Akupuntur merupakan salah satu prosedur pengobatan yang cukup populer di masyarakat. Pengobatan menggunakan jarum ini banyak digemari masyarakat karena cukup sederhana, tidak terasa menyakitkan, dan memiliki beberapa manfaat. Tak heran cukup banyak klinik akupuntur bertebaran di mana-mana. Anda mungkin termasuk dalam sebagian orang yang mencari tempat akupuntur terdekat dengan domisili Anda saat ini.

Sebenarnya apa itu akupuntur? Akupuntur merupakan prosedur pengobatan tradisional yang berasal dari Cina. Prosedur ini menganut ilmu pseudosains, yaitu teori yang dikenal sebagai sesuatu yang berbau ilmiah, meskipun sebenarnya tidak mengikuti kaidah ilmiah yang digunakan secara umum.

Prosedur akupuntur ini pun masih menimbulkan pro dan kontra hingga saat ini. Beberapa literatur mengatakan bahwa akupuntur tidak terbukti memiliki efektivitas dalam menyembuhkan beberapa penyakit. Beberapa penelitian menganggap bahwa klaim dari akupuntur selama ini cenderung berlebihan. Akan tetapi, kini, ilmu pengetahuan semakin berkembang pesat dan berbagai penelitian yang fokus terhadap akupuntur semakin banyak. Ternyata meskipun tidak besar, namun akupuntur memang terbukti memiliki dampak positif untuk kesehatan.

Nah, apabila Anda sedang mencari informasi seputar akupuntur dan lokasi akupuntur terdekat, artikel ini akan membantu Anda mengenal lebih jauh mengenai akupuntur.

Manfaat akupuntur bagi kesehatan

ilustrasi pusing
Sumber gambar

Di antara banyak pro dan kontra seputar akupuntur di masyarakat, masih ada banyak penelitian yang pro terhadap prosedur pengobatan ini. Akupuntur ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut adalah beberapa manfaat dari akupuntur bagi kesehatan tubuh:

Mengatasi nyeri kepala

Nyeri kepala atau pusing merupakan kondisi yang tidak bisa dianggap sepele. Meskipun nyeri kepala yang Anda alami tidak didasari penyakit yang berbahaya, namun kondisi tersebut tetap mengganggu aktivitas dan mengurangi produktivitas. Beberapa jenis nyeri kepala yang dapat diatasi dengan akupuntur adalah TTH (Tension Type Headache), migrain, dan nyeri kepala kluster.

Meringankan nyeri kronis

Akupuntur memang paling dikenal dengan kemampuannya mengatasi nyeri daripada kemampuan mengobati penyakit dasar seseorang. Akan tetapi, nyeri bukanlah sesuatu yang patut diremehkan. Nyeri kronis yang berlangsung menahun seperti nyeri pada pasien kanker maupun nyeri tulang punggung, tentu sangat mengganggu kualitas hidup seseorang.

Membantu mengatasi insomnia

ilustrasi insomnia
Sumber gambar

Insomnia merupakan kondisi ketika tubuh tidak memperoleh cukup waktu untuk tidur. Kondisi ini bisa terjadi karena seseorang tidak bisa tidur sampai tengah malam, sering terbangun di malam hari, atau bahkan bangun terlalu awal hingga tidak bisa tidur lagi. Kondisi ini bisa diatasi dengan berbagai cara, salah satunya akupuntur.

Membantu pengobatan asthma

Tahukah Anda bahwa penyakit asthma bisa diterapi dengan akupuntur? Tentu saja Anda tidak serta merta mengabaikan faktor pemicu serangan dan tetap mengonsumsi obat secara medis. Akan tetapi, prosedur akupuntur dikenal cukup efektif sebagai terapi penunjang dalam asthma.

Akupuntur kecantikan

Ingin tampil lebih cantik dan menawan? Akupuntur bisa menjadi salah satu solusinya. Tusukan jarum akupuntur pada area wajah mampu melancarkan sirkulasi darah dan limfatik sehingga kulit tampak lebih kencang, segar, dan bebas jerawat.

Tips memilih tempat untuk prosedur akupuntur terdekat

ilustrasi prosedur di akupuntur terdekat
Sumber gambar

Setelah mengetahui tentang akupuntur, Anda mungkin tertarik dan mulai mencari tempat akupuntur terdekat dengan lokasi Anda. Tapi tunggu dulu, sebelum mencari tempat akupuntur terdekat, ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal berikut:

Pastikan tempat akupuntur berlisensi

Memastikan tempat tujuan akupuntur Anda memiliki lisensi resmi dan aman adalah kewajiban nomor satu. Ada banyak ahli akupuntur amatir di luar sana. Jangan sampai Anda tertipu dan menyerahkan kesehatan Anda di tangan orang yang bukan ahlinya.

Ahli akupuntur memang tidak selalu dokter, namun kini cukup banyak dokter yang memiliki lisensi akupuntur. Apabila memang lebih meyakinkan, sebaiknya Anda pergi ke klinik akupuntur yang juga menyediakan layanan dari dokter.

Ketahui kondisi kesehatan

Pastikan diagnosis Anda ke dokter terlebih dahulu. Jangan sampai Anda hanya asal mendiagnosis diri sendiri. Hal ini karena tidak semua penyakit bisa diatasi dengan akupuntur, justru ada beberapa penyakit yang menjadi kontraindikasi mutlak akupuntur.

Pilih lokasi akupuntur terdekat

Bagaimanapun, lokasi akupuntur terdekat dapat memberikan kenyamanan tersendiri. Terbebas dari macet, jarak yang bisa ditempuh dalam waktu singkat, tentu akan membuat Anda lebih nyaman dan rutin dalam melakukan akupuntur.

Sesuaikan dengan anggaran

Anda bisa memilih berbagai klinik akupuntur terdekat, mulai dari yang berbiaya murah hingga mahal. Saran kami, pilihlah klinik akupuntur yang sesuai anggaran keuangan Anda, namun jangan pilih tempat yang terlalu murah, kecuali Anda telah memastikan keamanannya.

BACA JUGA: Sering Dikira Menyakitkan, Akupuntur Memiliki Manfaat Segudang

Nah, itulah sekilas mengenai manfaat akupuntur dan tips memilih tempat untuk melakukan prosedur akupuntur terdekat. Akupuntur merupakan terapi penunjang yang layak dicoba, namun tetap tidak bisa dianggap sebagai terapi utama, terutama untuk penyakit yang berat. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda dalam hal kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *