Data terakhir di Indonesia, jumlah pasien Covid 19 sudah mencapai angka 1,36 juta. Kabar baiknya angka kesembuhan juga terus meningkat hingga total saat ini berjumlah 1,18 juta. Data yang ada saat ini juga menyebutkan jumlah kasus baru yang sebelumnya mencapai 10.994 dalam sehari, kini sudah mengalami penurunan di angka rata-rata 7.000 per hari. Meski demikian bagi beberapa orag pemeriksaan swab test gratis masih sangat diperlukan, lalu bagaimana cara kita mendapatkannya?

Capaian vaksinasi yang terus meningkat menjadi salah satu faktor penting dalam penanganan kasus Covid 19 di Indonesia. Hal ini tidak luput dari peran instansi pemerintah, perorangan dan swasta dalam pemeriksaan skrining Covid 19, termasuk diantaranya program swab test gratis.

Swab test dilakukan pemerintah dengan cara membagikan reagen dan juga alat swab melalui pemerintah daerah hingga ke tingkat puskesmas atau layanan kesehatan tingkat 1. Hanya saja prioritasnya dilakukan pada orang yang secra tracing memiliki kontak erat dengan pasien postif covid 19 sebelumnya atau memiliki gejala seperti anosmia yang kuat.

“Untuk yang di Puskesmas seharusnya swab test gratis, karena reagen diperoleh dari pemerintah pusat, melalui kemenkes,” ungkap Ketua Satgas Penanganan Covid 19 Pusat.

GSI Adakan Swab Test Gratis

Swab test antigen dan PCR merupakan salah satu baku emas dalam skrining Covid 19. Kendala yang ada saat ini, biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan skrining swab mandiri berkisar antara 250-850 ribu, yang memberatkan kelompok tertentu. Pemeriksaan swab test gratis diharapkan bisa membantu banyak warga masyarakat yang membutuhkan, atau kurang dari sisi ekonomi.

Swab test gratis

Pada bulan maret 2021 ini, bersamaan dengan 1 tahun GSI Lab ada, di Indonesia. Laboratorium pemeriksaan swab PCR terbesar yang berlokasi di Jl. R.A. Kartini, RT011/RW004, Cilandak Barat, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan. Akan melakukan pemeriksaan swab test gratis.

Direktur Utama GSI Lab, Nino Susanto menyampaikan, dengan adanya program gratis diharapkan komitmen kita sebagai laboratorium pemeriksaan swab test dalam pencegahan penularan infeksi virus corona 19 di Indonesia dapat terwujud.

Butuh Peran Pihak Luar

Sebelumnya pemeriksaan swab PCR gratis juga dilakukan oleh instansi pemerintah maupun swasta di Indonesia. Tak jarang instansi ini berkejasama dengan GSI lab dalam pelaksanaannya.

Sebagai laboratorium skrining Covid 19 terbesar di Indonesia yang mampu melakukan pemeriksaan swab PCR hingga 5000 sampel setiap harinya, swab test gratis bisa jadi solusi. Utamanya bagi golongan masyarakat yang membutuhkan.

Instansi pemerintah, belum lama ini melakukan swab test, seperti di daerah Jakarta Utara, pasca libur panjang tahun 2020. Dibantu gugus covid dari tingkat RW dan juga kelurahan, swab gratis dilakukan pada warga masyarakat setempat yang terkonfirmasi melakukan perjalanan luar kota, baik berkunjung ke saudara atau karena tujuan lain.

Syarat Utama Swab Test Gratis

Di Jakarta Utara, untuk mendapatkan pemeriksaan swab gratis, persyaratan juga tidak ribet. Beberapa hal yang perlu Anda siapkan antara lain adalah ;

  • Domisili Anda, atau memiliki KTP Sesuai dengan Wilayah Puskesmas yang dituju untuk melakukan pemeriksaan swab.
  • Mengalami gejala dominan COVID-19 yang utama seperti anosmia, sesak nafas berat, atau memiliki gejala lain yang mengarah ke diagnosis Covid.
  • Sebelumnya pernah melakukan kontak erat dengan pasien postif covid 19, dan terkonfirmasi dari pemeriksaan swab test PCR.
  • Tujuan utama swab adalah untuk tracing Covid, bukan untuk keperluan lain seperti untuk tujuan bepergian atau travelling.

Pemerintah DKI Jakarta juga rutin melakukan swab test untuk individu yang kontak langsung dengan orang yang didiagnosis postif Covid 19. Tujuan swab test ini adalah untuk menghentikan rantai penularan, agar supaya jumlah orang yang terinfeksi dapat ditekan seminimal mungkin.

Pemeriksaan gratis juga dilakukan di beberapa daerah di Indonesia. Instansi swasta atau perusahaan juga melakukan pemeriksaan swab test gratis, di tempat kerja dalam upaya pencegahan transmisi lokal di tempat kerja yang belakangan banyak terjadi di Masyarakat.

Untuk informasi lebih lanjut terkait pemeriksaan swab test, Anda dapat menghubungi kami di nomer 021-8086-6080. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *