kelahiran.

Pergi ke tempat wisata hanya satu contoh saja. Masih ada banyak aktivitas lain yang bisa menularkan virus Covid-19 ke tubuh Anda. Jadi, tak ada salahnya melakukan PCR pasca mudik agar bisa waspada sedini mungkin.

PCR berikan hasil lebih baik ketimbang tes-tes lainnya.

Alasan lain mengapa lakukan PCR pasca mudik karena bisa saja pada tes sebelumnya antibodi belum terbentuk. Inilah mengapa metode deteksi virus Corona itu sebaiknya dilakukan beberapa kali dalam kurun waktu tertentu. Harapannya tentu saja tetap negatif. Namun bila ternyata hasilnya positif, Anda sekeluarga bisa melakukan langkah terbaik untuk mencegah penularannya ke lingkungan sekitar.

Apa yang terjadi ketika melakukan tes PCR?

Infografis Tentang Omicron Indonesia - GSI

Untuk memahami lebih dalam tentang PCR pasca mudik, Polymerase Chain Reaction ini merupakan metode pemeriksaan patogen, yaitu virus Corona yang merupakan rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO) dalam mendeteksi keberadaan Covid-1 di tubuh manusia.

Pengujian ini bertujuan untuk mendeteksi pola genetik (DNA dan RNA) dari suatu sel, kuman, atau virus, yang juga termasuk di dalamnya, si penyebab pandemi, SARS-CoV-2, atau virus Corona.

Tes PCR memiliki tingkat akurasi yang tinggi dengan kelemahan, yaitu waktu pengujian yang cukup lama. Namun bila Anda memeriksakan diri di laboratorium dengan fasilitas modern, seperti GSI Lab, hasil pemeriksaan bisa diketahui dalam waktu 24 hingga 48 jam setelah pengambilan sampel. Dengan tingkat akurasi yang tinggi, lebih baik bagi Anda untuk tes PCR pasca mudik. Selain untuk kenyamanan pribadi, juga untuk keselamatan dan kesehatan orang lain.

Manfaatkan juga kesempatan mendapatkan tes PCR gratis dari GSI Lab. Daftarkan diri di gsilab.id/id/swab-save/. Isi formulir dan lengkapi dokumen-dokumennya.

BACA JUGA: Alasan di Balik Booster yang jadi Syarat Mudik

Dengan mendapatkan tes PCR pasca mudik, Anda turut serta membantu pemerintah dalam usaha untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik, bebas pandemi Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *