Cukup mudah kita kenali, tanda hamil 1 minggu bisa menjadi sinyal membahagiakan bagi mereka yang memang menanti momongan. Namun karena masih terhitung dini, membuat tanda kehamilan ini bisa tidak terdeteksi bagi sebagian perempuan.

Kehamilan termasuk sebagai masa rentan hampir di semua fasenya. Pada masa pandemi Covid-19, ibu hamil masuk sebagai golongan rentan terpapar dan memiliki risiko tinggi. Oleh karena itu sebenarnya program kehamilan dapat membantu kita mengamati dan mengawasi dengan seksama tanda-tanda tersebut. Dengan mengetahui ciri kehamilan sejak dini, bisa menjaga agar kondisinya tetap aman dan sehat dengan lebih seksama hingga hari lahir.

Karena kehamilan di minggu pertama seringkali hanya menunjukkan gejala yang sulit kita kenali, kali ini bahasannya adalah memaparkan tanda hamil di pekan pertama.

Tentang tanda hamil 1 minggu pertama

Sebelum kita beranjak lebih jauh, perlu untuk mengetahui bahwa sebenarnya kehamilan belum benar-benar ada pada 7 hari pertama. Sebab merujuk pada perhitungan bahwa menghitung jarak kehamilan dengan hari pertama haid terakhir yang jumlahnya adalah 40 minggu.

Bagi yang baru pertama kali menghitung hari pertama kehamilan mungkin merasa perhitungannya agak aneh. Perhitungan ini ternyata tetap valid dan akurat, walau pembuahan kerap terjadi pada hari ke 11-21.

Memasuki pekan pertama, tidak banyak sinyal atau tanda yang akan muncul. Namun tetap ada baiknya kita menjadikan hal ini sebagai pengetahuan.

Payudara terasa sensitif, bengkak atau sedikit sakit

ilustrasi payudara sensitif
Sumber gambar

Tubuh wanita memiliki siklus dan pergerakan hormon yang dinamis. Oleh karena itu apabila ada perubahan pada hal tersebut, seringkali dapat menyebabkan wanita merasa sakit saat payudaranya terkena sentuhan, baik itu ketika menggunakan bra atau kadang-kadang saat sedang bergerak.

Sensitivitas payudara ini rasanya agak mirip dengan momen ketika premenstrual syndrome atau PMS. Kondisi tersebut akan terjadi sebagai bentuk adaptasi tubuh selama beberapa waktu ke depan. Pada beberapa wanita, tanda ini bisa saja lewat atau tidak mereka alami.

Tanda hamil 1 minggu, morning sickness

Morning sickness atau kondisi mual dan ingin muntah adalah keadaan yang sering kita jumpai di adegan penanda kehamilan pada tontonan film atau serial di televisi. Ciri khas dari awal masuk ke masa kehamilan memang adalah gejala ini.

Emesis gravidarum atau mual dan muntah pada awal kehamilan ini adalah hal yang normal dan sebenarnya bisa terjadi kapan saja. Beberapa jenis morning sickness bisa menyebabkan ibu hamil lemas, jadi ada baiknya pada masa awal kehamilan dan bila ini adalah pertama kali, rutin berkonsultasi dengan dokter kandungan. Namun, umumnya kondisi ini bisa berangsur-angsur menghilang dengan sendirinya setelah trimester pertama atau pekan ke 9.

Merasakan perut kembung

ilustrasi perut kembung
Sumber gambar

Ciri lain yang mungkin tidak kita sadari adalah perut kembung. Kondisi ini menunjukkan sistem pencernaan kita melambat, karena adanya aktivitas hormonal yang bekerja. Biasanya juga terjadi bila kita stres atau memasuki waktu PMS (premenstrual syndrome). Namun untuk bisa mendeteksi kembung ini sebagai tanda kehamilan, kita perlu juga mengobservasi dulu ciri lainnya. Sebab kembung bisa terjadi juga bila kita sedang kurang fit.

Sakit pinggang kanan bawah

Tanda hamil 1 minggu lainnya adalah sakit pinggan di area kanan bawah. Rasanya akan kram sebab lapisan rahim sedang luruh. Kondisi ini merupakan persiapan pembentukan lapisan baru, sehingga sel telur yang telah dibuahi bisa tertampung di situ.

Kontraksi rahim membuat rasa sakit agak terasa pada pinggang bagian bawah. Selain itu, penambahan bobot saat hamil dan postur sepanjang perkembangan kehamilan juga bisa mempengaruhi adanya sakit pinggang ini. Oleh karena itu, tanda satu ini kemungkinan akan menyertai sejak awal hamil hingga akhirnya melahirkan.

Muncul bercak darah, bukan keguguran

ilustrasi wanita hamil
Sumber gambar

Pendarahan vagina dapat terjadi karena mekanisme peluruhan lapisan rahim dalam proses implantasi janin ke lapisan baru. Warna bercak darah seringnya adalah merah muda atau kecoklatan dengan lama setidaknya 3 hari saja. Intensitasnya juga tidak seperti menstruasi yang bisa lebih dari hari itu.

Jadi tidak perlu panik saat kondisi ini terjadi. Bila ibu hamil mengalaminya lebih dari 3 hari, sebaiknya segera periksakan kandungan ke rumah sakit atau dokter kandungan.

Mudah merasakan kelelahan

Karena kehamilan pertama (dan juga perkembangan ke depannya) adalah proses yang panjang, sehingga sinyal berikutnya kemungkinan adalah merasakan lelah yang cukup signifikan. Kondisi ini merupakan bentuk dari peningkatan hormon progesteron, sehingga menyebabkan ibu hamil merasa lelah, lesu atau mudah mengantuk.

Sangat disarankan untuk memiliki kualitas istirahat yang baik pada masa kehamilan. Di samping juga menghindari tekanan stres yang berat agar tidak banyak mempengaruhi kehamilan itu sendiri.

Itulah beberapa tanda hamil 1 minggu yang paling sering muncul pada kehamilan pertama. Trimester pertama akan sedikit challenging bagi mereka yang baru pertama kali hamil. Namun tak perlu khawatir sebab tubuh perempuan sudah tercipta dengan sedemikian rupa untuk bisa melakukan mekanisme hamil dan melahirkan dengan sangat luar biasa.

Yang perlu kita lakukan adalah sebisa mungkin menjaga kondisi selama fase tumbuh kembang janin hingga tibanya hari kelahiran si kecil. Baik itu dari sisi jasmani, untuk tetap hati-hati dan mengonsumsi asupan seimbang, maupun aspek psikis. Sebab kondisi psikologis sangat berpengaruh pada dinamika aktivitas hormon kita.

BACA JUGA: Bisakah Melihat Ciri Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah?

Semoga informasi ini bisa membantu bagi Anda yang sedang ingin memiliki momongan, sedang program hamil atau tengah menunggu hadirnya si buah hati. Sehat selalu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *