Pada bulan Februari 2021, Masyarakat Indonesia sudah bisa sedikit berlega hati, dengan mulai efektivnya program vaksinasi covid 19 secara nasional. Adaptasi kebiasaan baru sepertinya sudah mulai berjalan. Namun, kita sebaiknya tetap melakukan protokol kesehatan yang sudah dicanagkan pemerintah, dengan selalu menggunakan masker sesuai standart, menjaga jarak, rutin mencuci tangan, dan lain-lain. Demikian halnya jika kita atau keluarga mengalami gejala serupa pada penderita covid 19 tidak ada salahnya untuk segera melakukan tes serologi covid 19 atau tes lainnya yang sejenis.

Pemeriksaan rapid test, swab PCR, atau swab antigen secara mandiri sangat perlu dilakukan warga masyarakat sebagai upaya preventif agar tetap aman beraktivitas di masa covid 19 ini, terlebih di daerah dengan prevalensi yang cukup tinggi. Meski demikian dari berbagai kepustakaan yang ada menunjukan tes serologi covid berbasis lab memiliki sensitivitas yang lebih baik hingga 100, dibandingkan pemeriksaan mandiri.

Apa Itu Tes Serologi Covid Berbasis Laboratorium

Tes serologi covid merupakan tes antibodi yang bisa dilakukan laboratorium dengan cepat namun memiliki akurasi tinggi. Tes serologi covid ini bisa dilakukan di rumah sakit atau di luar. Mirp dengan rapid test, tes serologi antibodi mampu mendeteksi antibodi individu apakah ia terinfeksi oleh SARS-CoV-2 atau belum.

DIbandingkan dengan metode pemeriksaan antibodi mandiri, pemeriksaan ini memiliki kelebihan karena pengerjaan dilakukan secara labih steril untuk mencegah kemungkinan paparan lain menggunakan instrumen semi robotik. Hal ini yang membuat tingkat sensitivitas pemeriksaan tes serologi covid bisa mencapai akurasi 100 persen. Dengan kata lain, hampir tidak ada kasus positif yang tidak terdeteksi atau memininalkan angka negatif palsu pemeriksaan.

Selain sensitifitas hasil pemeriksaan yang lebih baik dibanding test pemeriksaan mandiri, ada beberapa keungulan yang didapatkan dari tes serologi covid ini, antara lain adalah;

  1. Tingkat spesifisitas yang lebih besar mencapai 99.81 %
  2. Kemungkinan untuk adanya reaksi silang dari virus flu biasa sangat kecil
  3. Efektiv untuk pemeriksaan SARS-CoV-2 bukan virus lainnya.

Secara awam dapat dikatakan bahwa pemeriksaan antibodi ini hanya timbul dari reaksi antibodi SARS-CoV-2 atau kita kenal sebagai COVID19 bukan oleh antibodi virus lain secara lebih akurat.

Pemeriksan serologi antibodi covid telah mendapat pengakuan dari Conformite Europene (CE), FDA EUA (Food Drugs Administration Emergency Use Authorization), hingga NHS dan penggunaannya telah di lakukan pada beberapa negara di dunia yang meliputi Amerika Serikat, Australia, Eropa, Inggris, dan negara tetangga terdekat kita Singapura.

Kapan Tes Serologi Antibodi Covid Dilakukan

Tes serologi antibodi covid 19
Tes serologi antibodi covid 19

Para pakar berpendapat, tes serologi covid sebaiknya dilakukan pada hari ke-7 saat gejala muncul pertama kali. Gejala dimaksud antara lain batuk, demam lebih dari 38 derajat celcius, atau muncul sesak nafas.

Perlu Anda ketahui, tubuh manusia tidak langsung membentuk antibodi ketika terpapar virus. Antibodi yang secara alami diproduksi tubuh akan optimal pada 7-10 hari gejala pertama muncul atau seseorang terinveksi. Proses terbentuknya antibodi setiap individu juga beragam dan dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain;

  1. Sistem kekebalan tubuh individu
  2. Ada tidaknya penyakit penyerta lain atau penyakit kronis yang sudah di alami pasien sebelumnya. Seperti penderita gangguan kekebalan tubuh, orang dengan gangguan hati kronik
  3. Usia, anak-anak, remaja muda dan dewasa dibandingkan dengan lansia memiliki tingkat kekebalan tubuh yang lebih baik

Perbedaan Dengan Rapid Test Antibodi Covid 19

Terdapat beberapa perbedaan yang harus Anda ketahui, mengenai test serologi antibodi covid 19 ini, antara lain adalah ;

  • Pemeriksaan serologi antibodi menggunakan Electrochemiluminescence Immunoassay atau terkenal dengan nama lain Eclia menggunakan alat canggih serba otomatis
  • Pemeriksaan serologi Covid 19 menargetkan antibodi mature, sehingga meminimalkan terjadinya reaksi silang dengan infeksi virus lain
  • Nilai batasan jelas tanpa adanya zona abu-abu, tidak seperti pemeriksaan menggunakan rapid test antibodi
  • Sampel pemeriksaan berupa serum atau plasma

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pemeriksaan ini Anda dapat menghubungi kami melalui call center 24 jam di nomer 021-8086-6080 atau Whatsapp 0821-2233-6080. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *