Tanpa tahu penyebab sakit mata, tiba-tiba ada bentol di kelopak atau bercak merah pada area sklera. Hal ini sering terjadi karena infeksi bakteri atau virus yang tidak terasa. Selain itu, masih banyak gangguan pada mata yang lain tapi belum kita ketahui.

Sakit mata dapat terjadi karena pada dasarnya jaringan bola mata kita sangat sensitif. Keberadaan kelopak dan bulu mata merupakan mekanisme pelindung alami yang kita miliki. Namun demikian, ada kalanya bakteri yang sangat kecil maupun virus yang tak kasat mata terpapar ke area penglihatan tersebut.

Ada beberapa kondisi gangguan pada mata yang bisa hilang sendiri. Ada juga yang memerlukan penanganan khusus atau lebih serius. Penyebab sakit mata tersebut akan kita bahas satu per satu di bawah ini.

Penyebab sakit mata karena mata kering

ilustrasi mata kering
Sumber gambar

Saat ini, semakin banyak orang yang beraktivitas dengan smartphone dan gadget lain seperti laptop atau komputer. Terkadang durasinya cukup panjang, apalagi setelah masa pandemi yang menyebabkan komunikasi dan sistem kerja remote atau bahkan kuliah virtual menjadi hal yang biasa. Kegiatan seperti ini bisa membuat mata kering akibat paparan sinar gadget tersebut.

Mata kering bisa menjadi bagian dari mata lelah. Terasa tidak nyaman, mata seperti lebih kasar bila kita pakai berkedip, serta ada rasa ngilu atau sakit di pelipis sekitar. Hal tersebut merupakan salah satu tanda mata kering.

Saat ini sudah ada tetes mata atau eye drop yang membantu memberikan kelembaban. Namun demikian, tetaplah menyempatkan untuk melihat ke arah lain selama kurang lebih 2-3 menit sambil mengedip-ngedipkan mata. Cara ini bisa membantu untuk meratakan kelembaban dari cairan di bola mata, serta membuat pandangan kita lebih rileks.

Kondisi alergi

Sakit mata juga bisa terjadi karena ada alergi. Misalnya pada kondisi alergi makanan yang menyebabkan mata terasa seperti ditusuk-tusuk atau menyebabkan pembengkakan pada area sekitar mata. Selain alergi makanan, juga bisa karena paparan asap atau kontak dengan bahan tertentu pada skin care atau kosmetik mata.

Untuk yang satu ini, kita memang perlu mengamati kecenderungan alergi diri sendiri dan sebisa mungkin menghindari alergennya. Sedangkan untuk mengatasi keluhan pada mata, kita bisa mengompres untuk meredakan area yang terdampak, mengistirahatkan mata sejenak, hindari paparan panas dan cahaya yang terlalu kuat. Bila perlu, gunakan obat anti alergi sesuai rekomendasi dokter.

Penyebab sakit mata karena iritasi

ilustrasi iritasi mata
Sumber gambar

Hampir sama dengan penyebab sebelumnya. Namun biasanya kondisi ini bukan karena alergi, melainkan bisa akibat cedera, kemasukan partikel tertentu, kemasukan serangga, gesekan dan masih banyak lagi. Bila kondisi ini terjadi, kita perlu lebih dulu membebaskan mata bila ada benda asing yang cukup besar.

Jangan khawatir karena mata sendiri juga akan mencoba mengeluarkannya dengan mengeluarkan cairan dari kelenjar air mata. Sambil itu, basuh mata dengan air untuk memudahkan kotoran keluar dan menyejukkan area sekitar mata.

Bila iritan atau iritasi cukup sulit kita atasi sendiri, sebaiknya bawa ke klinik atau fasilitas kesehatan terdekat agar mendapat bantuan medis. Sebab mata adalah jaringan yang rawan. Hindari menggunakan alat dan tangan yang tidak steril.

Gigitan serangga

Ada beberapa gejala sakit mata yang menyerupai bintitan karena bakteri, tetapi sebenarnya adalah karena serangga. Serangga kecil seperti semut atau lainnya, bisa menyebabkan bentol pada kelopak mata. Namun biasanya kondisi ini ringan dan bisa hilang dalam hitungan hari atau jam.

Kompres area mata yang mengalami gigitan serangga. Biasanya memang terasa gatal dan ada juga yang menimbulkan panas. Kompresan air dingin bisa membantu mengurangi keluhan.

Bintitan

Hampir sama seperti poin sebelumnya, tetapi sakit mata karena bintitan merupakan perkembangan bakteri Staphylococcus di dalam kulit kelopak mata. Akhirnya, tampak ada bentol yang bisa membesar, kadang beserta warna kemerahan dan cukup membuat tidak nyaman. Misalnya terasa lebih ngilu atau sakit.

Ada kalanya kondisi ini juga terjadi karena kuman dan sel kulit mati terjebak pada area tersebut. Pada masa bentolan mulai membesar, bintitan ini menyebabkan rasa panas dan menyebabkan air mata keluar serta ada belekan. Bila sudah demikian, sebaiknya periksakan ke dokter.

Nantinya dokter akan memberikan resep yang bisa melawan perkembangan bakteri serta obat tetes mata yang khusus untuk mengatasi gejala tersebut. Untuk menahan rasa inflamasinya, kita bisa menggunakan kompres dingin.

Tekanan bola mata tinggi

ilustrasi tekanan bola mata tinggi
Sumber gambar

Ada kalanya mata lebih sensitif pada cahaya matahari atau terasa mudah lelah? Kemungkinan ada hubungannya dengan tekanan bola mata tinggi. Tidak hanya itu, gejala ini bisa berkembang dan membuat orang yang mengalaminya merasakan sakit kepala, mata lebih berat, silau dan sejenisnya. Kebanyakan orang mengira mata mereka lelah, tetapi bisa jadi hal ini akibat tekanan bola mata tinggi.

Bila kita biarkan, hal ini bisa mempercepat terjadinya glaukoma. Meski sebenarnya kondisi ini sering terjadi pada lansia, tetapi mereka yang berusia lebih muda perlu sadar akan risiko seperti ini. Pemicunya bisa karena kelelahan, stres, tekanan darah tinggi dan lain sebagainya.

Untuk mengatasinya, kita perlu berkonsultasi dengan dokter bila mengistirahatkan mata dirasa kurang cukup. Sebab hal ini berhubungan dengan kondisi dalam mata, di mana untuk mengetahuinya memerlukan alat khusus.

Cara mencegah kondisi sakit mata

Kita memerlukan kehati-hatian dalam merawat mata, sebab beberapa penyakit yang terjadi memiliki gejala-gejala yang terkesan umum. Karena terbiasa dengan gejala tersebut, tanpa kita sadari sebenarnya kondisinya meningkat seiring dengan waktu dan berpotensi menyebabkan kerusakan.

Nah, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah permasalahan tersebut:

  • Gunakan kacamata anti radiasi
  • Periksakan mata secara rutin
  • Gunakan pelindung mata bila bersepeda atau berkendara secara terbuka
  • Jaga kebersihan mata dan tangan
  • Tidak mengucek mata
  • Hindari alergen yang bisa terkena pada mata
  • Bersihkan alat rias untuk wajah dan mata, serta bersihkan makeup dengan benar
  • Hindari stres
  • Beri jeda dari menatap laptop atau smartphone

BACA JUGA: Alasan Glaukoma Mata Adalah Gangguan yang Bisa Dicegah

Dengan menerapkan beberapa cara ini, merupakan bentuk usaha untuk bisa mencegah permasalahan pada mata. Namun bila keluhan dan kondisinya tak terhindarkan, atasi sesuai solusi di atas atau hubungi dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *