Butuh kekuatan ekstra untuk lawan virus Corona? Ini syarat dapatkan vaksin booster yang bisa cegah varian Omicron.

Mulai Januari 2022 ini pemerintah Indonesia menggalakkan penerimaan vaksinasi booster atau suntikan dosis ketiga untuk lawan Covid-19. Persebaran virus ini memang semakin memprihatinkan, bahkan sudah menjadi pandemi dan musuh masyarakat global.

Tidak berhenti sampai di varian Delta, kini Covid-19 telah bermutasi ke Omicron. Tak menutup kemungkinan pula bahwa setelah Omicron bakal ada varian-varian lain karena menurut para ahli, virus Corona terus bermutasi membentuk “wajah” dan karakter baru dengan tingkat infeksi yang juga baru.

Untuk menekan angka penularan dan risiko gejala penyakit varian Omicron, Indonesia terus berbenah diri. Tak hanya menciptakan vaksin bernama Merah Putih, pemerintah juga mendorong masyarakat untuk mendapatkan vaksin booster Covid-19. Namun untuk mendapatkan suntikan dosis ketiga, seseorang harus lulus persyaratan terlebih dahulu.

Ini syarat dapatkan vaksin booster yang bisa cegah varian Omicron

Berdasarkan keterangan dari setkab.go.id, ada tiga syarat yang harus dipenuhi calon penerima dosis vaksin booster. Apa saja?

  • Menunjukkan NIK

Setiap calon penerima vaksin booster di Indonesia harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Sebagai buktinya, Anda harus bisa menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dengan membawa KTP atau Kartu Keluarga. Bisa juga dengan melalui aplikasi PeduliLindungi.

  • Sudah berusia 18 tahun ke atas

Syarat kedua bagi penerima vaksin booster adalah sudah berusia 18 tahun atau lebih. Ini bisa Anda tunjukkan dengan kepemilikan KTP dan Nomor Induk Kependudukan.

  • Sudah mendapatkan dua kali suntikan vaksin

Syarat mutlak berikutnya agar Anda bisa suntik vaksin booster Covid-19 adalah sudah mendapatkan vaksinasi primer dosis lengkap. Selain itu dua kali suntikan tersebut sudah Anda lakukan minimal enam bulan sebelumnya.

Vaksin booster memprioritaskan para lanjut usia

[Sumber gambar]
Mengingat tingkat penularannya yang sangat cepat, vaksin booster untuk varian Omicron akan memprioritaskan para masyarakat lanjut usia dan penderita imunokompromais.

Imunokompromais merupakan keadaan di mana tubuh sulit berkompromi dengan sistem kekebalan tubuh. Melemahnya sistem imun tersebut bersamaan dengan munculnya defek kuantitatif maupun kualitatif pada sistem imun seluler, humoral, hingga gabungan dari keduanya.

Selain itu, berdasarkan keterangan dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, pemberian vaksinasi booster adalah untuk kabupaten atau kota dengan minimal 70 persen penduduknya sudah mendapat vaksin dosis pertama, serta 60 persen di antaranya sudah mendapat dosis kedua.

Cek tiket dan jadwal vaksin booster lewat  website PeduliLindungi

Sudah memenuhi persyaratan untuk mendapatkan vaksin booster ketiga yang bisa cegah varian Omicron? Ketahui langkah lebih lanjutnya dengan cek tiket dan jadwal vaksinasi Covid-19 di PeduliLindungi.

Berikut adalah langkah-langkah mengakses website PeduliLindungi:

  • Buka dan kunjungi website PeduliLindungi dengan menggunakan alamat URL https://www.pedulilindungi.id
  • Setelah masuk ke situs PeduliLindungi masukkan nama lengkap dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kolom yang tersedia.
  • Untuk konfirmasi, masukkan kode captcha dan tekan tombol “Periksa.” Selanjutnya akan muncul informasi vaksinasi beserta dengan status dan jadwal vaksinasi dosis ketiga.

Selain melalui website, Ini syarat dapatkan vaksin booster yang bisa cegah varian Omicron melalui PeduliLindungi versi mobile. Anda bisa dapatkan dan unduh aplikasinya di smartphone melalui toko aplikasi (App Store dan Play Store). Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Setelah mengunduh PeduliLindungi dari App Store atau Play Store, buka aplikasi tersebut di smartphone.
  • Daftarkan diri terlebih dahulu agar bisa melakukan login ke akun PeduliLindungi.
  • Setelah login, temukan ikon foto yang terdapat di pojok kiri atas.
  • Akses menu “Profil” selanjutnya pilih opsi “Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19.”
  • Di opsi tersebut terdapat pilihan untuk melihat status dan jadwal vaksinasi booster. Cek ketersediaan tiket vaksin dengan memilih opsi “Riwayat dan Tiket Vaksin.”
  • Jangan lupa untuk melihat di mana lokasi vaksinasi booster terdekat. Ini akan muncul bila PeduliLindungi menganggap Anda sudah layak mendapatkan dosis suntikan ketiga, sekaligus memunculkan tiket untuk vaksinasi tambahan.
  • Untuk Anda yang termasuk dalam kategori prioritas namun belum mendapatkan tiket dan jadwal vaksinasi dari PeduliLindungi, kunjungi tempat vaksinasi terdekat dengan membawa KTP beserta bukti sudah mendapatkan dosis pertama dan kedua.

Jangan lupa untuk selalu update PeduliLindungi untuk memastikan Anda mendapatkan layanan terbaik dari aplikasi ini.

Jenis-jenis vaksin untuk dosis ketiga

[Sumber gambar]
Kemenkes membuat peraturan tentang vaksin booster apa yang akan Anda dapatkan, sesuai dengan jenis suntikan pada dosis pertama dan kedua. Aturan tersebut telah melalui proses penelitian, pengamatan, dan pertimbangan mengenai bagaimana reaksi antibodi pasca mendapatkan dua vaksinasi awal.

Tiga jenis booster yang akan Anda terima adalah sebagai berikut:

  • Untuk yang mendapatkan suntikan Sinovac pada vaksinasi pertama dan kedua, booster yang akan digunakan adalah jenis Pfizer dengan takaran setengah dosis.
  • Penerima vaksin Sinovac untuk dosis pertama dan kedua juga bisa mendapatkan booster bikinan AstraZeneca setengah dosis.
  • Bila pada suntikan pertama dan kedua mendapatkan AstraZeneca, untuk dosis ketiga Anda akan mendapat jenis vaksin bikinan Moderna setengah dosis.

Sebagai catatan, pertimbangan tentang jenis vaksin ketiga atau booster ini sudah mendapat persetujuan dari BPOM dan rekomendasi dari ITAGI.

Selain vaksinasi booster, ini cara meminimalisir penularan Covid-19

Selain memprioritaskan diri untuk mendapatkan vaksin booster, ketahui juga cara-cara mudah untuk tekan angka penularan Covid-19 varian Omicron.

  • Jaga kebersihan tangan

Mengingat tangan merupakan anggota tubuh yang sangat rentan penularan Covid Omicron, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihannya. Tak sekadar cuci tangan, lakukan rutinitas ini secara sering dan benar.

Mencuci tangan yang benar adalah dengan air mengalir dan sabun, setidaknya 20 detik. Bersihkan semua bagian tangan, termasuk daerah pergelangan tangan, sela-sela jemari dan kuku, hingga bagian punggung tangan. Selanjutnya bersihkan dengan menggunakan tisu, handuk bersih, atau mesin pengering tangan.

Bila menggunakan wastafel umum, gunakan tisu untuk mematikan keran air. Untuk proteksi total, setelah mencuci tangan bisa menggunakan hand-sanitizer.

  • Pakai masker

Sejak Covid-19 menyerang, masker menjadi komoditas penting bagi kehidupan manusia. Hingga hari ini, sebaiknya selalu lengkapi diri dengan pelindung alat pernapasan tersebut, terutama ketika beraktivitas di luar rumah. Pastikan juga mengenakan masker sesuai rekomendasi kesehatan, yaitu masker bedah dan masker N95.

Setelah melepas masker, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan.

  • Tingkatkan imunitas tubuh

Mengapa Covid-19 selalu meningkat di musim penghujan? Karena sebagian besar manusia mengalami penurunan daya tahan tubuh. Meski begitu, tanpa memandang musim, pastikan agar tubuh selalu dalam kondisi terbaik.

Beberapa cara meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan konsumsi makanan sehat dan lengkap. Selain itu lakukan olahraga secara teratur, melakukan pola hidup sehat dengan menjauhi rokok dan alkohol, serta memberi waktu istirahat yang cukup bagi tubuh.

  • Jaga kebersihan rumah

Pencegahan Covid-19 sebaiknya dimulai dari diri sendiri. Pastikan bahwa rumah selalu dalam keadaan bersih. Lakukan desinfeksi rutin, terutama pada perabot atau bagian rumah yang sering mendapat sentuhan. Mulai dari kenop pintu, pagar, remote televisi, dan banyak lagi lainnya.

  • Rutin lakukan tes PCR atau antigen untuk deteksi Covid-19 dalam tubuh

Salah satu cara terbaik mengetahui apakah Anda terkontaminasi virus Covid-19 adalah dengan melakukan tes PCR. Tubuh mungkin tidak mengalami gejala, namun bisa saja ada partikel-partikel virus yang bersembunyi di saluran pernapasan.

Kontrol keberadaan Covid-19 di tubuh dengan melakukan tes PCR secara rutin dan berkala. Untuk layanan tes PCR yang cepat dan akurat, dapatkan layanan dari GSI Lab. Laboratorium tes PCR berstandar Biosafety Level (BSL) 2+. Nikmati juga layanan home service untuk kantor atau Anda yang sedang melakukan isolasi mandiri di rumah.

Bagi masyarakat kurang mampu, manfaatkan program #SwabAndSaveIndonesia dari GSI. Sebuah kesempatan untuk tes swab PCR secara gratis, tanpa biaya. Segera kunjungi dan daftarkan diri di gsilab.id/id/swab-save/.

BACA JUGA: Pentingnya Peranan Vaksin Booster untuk Kekebalan Kita

Yuk, dapatkan vaksin booster untuk tingkatkan imun tubuh terhadap Covid-19 varian Omicron. Mendapatkan suntikan dosis ketiga berarti peduli terhadap kesehatan diri sendiri, sekaligus mewujudkan kasih sayang kepada orang lain di sekitar Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *