Bagian torso atau batang tubuh manusia mungkin mengalami gangguan, misalnya sakit pinggang sebelah kanan. Merupakan kondisi yang bisa jadi sangat mengganggu aktivitas sehari-hari kita.

Tak hanya itu, bisa jadi gejala ini sedang menunjukkan adanya kondisi serius yang berhubungan dengan otot, saraf ataupun organ. Oleh karena itu, perhatikan bagaimana gejalanya berlangsung. Bila cukup lama dan intens, kemungkinan perlu pemeriksaan dan penanganan.

Ada banyak faktor risiko sakit pinggang. Misalnya karena usia, aktivitas sehari-hari atau kelainan. Untuk lebih jelasnya, kita akan bahas dalam penjelasan berikut ini.

Sakit pinggang sebelah kanan

Sakit pinggang umumnya terjadi karena ada gangguan pada bagian otot, bantalan tulang, saraf atau organ yang ada di sekitar area tersebut. Bila di sebelah kanan, maka bisa jadi berkaitan dengan organ di bagian itu. Seperti ginjal, saluran kemih atau batu empedu.

Perlu diagnosa dari dokter untuk bisa memastikan keadaan dan memberikan penanganan yang tepat. Apabila hanya cedera otot, kemungkinan bisa melakukan pengobatan rumahan biasa. Namun bila berhubungan dengan organ, saraf dan tulang, biasanya memerlukan penanganan sesegera mungkin dari dokter atau fasilitas kesehatan yang berkompeten.

Cedera otot

ilustrasi cedera otot
Sumber gambar

Salah satu masalah yang sering terjadi dan menyebabkan sakit pinggang adalah karena cedera otot. Hal ini bisa terjadi karena kebiasaan duduk, kebiasaan menyetir, posisi tidur, cedera saat bekerja atau berolahraga.

Untuk kasus seperti ini bisa saja ringan ataupun berat. Untuk cedera ringan, biasanya bisa sembuh dengan sendirinya asal beristirahat, atau menggunakan bantuan obat oles, salep hingga koyo. Namun bila cederanya cukup berat, pengobatan bisa mengikuti arahan dokter atau menggunakan terapi khusus.

Penyempitan tulang belakang

Memasuki usia lanjut dapat menurunkan kondisi tulang tubuh bagi pria maupun wanita. Masalah yang sering terjadi adalah pada bantalan tulang belakang atau terjepitnya saraf, sehingga akan sangat mengganggu dan terasa sakit bagi yang mengalaminya.

Hal ini dapat terjadi saat duduk, beraktivitas yang memerlukan tubuh untuk membungkuk, salah posisi tidur dan lain-lain. Meski demikian, masalah kesehatan ini juga bisa hilang dengan istirahat yang cukup dan teratur. Namun bila gejala masih terus berlangsung, maka sebaiknya menjalani pemeriksaan secara medis.

Sakit pinggang sebelah kanan karena batu empedu

Ada masalah pencernaan akibat pola makan tidak sehat yang bisa menyerang sejak usia muda, yakni batu empedu. Meskipun berhubungan dengan pencernaan, namun juga bisa menimbulkan rasa sakit pada pinggang. Hal ini terjadi karena makanan yang tinggi kolesterol, sehingga hati tidak cukup memproduksi cairan untuk melarutkan kolesterol di empedu, sehingga sisanya mengkristal dan menjadi batu. Sebaiknya konsumsi makanan dengan gizi seimbang untuk bisa mencegah kondisi yang tergolong sebagai penyakit berat ini.

Masalah ginjal

ilustrasi wanita sedang mengalami sakit perut
Sumber gambar

Hampir sama seperti empedu, ginjal juga bisa mengalami permasalahan serupa. Kemungkinan besar penyebabnya adalah kurang konsumsi air putih dan tinggi konsumsi gula atau garam. Batu ginjal atau penyakit lain yang terkait dengan organ ini bisa menyebabkan penderitanya mengalami rasa sakit yang menjalar di sekitar pinggang.

Sakit kencing atau infeksi saluran kemih

Bila mengalami sakit saat kencing, kemungkinan sedang terkena infeksi saluran kemih atau ISK. Di antara beberapa gejala ISK, ada keluhan di area pinggang yang dapat mengganggu penderitanya. Kondisi ini cukup sering terjadi pada perempuan.

ISK sangat bisa kita cegah dengan mencukupi kebutuhan cairan setiap hari, dalam hal ini khususnya adalah air putih. Selain itu, juga jangan menahan bila butuh buang air kecil.

Skiatika pada saraf terpanjang tubuh

Merupakan saraf yang posisinya memanjang dari punggung sampai ke ujung kaki. Bila ada masalah dengan area ini, tentunya mengalami nyeri yang signifikan. Sebab bisa menjalar sepanjang area yang terhubung dengan kondisi ini. Penyebabnya seringkali adalah karena saraf yang ada di area panggul terjepit.

Penanganan penyakit ini cukup bervariasi. Bisa dengan istirahat saja atau mengompres area yang mengalami keluhan. Namun jika kondisi lebih kompleks, bisa membutuhkan suntikan steroid atau tindakan operasi untuk menanganinya.

Kondisi yang berhubungan dengan organ intim

ilustrasi wanita mengalami sakit perut
Sumber gambar

Beberapa jenis penyakit yang berhubungan dengan organ intim atau bagi perempuan yang sedang haid dan hamil, bisa merasakan juga kondisi sakit pinggang ini. Namun untuk bagiannya memang bisa di kiri, kanan atau bahkan kedua sisi. Jaga kebersihan area intim, serta rajin memeriksakan bila perlu.

Mencegah terjadinya sakit pinggang

Penyakit yang mempengaruhi keluhan pada pinggang sebelah kanan memang bervariasi. Sebagian terjadi karena faktor usia, sebagian lagi masih bisa kita cegah. Di antaranya dengan melakukan perbaikan pola hidup dan aktivitas seperti di bawah ini:

  • Mencukupi kebutuhan cairan, dalam hal ini adalah air putih, setidaknya 8 gelas setiap hari atau sesuai dengan kebutuhan tubuh. Agar terhindar dari masalah saluran pencernaan.
  • Melakukan stretching atau pelemasan otot-otot bila melakukan aktivitas yang tidak banyak melakukan gerak dalam waktu yang panjang. Misalnya saat duduk di kantor, bekerja di depan laptop, pekerjaan yang membungkuk.
  • Berolahraga secara rutin untuk melatih kelenturan gerak.
  • Mengonsumsi asupan makanan dan minuman yang sesuai dengan kebutuhan gizi, agar bisa menyehatkan tubuh secara umum, organ dan tulang.
  • Memperbaiki postur ketika duduk, tidur, berdiri. Agar tidak membuat punggung membungkuk sehingga mempengaruhi bagian tulang dan saraf.

Meredakan sakit pinggang sebelah kanan

Bila merupakan kondisi penyakit serius, penanganan sakit pinggang sebelah ini memerlukan arahan dari dokter. Tentunya agar sesuai dengan gejala dan keluhan masing masing. Namun, ada beberapa cara meredakan gejala yang lebih ringan atau mengurangi rasa sakitnya, di antaranya adalah lewat metode ini:

  • Mengompres area yang terdapat keluhan dengan bantalan atau kompres hangat. Biasanya untuk kondisi karena cedera otot atau nyeri yang tidak menggigit.
  • Menggunakan salep pereda nyeri. Biasanya juga untuk kondisi cedera otot.
  • Mengonsumsi air putih atau air hangat secukupnya.

Cara di atas adalah metode sederhana yang mungkin bisa membantu mengurangi keluhan. Hindari memijat atau mengurut bila tidak tahu penyebab pasti dari gejala yang kita rasakan.

BACA JUGA: Sakit Pinggang Gejala Penyakit Serius? Ini Penjelasannya

Semoga penjelasan di atas bisa memberikan informasi dan menjadi pengetahuan untuk menjaga kesehatan tubuh, organ dan persendian. Sebab bisa bergerak dengan leluasa dan bisa melakukan aktivitas dengan lancar adalah nikmat sehat yang perlu kita jaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *