Swab PCR terdekat dapat menjadi tempat tes saat Anda sedang melakukan pencarian dimana lokasi untuk melakukan swab PCR ini,

Pemeriksaan ini bertujuan untuk membantu menegakkan diagnosis dari penyakit Covid 19. Biasanya tes ini menjadi pemeriksaan lanjutan setelah hasil swab antigen Anda positif atau reaktif. Swab PCR ini telah menjadi gold standard untuk memastikan Anda terinfeksi penyakit akibat virus Corona ini.

Bila Anda merasakan gejala yang mirip dengan infeksi Covid 19, dokter akan menganjurkan melakukan swab PCR terdekat agar meminimalkan risiko penularan. Saat menunggu hasil swab PCR, Anda dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri minimal 14 hari.

Kini hasil swab PCR bisa Anda dapatkan lebih cepat yakni dalam waktu 24 jam. Hasil tes PCR atau polymerase chain reaction ini agak lebih lama dibandingkan dengan rapid test. Hal ini dikarenakan tes PCR memerlukan proses tertentu.

Mengingat virus corona tergolong dalam virus RNA, maka awal prosesnya deteksi virus ini dengan melakukan pengubahan RNA pada sampel untuk menjadi DNA.

Proses mengubah RNA menjadi DNA dilakukan dengan enzim reverse-transcriptase, sehingga disebut dengan Reverse-Transcriptase Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

Setelah RNA menjadi DNA, alat PCR akan memperbanyak (amplifikasi) materi genetik ini agar dapat terdeteksi. Jika alat PCR mendeteksi adanya RNA virus corona pada sampel swab hidung atau tenggorokan, maka hasilnya dikatakan positif.

Swab PCR Terdekat

Swab PCR terdekat tentu akan memudahkan Anda. Selain hemat waktu, juga lebih cepat terjangkau tanpa perlu berkendara jauh.

Kini GSI Lab sudah hadir di kawasan jantung bisnis yaitu Kuningan dengan alamat Jl. Setia Budi Selatan, RT.3/RW.1 No.17.

Untuk melakukan swab PCR di GSI Lab ini tidak memerlukan proses yang merepotkan. Anda tinggal manfaatkan smartphone untuk mendaftar via online. Malah Anda juga bisa melakukannya secara drive thru, ride thru dan walk thru.

Selain prosesnya cepat, hasilnya bisa Anda dapatkan pada hari yang sama (same day) atau H+1 melalui email.

GSI Lab Dapat Melakukan Whole Genome Sequencing

Sekarang GSI tidak hanya bisa memfasilitasi swab PCR terdekat. Teknologi GSI Lab sudah semakin canggih sehingga dapat melakukan whole genome sequencing (WGS). WGS ini untuk mendeteksi varian Covid 19.

WGS ini adalah sebuah proses penentuan urutan materi genetik (DNA/RNA) virus secara lengkap yang dalam hal ini adalah virus corona penyebab Covid 19.

Metode WGS bermanfaat untuk menemukan berbagai karakterisasi virus corona yang mungkin atau sedang bersirkulasi di Indonesia.

Selain itu, WGS juga dapat mengenali pola penyebaran atau distribusi virus. Pola ini diperlukan agar dapat menentukan cara-cara penanggulangan dan pencegahan infeksi berikutnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *