Tanaman herbal untuk bantu cegah Covid 19 dapat membantu memperbaiki atau meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Kenali apa saja tanaman obat atau tanaman herbal ini yang banyak manfaatnya.

Tumbuhan yang telah diidentifikasi dan diketahui berdasarkan pengamatan manusia memiliki senyawa yang bermanfaat untuk mencegah, menyembuhkan penyakit, melakukan fungsi biologis tertentu, hingga mencegah serangan serangga dan jamur, merupakan definisi dari tanaman herbal atau tanaman obat.

 Tanaman Herbal Untuk Bantu Cegah Covid 19

Gelombang kedua pandemi Covid 19 kali ini membuat banyak orang yang khawatir sampai melakukan berbagai hal agar lebih terlindungi atau agar tidak mudah terinfeksi Covid 19. Salah satunya mulai mencari berbagai informasi seputar tanaman herbal untuk bantu cegah Covid 19 atau untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Dalam kaitannya dengan virus corona, tanaman herbal berperan sebagai ‘alat bantu’ peningkat daya tahan tubuh guna melawan infeksi

“Secara empiris, ada jenis tanaman yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat membantu mencegah infeksi virus corona,” papar Akhmad Saikhu, MSc, PH selaku Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional.

Namun diingatkan Akhmad, penggunaan tanaman herbal tidak dapat menyembuhkan Covid 19. Melainkan untuk membantu meringankan gejala atau meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit serta dapat membantu proses penyembuhan penyakit.

Sesuai Pedoman Pencegahan Pengendalian Corona Virus Disease (Covid 19) Kementerian Kesehatan Revisi ke-5 tahun 2020, berikut beberapa tanaman herbal atau tanaman obat yang bermanfaat, antara lain jahe merah, temulawak, kunyit, kencur, jeruk nipis, jinten hitam dan lainnya.

Beberapa Kandungannya

Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan juga memiliki kandungan antioksidan.

Antioksidan juga terkandung dalam jintan hitam atau jinten hitam yang juga memiliki sifat antiinflamasi sehingga bermanfaat dalam sistem kekebalan tubuh.

Hampir sama dengan jahe, kencur juga memiliki beberapa kandungan seperti minyak esensial dan senyawa lainnya yang bersifat sebagai antioksidan, antiradang.

Yang tak kalah manfaatnya adalah temulawak. Tampilan sekilasnya yang mirip dengan kunyit, mengandung antioksidan sehingga dapat membantu mendongkrak sistem imun Anda.

Antioksidan dan kandungan vitamin C juga terdapat pada jeruk nipis yang bisa memperbaiki sistem imun Anda.

Manfaat antioksidan adalah untuk membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Menghadapi lonjakan kasus Covid 19 dan menyebarnya varian-varian baru virus corona, Anda perlu melakukan sesuatu. Salah satunya adalah dengan membentengi diri dengan salah satu cara adalah menjaga imunitas tubuh. Menjaga asupan makanan sehat juga memiliki manfaat dalam menjaga daya tahan tubuh.

Jangan lupa selalu berdisiplin diri tetap menerapkan protokol kesehatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *