Positif Covid setelah vaksin pertama menjadi pertanyaan tersendiri bagi yang mengalaminya. Kemudian pertanyaan berikutnya mungkin adalah kapan waktunya untuk bisa mendapatkan vaksin dosis ke-2.

Sejak Januari 2021 Indonesia sudah melakukan program vaksinasi Covid 19 dan masih berlangsung hingga kini. Setiap vaksin, biasanya diberikan dua kali dengan rentang waktu yang berbeda.

Vaksinasi dengan dua dosis bertujuan untuk membentuk kekebalan yang maksimal. Waktu pemberian vaksin satu dan dua pun berbeda tiap jenisnya.

Selain itu, kekuatan daya tahan tubuh yang terbentuk setelah vaksin berbeda antar-individu.

Positif Covid Setelah Vaksin Pertama

Dilaporkan banyak yang terinfeksi Covid 19 usai mendapatkan vaksin dosis pertamanya. Memang untuk membentuk atau membangun antibodi setelah vaksin, tubuh memerlukan waktu berminggu-minggu.

Sempurnanya, antibodi akan terbentuk pada hari ke-28 untuk mulai bekerja melawan speak terjang virus corona.

Meski antibodi sudah terbentuk, vaksin juga tak sepenuhnya atau 100 persen membuat tubuh menjadi kebal terhadap virus corona. Vaksin hanya bekerja untuk mencegah timbulnya gejala yang parah dan dapat membantu menekan risiko kematian.Namun program vaksinasi ini jangan membuat Anda lupa atau mengabaikan protokol kesehatan.

Itu sebabnya kedisiplinan dan kepatuhan tetap menerapkan protokol kesehatan tetap harus Anda lakukan tanpa patah semangat.

Jadi dengan vaksinasi diharapkan benteng pertahanan tubuh akan menjadi lebih kuat terhadap paparan virus corona penyebab covid 19. Sehingga apabila tertular, biasanya gejalanya ringan atau tidak bergejala berat.

Mengapa Bisa Positif Walau Sudah Vaksin?

Kemungkinan penyebabnya cukup banyak.

Salah satunya adalah dekatnya waktu antara paparan dengan vaksin yang mungkin vaksin belum bekerja secara maksimal.

Faktor lainnya adalah bentuk varian virus Covid 19 akibat mutasi yang sudah begitu banyak yang lebih mudah menular dan lebih kuat menimbulkan infeksi.

Mutasi pada virus merupakan salah satu bentuk upaya virus untuk mempertahankan diri. Maka tidak heran mutasi ini kemungkinan menyebabkan penurunan potensi dari vaksin.

Kapan Vaksin yang Kedua?

Apabila seseorang positif Covid 19 setelah vaksin dosis pertama dan sedang dalam masa inkubasi saat vaksin pertama, maka dosis vaksinasi kedua tidak diberikan sesuai dengan jadwal yang biasanya sudah ditentukan.

Pemberian dosis kedua adalah setelah dinyatakan sembuh sekitar 3 bulan. Namun Anda tidak perlu mengulang vaksin pertama.

Menurut Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, menegaskan bahwa vaksinasi dosis pertama dan kedua harus menggunakan vaksin yang sama. Jadi, jika vaksinasi pertama dengan Sinovac, maka vaksinasi kedua harus diberikan vaksin Sinovac juga atau vaksin yang sama.

Kekuatan benteng pertahanan tubuh perlu tetap Anda pertahankan. Caranya adalah dengan makan makanan bergizi, cukupi asupan air,  tetap memakai masker (kini dengan masker dobel), hindari kerumunan, jaga jarak dan hindari area yang memiliki sirkulasi udara yang buruk.

Jangan lupa, jangan bepergian bila tidak ada keperluan yang mendesak. Kini pemerintah tengah menggelar program PPKM atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang akan berlangsung hingga akhir Juli 2021.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *