Salah satu jenis pusing yang sering terjadi adalah sakit kepala sebelah kanan. Penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja, namun juga cukup sering terjadi pada perempuan.

Sakit kepala sebelah kanan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bagian kiri. Kebanyakan faktor pemicunya adalah karena gaya hidup sedang tidak seimbang. Bila kita biarkan, juga bisa menjadi masalah berkepanjangan. Sebaiknya jangan mengabaikan bila gejala terjadi.

Sakit kepala bisa terjadi karena saraf di kepala sedang aktif akibat adanya stimulasi dari hormon atau kondisi eksternal (benturan atau paparan cuaca ekstrem). Sakit kepala sebelah ini sering terjadi pada perempuan, sebab aktivitas hormonal dalam tubuh yang cukup aktif dan kompleks.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi pemicu munculnya rasa pusing di salah satu sisi kepala ini. Berikut ini di antaranya:

Sakit kepala sebelah kanan karena paparan cuaca

ilustrasi sakit kepala sebelah kanan karena cuaca
Sumber gambar

Paparan cuaca bisa terasa normal atau ekstrem. Dari sangat panas atau sangat dingin. Selain cuaca, suhu udara di mana kita beraktivitas juga bisa berbeda. Kontras suhu udara dan kondisi cuaca ini bisa menyebabkan saraf kepala kita menjadi aktif dan nyeri.

Sakit kepala akibat paparan cuaca dan suhu ini sering terjadi dalam masa bepergian dengan kendaraan dengan durasi yang panjang, atau bekerja indoor dan outdoor dalam waktu bersamaan. Cukupi kebutuhan air untuk meningkatkan ketahanan tubuh menghadapi kondisi di luarnya, serta gunakan topi, hoodie, helm atau sejenisnya untuk menghindari interaksi langsung dengan terik matahari atau semburan pendingin ruangan.

Menghadapi kecemasan atau tegang

Pada saat kita cemas, gelisah atau berada dalam tekanan, dapat membuat tubuh merespon. Baik itu dengan merilis hormon atau tubuh otomatis dalam kondisi siaga. Ketegangan bisa muncul pada saraf dan otot, sehingga menimbulkan rasa berat dari tengkuk dan sakit kepala di satu sisi.

Untuk mencegahnya, kita perlu latihan mengelola respon akan suatu hal. Sehingga tidak memunculkan reaksi yang impulsif. Bila sakit kepala sudah terjadi, alokasikan waktu untuk istirahat sejenak. Lakukan pemijatan ringan dan perlahan sekitar 10-15 menit pada area-area yang terasa kencang. Seperti kening, telinga dan belakang telinga, leher dan tengkuk serta pundak dan punggung belakang.

Konsumsi minuman hangat yang membuat rileks, seperti teh atau jahe hangat, bisa membantu meredakan otot yang terasa tegang.

Sakit kepala sebelah kanan karena kurang minum air

Penyebab sepele tapi sering terjadi adalah tidak memenuhi kebutuhan air putih. Padahal seluruh metabolisme kita bukan hanya membutuhkan energi, namun juga cairan. Tubuh lebih mudah mencerna air mineral daripada cairan dengan warna dan rasa. Bila sedang bepergian, beraktivitas atau melakukan kegiatan sehari-hari, selalu penuhi kebutuhan cairan secara bertahap.

Akibat kurang tidur

ilustrasi kurang tidur
Sumber gambar

Sakit kepala sebelah bisa terjadi karena jam tidur malam yang sangat singkat. Misalnya hanya tidur 3-4 jam di mana semestinya kita beristirahat setidaknya 6-8 jam. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah rendah, rasa mengantuk dan sistem saraf di kepala bekerja ekstra dalam kondisi yang tidak maksimal.

Akhirnya bisa menyebabkan sakit kepala yang nyerinya terasa spesifik. Sebaiknya beristirahat sejenak dan jangan memaksakan beraktivitas karena bisa berisiko. Misalnya bila harus menyetir atau melakukan pekerjaan dengan alat atau medan yang berisiko.

Jika rehat atau tidur sejenak tidak membantu, kita bisa menggunakan obat seperti paracetamol sambil menghidrasi tubuh setiap satu jam. Namun, sebaiknya tetap melanjutkan dengan istirahat untuk memulihkan kondisi lebih optimal.

Sedang dalam siklus hormonal

Penyebab berikutnya yang sering terjadi pada perempuan, yaitu sedang dalam siklus hormonal. Misalnya PMS (pre menstrual syndrome), menstruasi atau sedang hamil. Kondisi ini dapat menyebabkan tubuh tidak fit, salah satunya adalah menyebabkan sakit kepala.

Untuk bisa mencegah kondisi ini terjadi, di fase normal sebaiknya selalu menjaga gaya hidup sehat. Di antaranya adalah makanan dengan gizi seimbang, istirahat cukup, mengelola stres dan jam istirahat yang sesuai dengan kondisi kita. Sebab dengan menjaga keseimbangan gaya hidup, siklus hormonal juga lebih stabil.

Sakit kepala sebelah kanan karena trigeminal neuralgia

ilustrasi sakit kepala
Sumber gambar

Termasuk penyakit langka yang bisa membuat penderitanya terganggu dalam kehidupan sehari-hari. Dari luar orang tersebut mungkin akan nampak baik-baik saja, namun bila kambuh, penyakit ini seperti menyedot energi sehingga lemas.

Penyakit ini muncul karena ada kelainan pada saraf utama di wajah, yang posisinya ada di pelipis. Sebenarnya tidak banyak terjadi, namun efek sampingnya agak merugikan keberlangsungan hidup orang tersebut. Sebab kondisi ini juga memicu kondisi lain yang parah sehingga harus bed rest atau melalui pengobatan yang panjang.

Kita bisa mencegah munculnya sakit kepala sebelah kanan dengan menghindari beberapa penyebab. Misalnya dengan memenuhi kecukupan jam tidur, mengonsumsi makanan bergizi dan cukup minum air putih. Seimbangkan antara aktivitas, istirahat dan olahraga, khususnya bagi perempuan untuk menjaga siklus hormonal tidak impulsif.

Beberapa jenis migrain atau sakit kepala juga bisa terjadi akibat adanya kondisi penyakit yang serius. Misalnya yang berhubungan dengan pembuluh darah atau saraf di kepala, hingga bagian otak. Beberapa tandanya adalah ketika pusing sering terjadi hampir setiap hari atau bisa berlangsung beberapa kali dalam sehari.

BACA JUGA: Sakit Kepala Sebelah Kiri Pertanda Gejala Apa?

Bila sudah ada tanda seperti ini, sebaiknya periksakan ke fasilitas kesehatan atau dokter terdekat. Supaya bisa menghindari adanya kemungkinan keparahan kondisi dan mendeteksi lebih dini bila ada kondisi yang butuh penanganan khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *