Drive thru rapid swab antigen lebih praktis dan hemat waktu.

Rapid swab antigen kini menjadi salah satu syarat yang harus Anda lakukan saat ingin melakukan perjalanan dengan pesawat, misalnya.

Dengan harapan hal ini dapat membantu pemerintah mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

Pemeriksaan atau tes secara drive thru caranya saja yang berbeda.  Pengambilan spesimennya yang sama yakni dengan metode swab.

Rapid swab antigen merupakan salah satu tes atau pemeriksaan cepat untuk mendeteksi keberadaan antigen virus Corona pada saluran pernapasan.

Tes ini dengan melakukan swab pada hidung dan tenggorokan. Kemudian tenaga medis akan measukkannya ke dalam alat dan melihat reaksi antigen Covid-19.

Pemeriksaan secara drive thru rapid swab antigen ini lebih akurat ketimbang dengan antibodi karena antigen langsung dapat mewakili keberadaan virus Corona dalam tubuh.

Walau tes ini menggunakan sampel lendir dari area belakang hidung maupun belakang tenggorokan, namun Indonesia lebih banyak menggunakan sampel dari hidung.

Jika hasilnya positif, artinya sampel lendir tersebut mengandung antigen virus Corona.

Meski begitu, tes antigen hanya sebagai pemeriksaan skrining (awal) saja. Anda tetap membutuhkan pemeriksaan PCR sebagai langkah diagnosis untuk memastikan infeksi Covid-19.

Apa Itu Antigen?

Antigen merupakan zat asing yang berasal dari misalnya racun, virus, bakteri, yang memasuki tubuh.

Ada beberapa atau sebagian saja antigen yang berbahaya oleh tubuh, sehingga antigen berbahaya ini memicu sistem imun atau daya tahan tubuh untuk membentuk zat kekebalan tubuh (antibodi).

Reaksi ini merupakan bentuk pertahanan alami tubuh untuk mencegah terjadinya penyakit yang dalam kasus ini adalah Covid-19.

Rapid swab antigen termasuk tes imun untuk mendeteksi protein atau antigen tertentu dari virus yang memunculkan respons kekebalan tubuh.

Untuk mendiagnosis patogen pernapasan, seperti virus influenza dan Respiratory Syncytial Virus (RSV) juga bisa dengan rapid swab antigen ini.

Sensitivitas rapid swab antigen bergantung pada jumlah virus, dan banyak sedikitnya bergantung pada kapan Anda melakukan pemeriksaan.

Pada orang yang terinfeksi, jumlah virus tertinggi adalah pada saat awal infeksi yaitu pada minggu pertama gejala dan saat ini adalah waktu yang tepat untuk tes rapid swab antigen.

Hasilnya cepat sudah dapat terlihat dalam waktu 15-30 menit mengingat proses pengecekan sampel tidak memerlukan proses dalam laboratorium.

Bila kadar antigen pada sampel cukup, antigen akan mengikat antibodi tertentu yang terdapat pada strip kertas terbungkus plastik. Selanjutnya akan menghasilkan tanda visual, berupa tanda garis atau strip. Antigen terdeteksi saat virus aktif bereplikasi.

Infeksi Covid-19

Virus penyebab infeksi Covid-19 terutama melalui droplet (percikan air liur) yang keluar saat orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau mengembuskan napas.

Nah tahu kan droplet dapat bertahan dalam udara, sehingga dengan cepat jatuh dan menempel pada lantai atau permukaan lainnya.

Risiko penularan bisa terjadi saat menghirup udara yang mengandung virus atau kontak dekat dengan orang yang sudah terinfeksi via droplet apalagi tidak menggunakan masker.

Selain itu, bisa tertular jika menyentuh permukaan benda yang sudah terkontaminasi oleh virus ini lalu menyentuh mata, hidung, atau mulut.

Masa infeksius Covid-19 adalah hari ke-2 sebelum menimbulkan gejala hingga hari ke-10 setelah bergejala.

Rapid Swab Antigen dan Akurasinya

Nah, masa tes ini memiliki akurasi tertinggi hampir sama dengan masa infeksius ini, yakni 1-3 hari sebelum gejala muncul hingga hari ke-7 setelah gejala muncul.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Amerika Serikat (Center for Disease Control/CDC) merekomendasikan tes ini sebagai salah satu alat skrining Covid-19.

Biasanya terutama untuk pasien yang tidak bergejala atau dengan adanya kecurigaan kontak sebelumnya dengan pasien Covid-19.

Sedangkan WHO merekomendasikan rapid swab antigen ini pada daerah yang memiliki transmisi komunitas yang luas dan tidak tersedianya pemeriksaan PCR atau karena hasilnya lambat atau memerlukan waktu yang lebih lama.

Drive thru rapid swab antigen dapat menjadi solusi Anda yang dapat menyempatkan diri walau Anda tengah sibuk dengan pekerjaan. Lokasinya juga cukup strategis area Jakarta Selatan, yakni GSI Lab,

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *