Tes PCR masih positif setelah 14 hari walau sudah sembuh, menjadi tanda tanya pada sebagian orang. Terutama pada mereka yang sudah sembuh dari penyakit ini.

Setelah beberapa waktu postifi covid 19 dan dinyatakan sembuh, sejumlah pasien yang sudah sembuh, hasil tes PCR masih positif Covid 19.

Tes PCR Masih Positif Setelah 14 Hari

Hingga kini, tes ini menjadi tes terakurat untuk mendiagnosis penyakit yang disebabkan oleh virus corona ini. Ketika hasil tes ternyata positif lagi, meski sudah tidak ada gejala, mungkin membuat Anda berpikir virus masih aktif dalam tubuh.

Tes PCR dirancang untuk mendeteksi materi genetik virus. Materi genetik disini tidak hanya virus SARS-CoV-2 yang utuh dan masih aktif, namun juga termasuk virus yang rusak sebagian karena sistem daya tahan tubuh, dan sisa virus.

 Nah, selama masih ada materi genetik virus ini dalam tubuh walau hanya berupa sisanya, hasil PCR akan selalu positif.

Rusaknya virus tersebut dapat disebabkan kerja sistem imun tubuh, sehingga terbentuk antibodi.

Diperkirakan proses penghancuran sisa virus tersebut memakan waktu hingga 83 hari. Hal inilah yang menjadi sebab masih terdeteksi oleh tes PCR hingga 3 bulan kedepan.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian tahun 2020 yang telah dipublikasikan di Lancet menunjukkan angka rerata ditemukannya ribonukleat acid (RNA) virus SARS-CoV-2 pada tubuh pasien adalah 17 hari sesudah infeksi terjadi. Waktu terlama virus masih ditemukan hingga 83 hari.

Kalau RNA virus masih ada dalam tubuh maka hasil tes PCR masih positif. Hanya RNA tidak berarti virus tersebut hidup atau aktif karena hanya berupa materi genetiknya saja.

Pada penderita Covid 19 dengan gejala, keluhan atau gejala yang dirasakan akan hilang setelah 10-15 hari. Hal ini disebabkan oleh daya tahan tubuh telah mengenali virus corona untuk diserang dan dibasmi dengan merusak atau memotong struktur proteinnya.

Selanjutnya, bagian dari sistem imun tubuh akan bekerja membersihkan sisi-sisa virus yang sudah rusak atau terpotong tersebut.

Bersamaan dengan gejala yang hilang setelah 10-15 hari, kemampuan untuk menularkan orang lain juga semakin berkurang. Berkurang sekitar 88% dalam hitungan 10 hari dan 95% setelah 15 hari.

Untuk pasien bergejala lebih berat, proses tersebut bisa berlangsung lebih lama, lebih dua puluh hari.

Pasien baru bisa dinyatakan sembuh dan boleh keluar dari isolasi ketika hasil tes PCR menunjukkan hasil negatif sebanyak 2 kali.

Perlukah Tes PCR Berulang Kali?

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) sebenarnya tidak merekomendasikan pasien yang sudah sembuh tiga bulan untuk melakukan tes PCR berulang kali.

Selama memang tidak ada gejala lagi yang timbul dan Anda merasa sehat, tidak perlu tes atau isolasi mandiri dan minum obat.

Anda juga wajib pakai masker, cuci tangan, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan.

Risiko terinfeksi kembali memang bisa saja terjadi walau jarang. Biasanya dokter akan menyarankan Andauntuk melakukan tes PCR ulang bila merasakan gejala baru secara tiba-tiba dan kontak erat dengan orang yang positif Covid 19.

Langkah Sehatkan Diri

Bagi Anda yang sudah sembuh dari Covid 19, agar cepat pulih lakukan langkah sehat berikut ini:

  • Mengonsumsi makanan bergizi tinggi seimbang
  • Melakukan latihan pernapasan
  • Berolahraga teratur
  • Rutin mengecek detak jantung dan kadar oksigen
  • Tidur atau istirahat yang cukup dan berkualitas
  • Tetap menerapkan 5M

Jangan lupa untuk melakukan tes Covid 19 pada laboratorium yang terpercaya dengan hasil yang akurat. GSI Lab menyediakan fasilitas ini dengan harga terjangkau.

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *