Perasaan tidak nyaman pada mata sering di alami banyak orang. Lantas untuk mengatasinya dengan cara termudah adalah dengan menggunakan obat tetes mata bebas yang ada di pasaran. Namun, ternyata tidak semua aman dan menimbulkan efek samping ketika digunakan secara sembarangan.

Pemakaian obat tetes mata, bukanlah sesuatu yang tidak diperbolehkan. Namun, mengutip dari dr Rina  La Distia Nora, SpM(K), PhD, dari Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI), tidak menggunakan obat ini secara sembarangan dan terus menerus. Berikut beberapa masalah yang dapat timbul jika terlalu sering dan bagaimana tips aman saat ingin menggunakan obat tetes mata. Simak ulasan berikut sampai tuntas, ya!

Dapat menyebabkan kebutaan jika sembarangan

Menurut salah seorang dokter yang juga seorang konten kreator dalam sebuah postingan video Tiktok mengatakan, bahwa obat mata yang mengandung steroid termasuk dalam kategori keras. Obat tetes mata yang masuk dalam kategori ini tidak bisa digunakan secara sembarangan. Penggunaan obat tetes mata jenis ini tentu saja membutuhkan resep dokter.

[sumber gambar]
Jika kita tetap menggunakan tanpa pengawasan dan resep dokter hal inilah yang dapat berakibat fatal pada mata. Salah satunya adalah risiko mengalami kebutaan. Obat mata yang mengandung steroid sendiri adalah obat yang bertujuan mengobati infeksi dan peradangan mata. Jadi pastikan kamu membeli obat tetes mata yang tepat dan cek terlebih dahulu aturan pakai obat yang kamu beli.

Menimbukan infeksi hingga katarak

[sumber gambar]
Menurut seorang doker ketua ketua kelompok staf medis vitreoretina di Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Cicendo, Bandung, Dr. Grimaldi Ihsan. Penggunaan steroid yang tidak tepat, baik karena terlalu sering atau tidak tepat bisa mengakibatkan perburukan infeksi mata, seperti glukoma, bahkan hingga katarak. Efek ini akan bertambah buruk jika obat yang digunakan tidak tepat dan berulang-ulang. Jadi pastikan terlebih dahulu atau dapat konsultasikan ke dokter terkait obat tetes mata yang dipakai.

Obat mata biasa berbahaya jika digunakan secara berlebihan

Pada sebagian orang, mengalami keluhan mata gatal, dan kering adalah hal yang biasa. Maka dari itu, penggunaan obat tetes mata mudah dipakai untuk mengatasi masalah tersebut. padahal jika digunakan secara tidak tepat hal ini dapat menimbulkan efek samping.

[sumber gambar]
Beberapa efek yang timbul ketika menggunakan obat mata terlalu sering adalah mata terasa perih, bahkan sampai menimbulkan nyeri dan efek terbakar di mata, iritasi, mata merah dan terasa panas. Jika kamu mengalami masalah tersebut segera periksakan diri ke dokter.

Mengenal berbagai jenis obat mata di pasaran

Ketika ingin membeli obat mata pastikan kamu mengenal terlebih dahulu berbagai jenisnya di pasaran. Dr Girmaldi menjelaskan, obat mata memiliki berbagai jenis seperti obat mata pengganti air mata, antibiotic, steroid, hingga jamur. Jika salah dalam menggunakan beragam jenis obat tersebut akan menimbulkan efek yang tidak sesuai dengan yang diharapkan pada mata.

[sumber gambar]
Ada tiga jenis kategori obat yang bisa kita lihat melalui kemasan obat mata tersebut. Setiap obat tetes mata memiliki lingkaran dengan tiga warna berbeda yaitu:

  • Obat mata dengan lingkaran hijau artinya bebas dan aman digunakan tanpa resep dokter.
  • Obat mata dengan lingkaran biru artinya bebas terbatas, berarti boleh dibeli tanpa resep dokter namun ada kemungkinan efek samping jika digunakan secara berlebihan.
  • Obat mata dengan lingkaran merah artinya wajib dengan resep dokter, sebelum membeli dan menggunakannya.

Sebenarnya tidak perlu sering menggunakan obat tetes mata

Ada baiknya sebelum menggunakan obat tetes mata memerhatikan tujuan menggunakannya. Meski apoteker bisa menyarankan, kita tetap harus jeli dalam memilih sesuai dengan kebutuhan. Usahakan membeli obat tetes mata yang bebas pengawet. Cukup gunakan obat tetes mata sesuai kebutuhan dan mata pun dapat lebih mudah pulih.

[sumber gambar]
Bahkan pada dasarnya, mata sudah sehat sehingga tidak perlu menggunakan obat tetes mata secara sering. Kita bisa menggunakan pelindung mata saat beraktivitas atau ubah pola hidup agar lebih sehat.

BACA JUGA: Ini Alasan Antibiotik Tak Bisa Diminum Sembarangan

Jadi alangkah baiknya untuk berhati-hati menggunakan obat tetes mata, agar tidak menyesal di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *