Kondisi varises kaki merupakan pelebaran atau membesarnya pembuluh darah, sehingga memunculkan bentuk pembuluh yang menonjol pada betis. Meski tidak sakit, tonjolan ini mungkin mempengaruhi penampilan. Hal ini karena pembuluh darah yang menonjol tadi mungkin akan tampak lebih gelap dan bertekstur.

Varises sebenarnya bukan kondisi yang serius, tapi bisa juga mengalami kondisi tertentu yang menyebabkan ketidaknyamanan atau rasa sakit. Meski demikian, dengan penanganan yang tepat tentunya tidak menimbulkan bahaya.

Kali ini kita akan membahas tentang varises, mulai dari penyebab, gejala dan bagaimana mengatasi atau mencegah kondisi ini muncul.

Apa penyebab varises kaki?

ilustrasi penyebab varises
Sumber gambar

Varises pada kaki terjadi akibat pembuluh darah vena mengalami pelemahan, sehingga aliran darah yang tadinya mesti ke bawah, kembali naik ke atas. Hal ini bisa menimbulkan penumpukan darah pada satu lokasi dan seringnya adalah di betis belakang. Kita bisa melihat varises berupa tonjolan tak beraturan yang kadang menampakkan pembuluh darah kehitaman, ungu atau hijau.

Apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi? Ada beberapa faktor di antaranya adalah kondisi di bawah ini:

  • Mengalami obesitas yang menimbulkan kuatnya tekanan pada pembuluh darah, baik itu ketika berdiri, duduk, maupun melipat kaki.
  • Berjenis kelamin perempuan lebih banyak berisiko mengalami hal ini. Sebab mengalami perubahan hormonal, kehamilan yang juga menambah beban tubuh, hingga menopause yang bisa mengendurkan pembuluh darah.
  • Penuaan yang artinya terjadi penurunan kondisi di tubuh, termasuk katup pembuluh darah atau pembuluh itu sendiri. Hal ini menyebabkan aliran darah tidak berjalan dengan baik.
  • Sering berdiri, berjalan kaki atau duduk dalam waktu yang lama. Sebab bisa menimbulkan tekanan dan beban pada tubuh maupun pembuluh darah.
  • Kurang berolahraga dan jarang melakukan peregangan.

Ciri-ciri munculnya varises kaki

ilustrasi ciri munculnya varises
Sumber gambar

Kaki yang mengalami varises sepintas akan terlihat sama dengan kaki normal. Namun bila kita perhatikan dengan seksama, akan tampak perbedaan, terutama di betis atau belakang lutut. Betis pada kaki varises kemungkinan menampakkan pembuluh darah yang jelas, berwarna ungu, hitam atau hijau. Selain itu, terdapat tekstur yang tidak beraturan.

Saat varises ini mulai terbentuk, penderitanya bisa merasakan gejala seperti panas dan kesemutan di area tungkai kaki. Otot kaki juga terasa berat seperti tegang atau terasa kurang nyaman. Namun pada umumnya, varises ini tidak menimbulkan rasa sakit.

Apakah bisa menghilangkannya?

Mungkin bagi beberapa orang, terutama perempuan, varises bisa sangat berpengaruh pada penampilan. Namun tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk menyamarkan atau mengatasi permasalahan varises dengan cara alami.

Cara menghilangkan varises dengan olah raga

ilustrasi berolahraga
Sumber gambar

Aktivitas olah raga bisa membantu melancarkan pembuluh darah. Dengan demikian, bisa mengurangi pembengkakan dan penumpukan darah yang menyebabkan tekstur menonjol.

Mengelola berat badan

Mengurangi berat badan berlebih adalah salah satu bentuk kasih sayang terhadap tubuh. Sebab cara ini bukan hanya bisa mengatasi dan mencegah varises, namun juga berbagai permasalahan kesehatan lainnya.

Melakukan variasi gerakan

Saat sedang berjalan, duduk atau berdiri dalam waktu yang lama, ada baiknya untuk menyelingi dengan gerakan lain. Misalnya ketika duduk lebih dari 30 menit, berdiri sejenak atau lakukan peregangan agar peredaran darah berjalan dengan baik. Selain itu, lakukan peregangan secara rutin. Meski lebih bermanfaat untuk otot, namun juga bisa membantu melancarkan peredaran darah.

Cara menghilangkan varises dengan menggunakan stoking

Stoking ini berbeda dengan yang tersedia di pasaran untuk kebutuhan penampilan. Stoking varises atau kompresi ini memang memiliki manfaat untuk melancarkan pembuluh darah. Meski demikian efektivitasnya lebih ke arah pencegahan daripada menghilangkan varisesnya.

Konsumsi lebih banyak nutrisi dan anti oksidan

Makanan bisa mempengaruhi pemulihan varises. Utamanya bila kita mengonsumsi cukup buah, sayur, air putih dan makanan dengan kandungan anti oksidan. Manfaatnya adalah membantu menguatkan dan memelihara pembuluh darah, serta membantu memperbaiki kondisi tubuh yang mengalami kerusakan.

BACA JUGA: 6 Obat Herbal Asam Urat dari Bahan di Dapur

Bila varises kaki menunjukkan kondisi yang memburuk, seperti semakin tidak nyaman, sulit bergerak, atau bahkan pendarahan, segera bawa ke faskes terdekat. Dengan penanganan yang tepat, bisa mencegah permasalahan kesehatan yang lebih serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *