Sama seperti pusing di satu sisi, ada juga sakit perut sebelah kanan saja atau kiri. Hal ini lumrah terjadi, karena di bagian perut kita terdapat sistem pencernaan yang komplek, seperti halnya di kepala ada banyak sistem saraf.

Sakit perut dapat terjadi mayoritas karena gangguan sistem pencernaan atau gangguan pada reproduksi. Bila terjadi di salah satu sisi, maka berhubungan dengan sistem dan organ pada posisi tersebut.

Berikut ini akan kita bahas mengenai sakit perut sebelah kanan lebih mendalam. Bisa menjadi kondisi yang ringan maupun spesifik sehingga memerlukan penanganan khusus.

Penyebab sakit perut sebelah kanan

ilustrasi penyebab sakit perut sebelah kanan
Sumber gambar

Pada bagian perut sebelah kanan, terdapat beberapa unsur organ pencernaan yang penting. Seperti hati, empedu, usus buntu, tuba falopi kanan atau ginjal sebelah kanan. Seringkali, bila ada sakit atau melilit yang berkelanjutan pada area tersebut, seringnya terjadi karena ada gangguan ringan, sedang, hingga berat pada organ yang berkaitan. Berikutnya, mari kita bahas satu per satu tentang jenis sakit perut yang mungkin terjadi di sebelah kanan.

Gejala masuk angin

Gejala masuk angin dapat memberikan rasa kembung di salah satu sisi perut. Seperti kiri, kanan atau tengah. Gejalanya terasa bergejolak dan nyeri agak tajam seperti saat berlari jauh. Bila mengalami hal ini tanpa ada gejala yang lebih berat, kemungkinan adalah masuk angin ringan.

Gunakan minyak gosok seperti minyak kayu putih atau konsumsi minuman jahe hangat. Sehingga dapat membantu menenangkan gejolak di dalam perut dan mengeluarkan gas di dalamnya.

Sakit perut sebelah kanan karena olahraga

Ada gerakan olahraga aktif seperti berlari atau aerobik yang dapat membuat perut kita merasakan sensasi tajam di satu sisi perut atas, baik kanan maupun kiri. Sebagian orang menyebut fenomena ini dengan istilah ‘suduken’.

Biasanya kondisi ini bisa terjadi karena jeda waktu antara makan sebelum olahraga dan olahraga itu sendiri terlalu dekat. Sehingga lambung belum selesai mencerna, namun kembali harus mengelola energi untuk dibakar. Sebaiknya memberikan jeda waktu yang lebih panjang antara makan dengan olahraga, sekitar 1,5 atau 2 jam sebelumnya.

Terjadinya masalah di usus buntu

ilustrasi penanganan usus buntu
Sumber gambar

Tubuh kita memiliki bagian bernama usus buntu. Bila terjadi peradangan atau infeksi, dapat menimbulkan pembengkakan dan keluhan seperti demam, mual, muntah, kembung atau sembelit.

Radang usus buntu cukup banyak kasusnya di usia anak-anak hingga dewasa. Bila hal ini terjadi, pasien perlu segera mendapatkan penanganan dari medis. Sebab bila terjadi keterlambatan, usus buntu yang membengkak dapat menimbulkan infeksi yang menjalar ke seluruh rongga perut yang berbahaya.

Hepatitis sebabkan sakit perut sebelah kanan

Jenis penyakit yang cukup berat dan perlu penanganan bila terjadi sakit perut sebelah kanan adalah hepatitis. Penyebabnya adalah infeksi virus atau konsumsi obat dan zat lain yang memberatkan kondisi hati atau liver kita. Seperti mereka yang mengonsumsi minuman beralkohol dalam waktu lama, dapat merusak fungsi hati.

Seperti penyakit pencernaan lainnya, hepatitis dapat menimbulkan rasa mual, energi menurun dan muntah. Kondisi ini sebaiknya mulai kita periksakan bila menyebabkan nafsu makan turun, urine gelap, serta adanya perubahan warna feses yang lebih pucat.

Permasalahan batu empedu

Terjadinya batu empedu adalah karena konsumsi makanan kolesterol tinggi dan berlebihan. Hal ini menyebabkan hati mengeluarkan banyak sekali kolesterol, namun empedu tidak bisa melarutkan semuanya. Akhirnya kolesterol tadi berubah menjadi padat seperti batu atau kristal.

Bila mengalami kondisi ini, pasien perlu mendapatkan penanganan berupa operasi untuk mengeluarkan batu empedunya. Ukurannya bisa saja sangat kecil seperti pasir, tapi bisa juga berjumlah banyak. Ada juga batu empedu yang berukuran besar seperti bola bakso.

Meski berisiko pada siapapun, tapi lebih banyak kasus batu empedu terjadi pada wanita. Faktor pendukung lainnya adalah ketika memasuki usia 40-an tahun dan mengalami obesitas. Untuk pencegahannya, sebaiknya batasi makanan dengan kandungan kolesterol tinggi dan senantiasa mengimbangi asupan kita dengan makanan berserat seperti sayur dan buah.

Peradangan kantong empedu

Sakit perut sebelah kanan bisa terjadi karena peradangan kantong empedu atau disebut juga kolesistitis. Masih berhubungan dari masalah sebelumnya, di mana peradangan ini terjadi karena batu empedu menghalangi keluarnya saluran cairan empedu sehingga menimbulkan masalah baru.

Selain gejala seperti mual dan muntah, kondisi radang kantong empedu juga bisa menyebabkan rasa nyeri yang menjalar hingga ke bahu. Sebaiknya jangan menunda pengobatan bila mengalami kondisi ini.

Penyebab sakit perut sebelah kanan lainnya

ilustrasi sakit perut
Sumber gambar

Dalam kehamilan, ada istilah ektopik. Merupakan kondisi di mana wanita mengalami kehamilan di luar kandungan, seperti pada indung telur, leher rahim maupun tuba falopi. Hal ini juga bisa memicu sakit perut sebelah kanan, bila kehamilannya berada di sebelah kanan.

Beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan sakit perut di satu sisi adalah endometriosis, hernia, cedera panggul, penyakit pada pankreas atau bahkan tukak lambung. Karena ada banyak probabilitas penyakit yang mungkin terjadi, bila mengalami gejala yang tidak biasanya pada perut sebelah kanan atau sisi lainnya, sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter.

Informasi penyakit di laman internet adalah penunjang informasi, namun sebaiknya tidak menjadi dasar kita melakukan self diagnose atau mendiagnosa sendiri. Sebab diagnosa juga berpengaruh pada pengobatan yang tepat. Jadi, agar lebih aman, mencegah cemas dan pulih dengan seksama, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter lebih lanjut.

Untuk menjaga kesehatan pencernaan, selalu perhatikan kebersihan makanan kita. Selain itu, selalu variasikan nutrisi yang kita konsumsi. Batasi makanan dengan kandungan gula, garam dan lemak tinggi. Penuhi kebutuhan serat, vitamin dan mineral penting dari buah dan sayuran. Selain itu, cukupkan kebutuhan air putih kita.

BACA JUGA: Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah dan Cara Mengatasinya

Dengan pencernaan yang sehat, membuat harapan hidup meningkat, kekebalan tubuh menguat dan menjalani hari semakin semangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *